Sunday, February 19, 2023

Hanyut Terbawa Arus (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 Ayat bacaan: Ibrani 2:1
===================
"Karena itu harus lebih teliti kita memperhatikan apa yang telah kita dengar, supaya kita jangan hanyut dibawa arus."


Beberapa waktu lalu saya membawa anak saya berenang.  Saya membawanya ke tempat yang ketinggian airnya kurang lebih se-dada saya, dan saya memegang tubuhnya agar mengapung, lalu menyeretnya seolah mengalir dibawa arus. Ia terlihat gembira menikmati tubuhnya seolah bisa mengalir di atas air tanpa harus berenang.

Mengikuti arus bisa jadi menyenangkan bagi sebagian orang. Misalnya yang menyukai arung jeram, mereka membutuhkan arus untuk bisa melakukan itu. Atau saat bermain di sungai dengan arus pelan, itupun bisa jadi menyenangkan. Tapi arus deras bisa menjadi sangat tidak bersahabat, berbahaya bahkan mematikan, baik arus sungai yang deras, maupun misalnya saat terjadi banjir bandang. Saat terseret arus deras, tubuh bisa terbentur pada batu-batu atau batang kayu besar yang ada disekitar orang yang hanyut. Korban bisa tertelan air, megap dan tenggelam selagi terseret. Belum lagi kalau dipenghujung sungai ada air terjun yang akan berakibat fatal jika terjatuh kesana. Atau jika hanyut di kota dengan suhu dingin, tubuh kita bisa mengalami kejang sehingga tidak bisa bereaksi apa-apa saat ditarik arus.


Kita sudah terlalu sering mendengar korban nyawa akibat hanyut. Sepintas arus mungkin terlihat menyenangkan. Niatnya mungkin cuma bersenang-senang sebentar dengan bermain di sungai, tetapi kita tidak sadar bahwa akibatnya bisa sangat berbahaya.

Dalam mengarungi kehidupan, sadar atau tidak kita pun akan banyak berhadapan dengan berbagai arus berbahaya yang bisa membinasakan kita. Kita sering sekali melihat atau mendengar orang-orang yang tadinya baik lalu berubah menjadi sesat karena terbawa arus pengaruh yang salah dari lingkungan pergaulan mereka. Kita sering menyaksikan atau mungkin juga pernah mengalami sendiri bagaimana pergaulan yang buruk membuat kita ikut terbawa arus kesesatan. Salah memilih teman, salah bergaul itu bisa berbahaya.

Di kalangan anak-anak Tuhan bahkan hamba Tuhan pun hal ini sering terjadi. Kejatuhan seringkali terjadi bukan karena kita memang ingin berbuat dosa, tetapi justru karena hanyut terseret arus akibat pergaulan. Di jaman yang sudah maju seperti sekarang ini, berbagai arus penyesatan pun kerap tampil dari banyak sisi lebih dari sebelumnya. Selain lewat pertemanan, lingkungan, berbagai media seperti bacaan, lagu, televisi, internet dan banyak media lainnya bisa membawa kita hanyut kalau tidak hati-hati. Lebih parah lagi, seringkali arus penyesatan ini hadir tidak kasat mata alias samar-samar sehingga kita tidak sadar sebenarnya kita sudah mulai terseret masuk di dalamnya.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker