Friday, February 17, 2023

Memaknai Hari Kasih Sayang (3)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Lebih lanjut lagi, kalau anda baca Roma pasal 5, anda akan kembali menemukan pesan ini. "Karena waktu kita masih lemah, Kristus telah mati untuk kita orang-orang durhaka pada waktu yang ditentukan oleh Allah. Sebab tidak mudah seorang mau mati untuk orang yang benar--tetapi mungkin untuk orang yang baik ada orang yang berani mati--. Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa." (Roma 5:6-8).

Yesus melakukan itu semua bukan karena kita orang baik, karena kita luar biasa, karena kita sangat hebat, terhormat,  dan lain-lain. Yesus mati untuk kita justru disaat kita masih berdosa. Dia datang untuk kita orang berdosa dan mengorbankan diriNya demi keselamatan kita. Dan ayat 8 kembali menyatakan dengan jelas bahwa "Allah menyatakan kasih-Nya kepada kita ketika Kristus mati untuk kita pada waktu kita masih orang berdosa." (BIS) Dalam bahasa Inggris amplifiednya dikatakan "But God shows and clearly proves His [own] love for us by the fact that while we were still sinners, Christ (the Messiah, the Anointed One) died for us." To me, that's the kind of love so true, so great, bentuk kasih yang kita rindukan untuk memenuhi diri kita selamanya.

Ayat ini yang saya jadikan ayat bacaan dalam renungan kali ini buat saya sangat powerful untuk menunjukkan hakekat bentuk kasih yang ditumpahkan Tuhan kepada kita lewat Kristus. Inilah bentuk kasih yang mau saya ingat selalu setiap saya mengingat tentang kasih, terlebih saat momen merayakan Valentine setiap tahunnya.

Kita ingin kasih seperti ini melimpah pada kita. Dan itu sudah Dia berikan. Tapi ingatlah bahwa adalah penting pula bagi kita untuk mengalirkannya kepada sesama, terlebih pada mereka yang saat ini tengah kesepian, menderita dan merindukan bentuk kasih seperti itu. Sesungguhnya ada banyak orang yang tengah kesepian, kesulitan dan tengah diliputi rasa sedih dalam menjalani hidup mereka. Dimana peran kita? Apa yang bisa kita lakukan bagi mereka? What
would Jesus do to them? Bisakah kita menjadi murid-muridNya yang berperan nyata untuk mewakili Kristus dalam menyatakan kasihNya kepada mereka? Atau, maukah kita berperan nyata seperti itu? Jika kita sudah menerima kasih sebesar itu dari Tuhan, tidakkah keterlaluan kalau kita tidak melakukan apapun?

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker