Tuesday, December 22, 2015

Kesukaan Besar bagi Semua (1)

webmaster | 8:00:00 AM |
Ayat bacaan: Lukas 2:10
=======================
"Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa"

Seorang guru sekolah minggu memberi pertanyaan: apa yang paling menyenangkan buat anak-anak didiknya menjelang Natal. Jawaban pun muncul beragam. Mulai dari hadiah atau kado Natal dari orang tua dan kerabat terdekat lain, pohon terang yang memperindah ruangan rumah, berlibur ke tempat-tempat wisata dan yang paling menyentuh adalah ketika seorang anak dengan sinar mata gembira mengatakan bahwa yang paling menyenangkan hati di hari Natal adalah karena artinya kakek dan neneknya akan datang menginap di rumah dan orang tuanya ada di rumah merayakan bersama, tidak sibuk terus di luar seperti biasa. Dalam memasuki Natal banyak keluarga yang berkumpul merayakan bersama-sama. Sukacita begitu terasa. Jika kehadiran kakek dan nenek saja sudah bisa membuat hidup seorang anak kecil lebih bahagia, apalagi kehadiran Sang Juru Selamat ke dunia ini.

Sekarang coba bayangkan ini. Seandainya anda tengah terkurung, tidak bisa keluar dari sebuah ruangan penjara yang gelap dan lembab, tanpa kepastian kapan kita bisa menghirup kebebasan. Terpasung di ruangan pengap tanpa ada cahaya sedikitpun, dan kemungkinan akan berakhir pula di sana. Saat anda merasa semua sudah berakhir, tidak ada lagi harapan, tiba-tiba pintu terbuka dan cahaya terang segera menyeruak masuk membawa Sosok yang akan membebaskan kita. Bagaimana rasanya? Tentu perasaan bahagia yang luar biasa. Perasaan lega, gembira dan penuh sukacita akan segera mengisi hati kita.

Manusia pada dasarnya begitu mudah terjerat dan terikat, terkurung dalam selubung dosa. Tidak jarang dosa-dosa begitu erat mengikat kita, sehingga kita tidak kuasa untuk melepaskan diri darinya seperti ilustrasi barusan. Ada banyak yang terbelenggu oleh dosa sedemikian parah sehingga mereka tidak pernah bisa melangkah maju menatap ke depan. Ada yang sudah begitu terbiasa dalam kegelapan, sehingga sudah begitu asing dengan sinar terang. Tuhan tahu pergumulan kita. Tuhan tahu persis apa yang kita alami dan rasakan. Dan tidak hanya sekedar tahu, tapi Dia juga peduli, dan begitu mengasihi kita semua. Jurang menganga di depan kita yang akan menelan kita ke dalam kematian yang menyakitkan untuk selamanya. Tapi Tuhan tidak membiarkan itu terjadi. Dia sayang kepada anda dan saya, Dia ingin tidak satupun dari kita untuk binasa. Atas dasar itu Yesus pun lahir ke dunia.

Mari kita melihat sebuah catatan dalam Lukas 2:8-20 menjelang kelahiran Yesus yaitu dari pengalaman sekawanan gembala yang tengah menggembalakan ternak di padang rumput tepat pada malam kelahiran Yesus. Ketika mereka sedang menjaga ternak di malam hari terjadilah hal yang bisa membuat siapapun terpana. "Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan." (ay 9). Untuk apa malaikat ini datang? Kedatangannya adalah untuk menyampaikan kabar gembira. "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa." (ay 10). Dan inilah berita besarnya "Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud." (ay 11). Sang Penebus, Sang Juru Selamat, Kristus Tuhan telah lahir! Malaikat memberitahukan tanda kepada mereka. Dan tiba-tiba pada saat itu mereka melihat "bersama-sama dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara sorga yang memuji Allah." (ay 13)

(bersambung)


No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Prayer Request

Community

Stats

eXTReMe Tracker