Saturday, February 25, 2023

Teratur dan Sopan (3)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

 "Belalang yang tidak mempunyai raja, namun semuanya berbaris dengan teratur." (Amsal 30:27)

Tidak ada yang namanya raja belalang, kan? Meski tanpa raja, belalang rupanya bisa berbaris dengan teratur, tidak seperti manusia yang sulit diatur. Bukan cuma belalang, tapi semut pun sama. Perhatikan semut yang selalu beriringan dan selalu bekerja sama. Binatang-binatang yang ukurannya jauh lebih kecil dari kita, dan tidak memiliki akal budi ternyata bisa lebih "beradab" di banding kita. Dari dulu mereka begitu, sampai sekarang mereka masih sama budayanya.

Di jalan saja kita tidak bisa mengikuti keteraturan. Motor nyerobot seenaknya, kendaraan berjalan seenaknya, pelan di tengah atau meliuk tanpa melihat kendaraan di belakangnya, angkot yang berhenti sesuka hati ditengah jalan, klakson yang ditekan dengan panjang berulang-ulang, atau justru melaju semakin kencang saat melihat ada yang hendak menyeberang, menerobos lampu merah dan kelakuan buruk lainnya. Semua ini menunjukkan perilaku yang bukan saja buruk, tapi juga berpotensi membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

 Jika di jalan saja sudah sulit, bagaimana mau teratur dalam kehidupan rohani? Ada saja alasan untuk men-skip berdoa atau beribadah apalagi mengambil waktu untuk saat teduh. Karena terlalu lelah, karena banyak kerjaan alias sibuk, atau mungkin cuma karena sedang tidak mood, itu bisa jadi alasannya. Apa memang urusan rohani kurang penting sehingga tidak apa-apa dinomorduakan? Bukankah kekuatan kita dalam menjalani atau menghadapi hidup ini akan sangat tergantung dari kekuatan roh kita?  

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker