Wednesday, May 17, 2023

3 Tipe Mata Rohani (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 Ayat bacaan: 2 Raja Raja 6:15
=======================
"Ketika pelayan abdi Allah bangun pagi-pagi dan pergi ke luar, maka tampaklah suatu tentara dengan kuda dan kereta ada di sekeliling kota itu. Lalu berkatalah bujangnya itu kepadanya: "Celaka tuanku! Apakah yang akan kita perbuat?"


Ayah saya saat ini berusia 83 tahun. Usia yang sudah sangat lanjut, tapi puji Tuhan ia masih dianugerahi kesehatan. Selain ia masih bisa lari pagi hingga 5 km tanpa berhenti, ia pun baru saja bercerita bahwa matanya yang sudah sejak remaja minus sekarang malah membaik. Kok bisa? Menurutnya, itu karena ia rajin mengkonsumsi wortel secara teratur. Di usia seperti itu, ia bisa membaca tanpa menggunakan kacamata, sementara saya, anaknya, sudah harus pakai kacamata untuk membaca atau melihat dekat. Tanpa kacamata maka saya tidak bisa melihat huruf karena terlalu kabur.

Tanpa adanya mata kita akan sulit untuk melihat. Bila kita melihat seorang pengemis buta bernama Bartimeus yang bertemu dengan Yesus dalam Markus 10:46-52, kita akan menyaksikan bahwa meskipun Bartimeus bisa meminta macam-macam ketika berkesempatan bertemu langsung dengan Yesus, lebih dari segalanya ia hanya minta agar matanya dipulihkan.

"Tanya Yesus kepadanya: "Apa yang kaukehendaki supaya Aku perbuat bagimu?" Jawab orang buta itu: "Rabuni, supaya aku dapat melihat!" (ay 51). Bartimeus tahu bahwa penglihatan adalah hal yang ia butuhkan agar ia bisa bekerja sehingga tidak lagi perlu mengemis. Nanti di lain waktu saya akan angkat kisah Bartimeus dan apa yang bisa kita pelajari dari pertemuannya dengan Yesus secara khusus. Untuk kali ini, kita cukup melihat bahwa mata merupakan indra penting yang akan sangat membantu kita untuk bisa beraktivitas, selain tentunya bisa melihat penampakan dunia dan segala bentuk serta warna yang ada disana.

Mata merupakan indra yang sangat penting bagi manusia. Tanpa mata kita tidak akan bisa melihat apa-apa. Tapi sepasang mata yang ada di wajah kita bukanlah satu-satunya mata, karena ada pula mata rohani yang ternyata tidak kalah pentingnya atau malah lebih penting dibandingkan kedua mata sebagai satu dari panca indra yang sudah diperlengkapi Tuhan atas diri kita.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker