Monday, February 6, 2023

Tak Jemu-Jemu Berdoa (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 Ayat bacaan: Lukas 18:1
====================
"Yesus mengatakan suatu perumpamaan kepada mereka untuk menegaskan, bahwa mereka harus selalu berdoa dengan tidak jemu-jemu."


"Di pucuk pohon cempaka... burung kutilang berbunyi. Bersiul-siul sepanjang hari, dengan tak jemu-jemu.. mengangguk-angguk sambil berseru tri lili.. lili..lilili... "

Ini lagu anak-anak yang sudah sangat lama, mungkin sejak orang tua kita kecil lagu ini sudah menemani masa kecil mereka. Lagunya sangat sederhana dan menunjukkan keceriaan lewat seekor burung kutilang yang terus bernyanyi dengan tak jemu-jemu. Kata tak jemu-jemu menunjukan sebuah aktivitas yang dilakukan terus-menerus, berulang-ulang, tanpa bosan-bosannya. Di masa-masa sulit seperti sekarang, betapa saya ingin bisa seperti burung kutilang dalam lagu itu. Bersiul-siul, mengangguk-angguk dan bernyanyi, dalam kondisi yang baik dan cukup seperti dahulu.

Mendengar lagu ini, saya jadi senyum-senyum sendiri karena atmosfirnya berbeda dengan apa yang tengah saya alami. Tapi kemudian saya pun seolah diingatkan bahwa sebenarnya, selain kita jangan sampai kehilangan sukacita meski situasinya sedang tidak baik, tapi juga ada hal yang seharusnya kita lakukan dengan tidak jemu-jemu. Dan itu adalah : doa.

Jaman ini adalah jaman dimana semuanya serba instan. Generasi muda saat ini tidak sesabar jaman kita yang ada di generasi sebelumnya. Dulu kalau mau buat kopi saja, kita harus memasak air, menyeduh dan menyaring. Sekarang kopi sudah banyak yang instan. Air pun tinggal tekan tombol dari dispenser. Sesuatu yang tadinya makan waktu sekitar 5 menitan sekarang urusannya hitungan detik. Bahkan kalau mau kopi dingin, produk yang instannya pun banyak. Dulu kalau mau mencari sumber literatur kita harus ke perpustakaan. Harus jadi anggota dulu, harus mencari dulu buku-buku yang sesuai, membacanya satu persatu, mencatat, yang mungkin kita lakukan di tempat atau kita pinjam bawa pulang dan kita melakukan proses baca dan catatnya di rumah. Sekarang? Cukup dengan internet dan gadget, kita bisa mencari data apapun yang kita butuh hanya dengan beberapa klik.

Dalam banyak hal lainnya pun kita mendapati semakin banyak yang instan, mudah dan cepat. Berbagai kemudahan ini baik-baik saja, dan pastinya sangat membantu termasuk dari sisi biaya dan waktu. Tapi sisi buruknya kita semakin tidak menghargai proses dan ingin segala sesuatu langsung jadi secara instan pula. Itu termasuk dalam hal berdoa saat kita butuh sesuatu dari Tuhan.

Ada banyak orang yang ingin doanya langsung dijawab instan, kalau bisa secepat bikin kopi.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker