Saturday, February 27, 2016

Gunung Batu

webmaster | 8:00:00 AM |
Ayat bacaan: Mazmur 62:8
========================
"Pada Allah ada keselamatanku dan kemuliaanku; gunung batu kekuatanku, tempat perlindunganku ialah Allah."

Tahun 2015 diwarnai oleh gonjang-ganjing politik yang tak ada habisnya. Badut-badut politik terus menggelontorkan komedi yang tak lucu seolah menghina nalar rakyat yang konon mereka wakili. Hal-hal memalukan terus dipertontonkan tanpa rasa bersalah seakan rakyat bodoh semua tak mengerti apa-apa. Alasannya selalu klise: itulah politik. Mereka lupa bahwa politik seharusnya dilakukan secara elegan dan bukan norak seperti itu. Krisis demi krisis membuat daya beli menurun, dan kalau sudah begitu tingkat kriminalitas pun meningkat. Ormas-ormas semakin berjaya tak tersentuh pihak berwajib, oknum yang terus mempermalukan korpsnya, itu membuat kita makin terjepit. Rasanya tingkat kenyamanan tinggal di negeri ini sudah jauh berkurang, apalagi dengan menyandang predikat minoritas.

Fakta diatas saya sajikan bukan untuk menakut-nakuti anda, tapi justru sebaliknya. Seperti yang saya sampaikan kemarin, sebagai orang percaya kita tidak boleh mengeluh dan harus tetap mengucap syukur. Setiap ucapan syukur itu punya kekuatan sendiri, dan jangan lupa bahwa tempat perlindungan yang terbaik bukanlah terletak pada kemampuan kita membentengi diri melainkan terletak pada Tuhan, Sang Gunung Batu kita. Saya ingin mengingatkan bahwa di atas segalanya ada perlindungan di dalam Allah kita.

Daud mengingatkan kita bahwa keselamatan ada di tangan Allah yang ia sebut sebagai gunung batu kekuatan kita, tempat perlindungan kita. "Pada Allah ada keselamatanku dan kemuliaanku; gunung batu kekuatanku, tempat perlindunganku ialah Allah." (Mazmur 62:8). He said, "God is a refuge for us (a fortress and a high tower)." Dalam banyak kesempatan lain pun Daud mengingatkan hal yang sama di berbagai ayat dalam Mazmur.

Dalam Ulangan, Musa yang sudah sangat lanjut usianya mengingatkan bangsa Israel akan penyertaan Tuhan yang penuh perlindungan. "Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau." (Ulangan 31:6). Dan ada banyak lagi janji Tuhan untuk melindungi kita yang dicatat dalam Alkitab.

Teknologi canggih terbukti tidak cukup ampuh membuat kita sepenuhnya aman dari tindak kejahatan di muka bumi. Memasang alarm, memelihara selusin anjing penjaga berbadan besar tidak juga memberi kepastian keamanan, menyewa puluhan pengawal menjaga rumah atau berbagai asuransi yang anda ikuti pun tidak serta merta memberi jaminan. Ketika begitu banyak alternatif keamanan lewat usaha manusia tidak mampu memberi rasa aman pada jiwa anda, jangan lupa bahwa ada Tuhan yang memberikan perlindungan yang pasti. Hanya Dia yang sanggup memberi perlindungan pada kita dan keluarga. Janji Tuhan seperti ini: "Malaikat TUHAN berkemah di sekeliling orang-orang yang takut akan Dia, lalu meluputkan mereka." (Mazmur 34:8), atau "Malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu;sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu." (Mazmur 91:11). Jika anda merasa susah tidur pada malam hari dan merasa gelisah akan segala sesuatu yang mengkhawatirkan anda, ingatlah bahwa Allah adalah Penjaga Israel. Dia adalah Gunung Batu yang kokoh, tempat perlindungan yang luar biasa. Serahkan dan percayakan segala kekhawatiran dalam tanganNya, dan jiwa kita pun dapat beristirahat dengan tenang.


Hanya pada Allah saja kiranya aku tenang, sebab dari pada-Nyalah harapanku. (Mazmur 62:6)

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Prayer Request

Community

Stats

eXTReMe Tracker