Wednesday, June 19, 2013

Siapa yang Kita Andalkan? (1)

webmaster | 10:00:00 PM |
Ayat bacaan: Yesaya 31:1-3
====================
"Celakalah orang-orang yang pergi ke Mesir minta pertolongan, yang mengandalkan kuda-kuda, yang percaya kepada keretanya yang begitu banyak, dan kepada pasukan berkuda yang begitu besar jumlahnya, tetapi tidak memandang kepada Yang Mahakudus, Allah Israel, dan tidak mencari TUHAN. Akan tetapi Dia yang bijaksana akan mendatangkan malapetaka, dan tidak menarik firman-Nya; Ia akan bangkit melawan kaum penjahat, dan melawan bala bantuan orang-orang lalim. Sebab orang Mesir adalah manusia, bukan allah, dan kuda-kuda mereka adalah makhluk yang lemah, bukan roh yang berkuasa. Apabila TUHAN mengacungkan tangan-Nya, tergelincirlah yang membantu dan jatuhlah yang dibantu, dan mereka sekaliannya habis binasa bersama-sama."

Semua orang pasti pada suatu ketika akan berhadapan dengan masalah. Tidak ada satupun dari kita yang hidupnya terus mulus tanpa kendala. Mau kaya raya, mau sukses, mau terkenal, mau sudah cukup segala-galanya, selalu saja ada saat-saat dimana kita berhadapan dengan situasi sulit dan butuh pertolongan. Kemana kita mencari pertolongan di saat seperti itu? Ini pertanyaan yang gampang-gampang sulit. Kita tahu bahwa kita seharusnya datang kepada Tuhan, tapi jangan lupa bahwa dunia menawarkan begitu banyak jalan yang seolah-olah bisa membantu kita. Ada banyak orang yang terjebak dan akan segera pergi ke tempat yang salah untuk mencari jalan keluar seperti ke orang pintar, ilah lain, dukun dan sebagainya. Sepintas mungkin bisa terlihat seperti solusi cepat, tapi kita lupa bahwa semua itu sementara dan palsu. Ada banyak jebakan dibalik itu semua yang bisa membinasakan kita.


Tuhan bersikap keras terhadap orang-orang yang memilih alternatif seperti itu. Kita bisa melihat hal tersebut dalam banyak ayat. Salah satunya bisa kita simak dalam ayat bacaan hari ini. "Celakalah orang-orang yang pergi ke Mesir minta pertolongan, yang mengandalkan kuda-kuda, yang  percaya kepada keretanya yang begitu banyak, dan kepada pasukan berkuda yang begitu besar jumlahnya, tetapi tidak memandang kepada Yang Mahakudus, Allah Israel, dan tidak mencari TUHAN. Akan tetapi Dia yang bijaksana akan mendatangkan malapetaka, dan tidak menarik firman-Nya; Ia akan bangkit melawan kaum penjahat, dan melawan bala bantuan orang-orang lalim. Sebab orang Mesir adalah manusia, bukan allah, dan kuda-kuda mereka adalah makhluk yang lemah, bukan roh yang berkuasa. Apabila TUHAN mengacungkan tangan-Nya, tergelincirlah yang membantu dan jatuhlah yang dibantu, dan mereka sekaliannya habis binasa bersama-sama." (Yesaya 31:1-3).

Lihatlah kesalahan fatal orang Israel pada masa itu. Meski sepanjang perjalanan sejarah sebelumnya mereka sudah mengalami penyertaan Tuhan berulang kali, mereka masih tetap lebih percaya kepada kekuatan Mesir daripada kembali mengandalkan Tuhan. Mereka tahu bahwa itu salah, tapi mereka masih saja menentang, tidak mentaati Tuhan yang sudah jelas melarang mereka untuk melakukan itu. Yang terjadi adalah bukannya menolong, tapi justru Mesir dikalahkan oleh Asyur. Sungguh sebuah keputusan yang keliru ketika Israel menganggap bahwa Mesir mampu menolong mereka karena memiliki pasukan kuda yang kuat dan lincah, kereta-kereta yang kokoh dan mengira bahwa Mesir bisa menjadi sekutu yang dapat dipercaya. Mereka lupa bagaimana tentara Firaun dahulu pernah hendak memusnahkan bangsanya dibawah pimpinan Musa tenggelam di tengah-tengah Laut Teberau, tepat setelah laut itu terbelah dua untuk memungkinkan mereka lewat ditengahnya (Keluaran 14).

Dalam ayat bacaan diatas jelas terlihat bangsa Israel lupa bahwa Mesir hanyalah manusia biasa. Kuda hanyalah kuda yang jelas tidak sebanding dengan Roh Allah yang punya kuasa. Maka, celakalah orang-orang yang mengganti sumber pengharapan kekal dengan sesuatu yang sementara dan palsu.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker