Monday, February 27, 2023

CCTV (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 Ayat bacaan: Amsal 15:3
================
"Mata TUHAN ada di segala tempat, mengawasi orang jahat dan orang baik."


Sejak anak saya masih bayi, saya dan istri terbantu dengan kamera pemantau. Kalau CCTV itu dulu harganya sangat mahal, sekarang perangkat ini bisa didapat dengan harga yang bahkan bisa dibawah 100 ribu saja. Tinggal pasang, lalu pantau dengan menggunakan aplikasinya, dan bayi kami bisa termonitor kalau mamanya butuh waktu baik untuk bersantai sejenak maupun mengerjakan ini itu di luar kamar tidur. Sampai sekarang di usianya yang sudah 3 tahun kamera pemantau masih berguna setiap harinya saat ia sudah tidur. Begitu dia gelisah, maka mamanya akan buru-buru ke kamar untuk menenangkannya.

Kamera pemantau yang sama pun kami tempatkan di toko. Aplikasi dari kamera ini memungkinkan memonitor lebih dari satu dengan hanya satu sentuhan untuk slide ke kiri dan kanan. Di jaman seperti sekarang, ketika orang jahat ada di mana-mana untuk melakukan tindak kriminal, benda kecil yang bernama CCTV ini menjadi sangat berguna. Kita bisa bepergian dengan lebih tenang karena asal ada koneksi internet, kita bisa memantau kondisi rumah dimanapun kita berada.

Bukan saja bagi kita, tapi juga bisa untuk memantau apa yang terjadi di luar rumah, sehingga saat ada tindakan kriminal yang terjadi di lingkungan kita, CCTV kita bisa membantu memberi informasi bagi aparat penegak hukum dalam menyelidiki dan menangkap pelakunya. Di pusat-pusat perbelanjaan maupun di parkiran, alat ini akan sangat berguna untuk menangkap gerak-gerik mencurigakan dari mereka yang mau mencuri atau melakukan tindakan yang buruk. Sekarang ada kota-kota di Indonesia yang sudah menggunakan CCTV yang akan memudahkan polisi lalu lintas untuk memantau ketertiban di jalan raya.

Kalau dulu orang hanya mampu melihat sejauh jarak pandangan matanya, maka sekarang lewat teknologi kita bisa melihat lebih jauh dari kemampuan mata kita memandang. Bahkan ada aplikasi yang bisa memungkinkan kita untuk melihat beberapa CCTV sekaligus dari belahan dunia yang berbeda secara nyaris real time.  Kemampuan jarak pandang manusia yang terbatas sekarang bisa menjadi jauh lebih luas dengan adanya alat ini.

Pesatnya perkembangan teknologi memang memampukan kita untuk bisa melihat jauh lebih luas dari kemampuan mata dan masih akan terus berinovasi untuk lebih baik lagi. Mungkin nanti suatu saat kita bisa melihat tempat-tempat jauh dengan ukuran asli tepat di depan mata kita, tidak lagi harus puas pada ukuran monitor saja. Kalau nonton film Star Trek The Next Generation, hologram yang bisa membuat kita bagai berada di suatu tempat sesuai program sudah seolah 'dinubuatkan' sejak tahun 80an. Saya yakin hal seperti itu tidak lama lagi bukan hanya fantasi tapi bakal bisa menjadi kenyataan.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker