Sunday, May 7, 2023

Dongeng Pengantar Tidur (3)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Tapi bukankah mereka belum mengerti konsep keimanan di usia dini? Mungkin itu jadi pemikiran kita yang dewasa. Tapi percayalah, dari pengalaman saya sendiri, mereka ini justru punya iman yang lebih kuat dengan kepolosan dan kemurnian pikiran dan hati mereka, lebih dari kita yang sudah banyak polusinya. Kemarin ia dengan polos mengajak kami untuk berdoa secara khusus untuk oma nya, dan ia yang memimpin. Kenapa? Ternyata ia mendengar omanya bilang 'doakan mama ya supaya punya rejeki supaya bisa benerin atap yang sudah mulai rengkah.' Kami saja lupa, tapi ia yang cuma modal nguping ternyata ingat dan peduli. Itu bisa jadi bukti bagaimana konsep kedekatan dengan Tuhan lewat doa sudah bisa mereka cerna, meski masih balita.

Kalau menghindarkan anak-anak dari degradasi moral itu penting, caranya bagaimana? Ada banyak cara. We have to be  creative. Salah satunya yang efektif tentu dengan membacakan dongeng sebelum tidur kepada mereka. Tidak butuh biaya besar, mudah dilakukan dan besar manfaatnya.

Kalau kita cermati, Yesus dalam menyampaikan pengajaranNya kerap menggunakan banyak perumpamaan. Berbagai perumpamaan itu jelas sangat memudahkan orang yang mendengar atau membaca, bahkan hingga hari ini, untuk menangkap pesan-pesan, mengerti kebenaran-kebenaran, teguran dan juga isi hati Tuhan. Di masa itu sudah banyak berkembang berbagai bentuk pengajaran dunia yang bertentangan dengan kebenaran Kerajaan Surga, sehingga Yesus harus merubah secara radikal agar manusia tidak terus tersesat. Dalam keadaan seperti itu, untuk memahami dan menerima bisa menjadi sangat sulit sehingga tepatlah apabila Yesus mengajarkan lewat perumpamaan-perumpamaan. Itu membuat manusia bisa lebih mudah menerima pengajaran yang akan sangat menentukan dalam menerima segala sesuatu yang baik dari Tuhan termasuk di dalamnya jaminan keselamatan.

Sekarang coba pikirkan betapa baiknya apabila saat-saat sebelum tidur anak-anak kita diberikan pemahaman tentang Firman Tuhan dengan disertai cerita-cerita yang mudah mereka pahami. Berbagai contoh bisa diberikan sesuai kemampuan nalar mereka di usia seperti itu. Sayang sekali masih banyak yang tidak menyadari manfaat yang bisa dicapai oleh anak-anak lewat mendongeng sebelum tidur ini. Banyak yang merasa malas dan menganggap hal itu cuma buang-buang waktu saja. Padahal, momen ini adalah momen emas baik buat membangun hubungan yang erat dengan anak-anak maupun untuk mengajarkan kebijaksanaan terutama mengenalkan Firman Tuhan sejak dini, mengajarkan tentang budi pekerti, etika dan nilai-nilai luhur yang tentu akan sangat berguna dalam pembentukan karakter mereka.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker