Sunday, May 21, 2023

3 Tipe Mata Rohani (5)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Ada 3 jenis mata rohani yang bisa kita lihat dari kisah Elisa yang dikepung tentara Aram, yaitu mata orang Aram, Gehazi sang pelayan, dan mata rohani yang dimiliki Elisa.

Orang Aram menggambarkan ciri orang bebal, yang buta total, sama sekali tidak tahu apa yang terjadi di depan mereka. Tipikal orang Aram tidak akan mampu melihat apa yang terjadi di depannya, dibawa menuju kebinasaan pun mereka tidak tahu. Lihatlah bagaimana butanya mata mereka sehingga tidak sadar ketika disesatkan oleh Elisa, seperti yang bisa kita baca dalam ayat 18-20.

Paulus mengatakan bahwa dunia ini berisi orang-orang jahat dan penipu. Mereka terus "..akan bertambah jahat, mereka menyesatkan dan disesatkan." (2 Timotius 3:13). Lantas Yohanes pun mengingatkan bahwa "dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya" (1 Yohanes 2:17). Bahkan kita harus hati-hati pula menerima pengajaran karena diantara orang percaya pun bisa muncul nabi-nabi palsu yang bisa menyesatkan lewat pengajaran-pengajaran yang sepintas mengandung kebenaran namun sebenarnya tidak. Hal ini sudah diingatkan langsung oleh Yesus sendiri. "Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang." (Matius 24:11).

Melihat situasi seperti ini, maka kita benar-benar harus menjaga agar mata rohani kita berfungsi benar sehingga kita mampu melihat baik-baik kebenaran dan rencana serta karya Tuhan dalam hidup kita. Itulah yang mampu menghindari kita dari berbagai penyesatan hingga kita bisa selamat sampai ke tujuan. Jangan sampai mata rohani kita masih ada di level orang-orang Aram ini. Kalau masih di level ini, kita bisa terus dipermainkan kesesatan dan tidak bisa melihat bahaya mengancam yang bersembunyi dibalik hidup kita, menunggu saat yang tepat untuk mencelakakan kita.

Sekarang mari kita lihat tipe orang yang diwakili Gehazi, pelayan Elisa. Jenis seperti Gehazi bisa melihat apa yang terjadi di depan mata tapi tidak tahu harus berbuat apa dan hanya fokus pada masalah sehingga gampang panik.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker