Saturday, December 26, 2015

Kemerdekaan dan Keselamatan

webmaster | 8:00:00 AM |
Ayat bacaan: Yesaya 9:5
====================
"Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai."

Terus berada dalam penindasan, ketidakadilan tentunya bisa membuat orang sangat menderita, apalagi kalau itu berlangsung lama hingga beberapa generasi. Warga kulit hitam mengalami situasi itu di masa lalu, yang sisa-sisanya masih terus terjadi bahkan di jaman modern seperti sekarang. Di masa lalu mereka bisa dibunuh tanpa sebab, hanya karena mereka terlahir berkulit hitam. Kalau tidak sampai dibunuh, mereka dijadikan budak, dicambuk, dianiaya dan dijadikan permainan seolah mereka tak berharga. Bagi saya yang mendalami sejarah musik, kepedihan mereka terekam jelas baik lewat nada maupun lirik. Mulai dari blues, jazz sampai yang lebih modern seperti rap, disana banyak terdapat teriakan, protes dan tangisan dari ketidakadilan yang mereka alami. Hebatnya, selain bentuk curahan perasaan akan penderitaan, mereka juga mengungkapkan harapan dan harapan-harapan positif perasaan mereka secara positif ke dalam musik. Dan itu pun pengaruhnya masih terasa hingga hari ini. Misalnya, banyak lagu Natal yang berasal dari jaman itu, dan lagu-lagu itu pun bernuansakan pengharapan. Jelas, di dalam kondisi yang penuh penderitaan seperti itu, mereka tahu bahwa kelahiran Kristus turun ke dunia memberi jaminan akan keselamatan, dan tentu saja kemerdekaan. Kelahiran Kristus di mata mereka merupakan bukti nyata betapa besar kasih Tuhan kepada mereka. Manusia meremehkan dan menindas mereka, tapi di mata Tuhan mereka sangatlah berharga. Mereka tahu itu.

Kita bisa belajar dari mereka tentang bagaimana menyikapi kerasnya kehidupan. Mereka ditindas oleh sesamanya manusia, mereka dianggap tidak punya harga, tetapi mereka tahu bahwa serendah-rendahnya mereka di dunia, di mata Tuhan mereka berharga sangat tinggi. Begitu berharga sehingga Tuhan Yesus datang menebus dosa manusia dan memberikan kemerdekaan, bebas dari kutuk dan dosa. Bukan hanya untuk sekelompok orang tetapi kepada seluruh umat manusia, termasuk mereka. Di dunia mungkin mereka tidak seberuntung orang lain, tetapi pintu keselamatan terbuka sama besar bagi mereka. Yesus turun ke dunia dan melakukan karya penebusan sebagai wujud besarnya kasih Tuhan kepada manusia tanpa terkecuali.

Betapa mudahnya dosa berkuasa atas hidup kita, sampai-sampai banyak manusia yang tidak mampu keluar dari jerat dosa itu sama sekali. Kelahiran Kristus bermakna sangat besar. Lewat kehadiran dan karya penebusanNya kita semua dimerdekakan, berubah dari hamba dosa berubah menjadi hamba kebenaran. Mari kita lihat sejenak apa yang difirmankan Tuhan lewat Paulus. "Tetapi syukurlah kepada Allah! Dahulu memang kamu hamba dosa, tetapi sekarang kamu dengan segenap hati telah mentaati pengajaran yang telah diteruskan kepadamu. Kamu telah dimerdekakan dari dosa dan menjadi hamba kebenaran." (Roma 6:17-18). Selanjutnya Paulus menjelaskan "Sebab waktu kamu hamba dosa, kamu bebas dari kebenaran...Tetapi sekarang, setelah kamu dimerdekakan dari dosa dan setelah kamu menjadi hamba Allah, kamu beroleh buah yang membawa kamu kepada pengudusan dan sebagai kesudahannya ialah hidup yang kekal. Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita." (ay 20,22-23). Semua itu merupakan anugerah yang kita peroleh dari Tuhan atas kasihNya yang begitu besar, dan hanya diberikan lewat AnakNya yang tunggal, Yesus Kristus. Lewat karya Kristus kita dibebaskan dan dimerdekakan dari dosa. Kita memperoleh buah yang akan membawa kita menuju sebuah hidup penuh sukacita yang tidak lagi fana, melainkan kekal.

Yesaya menyampaikan nubuatan mengenai kelahiran Kristus. "Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai." (Yesaya 9:5). Ini sebuah berita besar bagi dunia yang seharusnya bisa membuat semua yang hidup bersorak sorai penuh sukacita. Di awal pasal 9 ini disebutkan bahwa "Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar." (ay 1). Kedatangan Kristus mengubahkan keadaan dunia yang gelap gulita dan menggantikannya dengan sebuah harapan dan kehidupan baru yang terang benderang. Oleh karenanya sorak sorai dan sukacita besar pun hadir bagi setiap orang percaya. (ay 2). Kenapa? "Sebab kuk yang menekannya dan gandar yang di atas bahunya serta tongkat si penindas telah Kaupatahkan seperti pada hari kekalahan Midian." (ay 3). Selain memberikan terang baru yang penuh harapan, Yesus Sang Raja Damai pun membawa kedamaian ke dalam hati kita, mengubahkan hati kita menjadi sebentuk hati yang penuh kasih. Atas semua itu, tidakkah kita seharusnya bersukacita?

Baru saja kita merayakan kelahiran Tuhan Yesus di dunia. KedatanganNya bukan untuk bersenang-senang tapi demi menuntaskan misi yang diberikan Bapa kepadaNya, yaitu menyelamatkan semua manusia, meluputkan kita dari kebinasaan atau kematian dan membawa kita beroleh kehidupan kekal. Mungkin sebagian dari kita masih tertindas, tidak merasakan hak-hak pribadi sebagai manusia, hidup tersiksa, tetapi seperti halnya para budak kulit hitam di masa lalu, ingatkan diri untuk terus bersukacita dengan mengingat bahwa Yesus telah turun ke dunia untuk memerdekakan siappaun tanpa terkecuali.

Yesus mematahkan segala belenggu yang mengikat kita. Meskipun ada diantara kita yang mengalami kerugian karena dirampas hak-haknya oleh sesama, tetapi keselamatan menuju kehidupan kekal sudah dianugerahkan bagi mereka dan tidak akan pernah bisa dirampas oleh siapapun selama kita benar-benar menjaganya. Di dunia boleh saja tertindas, tetapi pastikan bahwa kita adalah orang-orang yang merdeka secara spiritual, dan dengan sadar telah mendapatkan hak waris Allah dalam kerajaanNya. Kemerdekaan dan keselamatan telah dianugerahkan bagi kita semua. For that we definately should rejoice.

Bersukacitalah sebab Yesus telah turun ke dunia bagi kita

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Prayer Request

Community

Stats

eXTReMe Tracker