Friday, May 5, 2023

Dongeng Pengantar Tidur (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 Ayat bacaan: Ulangan 11:19
====================
"Kamu harus mengajarkannya kepada anak-anakmu dengan membicarakannya, apabila engkau duduk di rumahmu dan apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun"


Sejak masih belum dua tahun anak saya sudah mulai kami bacakan dongeng pengantar tidur alias bedtime stories. Meski ia di umur segitu mungkin belum mengerti, tapi kami memulai saja lebih cepat minimal agar ia terbiasa dengan atmosfirnya, dan agar ia mulai menangkap kata demi kata. Itu dulu target awal kami. Kalau mengenalkannya dengan buku sudah kami mulai sejak usia 3 bulan, dan ia sangat suka walau letak buku masih terbalik-balik karena ia belum mengerti.

Kalau soal buku, saya ingin ia punya budaya senang membaca sejak kecil yang nanti akan sangat berguna bagi perkembangan pengetahuannya secara umum. Untuk bedtime stories atau dongeng pengantar/sebelum tidur, selain itu bisa menjadi momen spesial antara dia dan orang tuanya, itu juga berdasarkan pengalaman pribadi saya.

Saya ingat betul bahwa ibu dan nenek saya secara rutin membacakan dongeng sebelum tidur. Kebanyakan yang diceritakan adalah dongeng rakyat atau karya pengarang-pengarang terkenal seperti H.C. Andersen, terkadang mereka mengarang sendiri ceritanya. Tidak jarang mereka masih terus bercerita atau ngasal saja karena sudah mengantuk. Baik nenek dan ibu saya sekarang sudah pulang ke rumah Bapa, tapi apa yang mereka ceritakan masih melekat erat di ingatan saya hingga hari ini. Padahal itu terjadi di usia saya masih balita. Sudah puluhan tahun, tapi memorinya masih melekat dengan sangat jelas. Bahkan cerita-cerita mereka pun masih saya ingat sampai sekarang. Kalau menempel di ingatan, berarti itu berkesan dan ada manfaatnya.

Ada banyak pesan, nasihat dan keteladanan yang saya petik dari cerita-cerita mereka yang sampai sekarang masih relevan dan berguna. Karena itulah saya dan/atau istri saya tidak pernah melewatkan membacakan atau menceritakan bedtime stories hingga di usianya yang sudah 4 tahun saat ini. Yang lucu adalah, ia sekarang pun sudah bisa mengarang cerita sendiri, dan suka gantian membuat bedtime stories karangan sendiri untuk kami.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker