Friday, June 28, 2013

Menggantungkan Pekerjaan

webmaster | 10:00:00 PM |
Ayat bacaan: Amsal 16:4
===================
"Roll your works upon the Lord [commit and trust them wholly to Him; He will cause your thoughts to become agreeable to His will, and] so shall your plans be established and succeed."

Kemarin kita sudah melihat bahwa pekerjaan sebaiknya dilakukan dengan hati gembira dan penuh sukacita. Itu akan membawa anda untuk mencapai hasil-hasil yang maksimal, berprestasi baik dan reaksi hati demikian juga akan merupakan sebuah wujud rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberkati anda dengan pekerjaan yang anda geluti sekarang. Hari ini mari kita lanjutkan kepada hal berikutnya. Pepatah mengatakan gantunglah cita-citamu setinggi langit. Tapi kemana kita harusnya menggantungkan atau mendasarkan pekerjaan kita? Pertanyaan ini terlihat gampang, tetapi pada kenyataannya ada banyak orang yang menggantungkan pekerjaannya di tempat yang salah. Ada yang mendasarkan pada uang, fasilitas, gengsi, jabatan, basah tidaknya lahan atau hal-hal lainnya yang cenderung mengacu kepada apa yang dipercaya dunia bisa mendatangkan kebahagiaan dan kemakmuran.

Mari kita ambil sebuah contoh. Dimana anda menggantungkan alat penggorengan? Anda tentu tidak meletakkannya di garasi atau di gantungan kamar mandi, karena selain salah tempat anda tidak akan bisa memfungsikan penggorengan itu karena tidak ada satupun yang bisa dilakukan dengan penggorengan di kamar mandi atau garasi. Seperti itu pula halnya dengan menggantungkan pekerjaan. Jika anda letakkan di tempat yang salah, maka anda tidak akan memperoleh yang terbaik.

Mari kita lihat ayat bacaan hari ini yang diambil dari kitab Amsal. "Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu." (Amsal 16:3). Jika kita lihat versi bahasa Inggrisnya, dikatakan "Roll your works upon the Lord [commit and trust them wholly to Him; He will cause your thoughts to become agreeable to His will, and] so shall your plans be established and succeed." (Amsal 16:3). Roll your works upon the Lord, percayakanlah pekerjaan dan rencanamu kepada Tuhan. Seperti apa bentuknya mempercayakan pekerjaan? Dari ayat ini kita bisa melihat beberapa poin seperti berkomitmen dan mempercayai Tuhan secara penuh, sepakat dengan rencanaNya, dan itulah yang akan membuat rencana dan pekerjaan kita terlaksana dengan sukses.

Dalam Mazmur kita bisa membaca Firman yang berkaitan dengan hal ini. "Berbahagialah setiap orang yang takut akan TUHAN, yang hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya! Apabila engkau memakan hasil jerih payah tanganmu, berbahagialah engkau dan baiklah keadaanmu!" (Mazmur 128:1-2). Lihat bagaimana Tuhan bisa memberkati pekerjaan yang sepakat dengan rencana Tuhan dan dilakukan dengan dasar takut akan Tuhan. Kita akan bisa menikmati hasilnya, berbahagia atasnya dan membuat kita menjadi lebih baik. Lantas doa Musa yang dicatat dalam Mazmur 90 juga menggambarkan hal yang sama. "Kiranya kemurahan Tuhan, Allah kami, atas kami, dan teguhkanlah perbuatan tangan kami, ya, perbuatan tangan kami, teguhkanlah itu." (Mazmur 90:17). Musa berdoa meminta Tuhan memberkati pekerjaannya agar berhasil. Itu artinya Musa menggantungkan pekerjaan atau segala perbuatan yang ia lakukan ke dalam Tuhan, karena ia tahu bahwa itulah yang akan menjadikannya berhasil.

Benar kita tetap perlu bekerja keras secara serius dan sungguh-sungguh, tapi kita harus ingat pula bahwa keberhasilan tergantung dari Tuhan bukan semata-mata atas jerih payah kita sendiri saja. Ini hal yang sering dilupakan orang, yang mengira kesuksesan yang mereka raih hari ini adalah hanya berasal dari kegigihan atau jerih payah mereka sendiri tanpa campur tangan Tuhan. Apakah ada Firman Tuhan yang mengatakan hal ini secara spesifik? Tentu saja. Perhatikan ayat berikut: "Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya." (Amsal 10:22). Dengan memperhatikan semua ini, hendaklah kita menjadi orang-orang yang tahu dimana kita harus menggantungkan pekerjaan, rencana bahkan harapan. Salah tempat hanyalah akan membuat segalanya sia-sia. Gantungkanlah kepada Tuhan, roll your works upon the Lord, rest everything to Him, karena hanya itulah yang akan membuat usaha dan impian anda terealisasi dengan sukses.

Gantungkan kepada Tuhan dan bukan yang lain

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker