Wednesday, February 15, 2023

Memaknai Hari Kasih Sayang (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 

 Ayat bacaan: Roma 5:8
=============
"But God shows and clearly proves His [own] love for us by the fact that while we were still sinners, Christ (the Messiah, the Anointed One) died for us." (English AMP)


Kemarin baru saja kita merayakan Valentine. Di Indonesia perayaan ini termasuk yang kontroversial karena pro dan kontra yang terjadi. Saya tidak mau mempermasalahkan mereka yang menolak. Adalah hak setiap orang untuk memilih dan menentukan apa yang mereka anggap baik. Buat saya pribadi, apa yang lebih baik adalah merenungkan apa sebenarnya hikmat yang bisa kita ambil dari hari Valentine ini.

Bagi yang merayakan, terutama anak-anak muda, atau yang suka romantisme biasanya akan memberi sesuatu kepada kekasihnya. Yang paling umum tentu coklat dan bunga mawar, mengajak candlelight dinner dan sebagainya. Suasana di pusat-pusat keramaian seperti mall, cafe dan resto pun akan membuat pengunjung dimanjakan dengan suasana romantis bernuansa pink untuk menarik minat pengunjung. Bagaimana bagi yang tidak punya pasangan? Sebagian tidak mau merayakan, sebagian mungkin memilih untuk bergabung dengan orang-orang yang memandang Valentine's Day dengan kacamata yang lebih luas, yaitu merayakannya bersama orang tua, saudara, keluarga dan orang-orang terdekat. Ada pula yang tidak merayakan karena suasana hatinya sedang tidak pas untuk sebuah perayaan kasih sayang.

Bagi mereka yang hari ini sendirian, kesepian atau mungkin sedang terluka, di hari Valentine ini saya rindu untuk mengingatkan bahwa ada Pribadi yang peduli, yang selalu ada bersama anda dan sangat mengasihi anda, yaitu Yesus. Yesus selalu ingin memberikan kasihNya kepada anda setiap saat, bukan sementara. Dia tidak akan mengecewakan anda, meninggalkan anda, menyakiti anda. Tidak. Dia tidak akan membenci anda. Dia bahkan sudah memberikan nyawaNya sendiri untuk semua manusia agar bisa ditebus dari dosa, agar hubungan anda dengan Bapa dipulihkan dan dilayakkan untuk menerima kehidupan yang kekal. He has done that many years ago. He loves us for He is Love.

Mari kita lihat ayat yang buat saya sangat penting dan menjadi momentum perubahan besar dalam hidup saya dalam hal keyakinan.  "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal." (Yohanes 3:16). Apa yang menggerakkan Tuhan untuk mengorbankan Kristus tidak lain dan tidak bukan adalah kasih. For God so greatly loved and dearly prized us who live in this world, He gave up His only son. There can be no greater love than this. Ayat ini secara jelas dan nyata menulis bagaimana besarnya kasih Allah kepada kita, manusia yang berdosa dan lemah. Itu membuka mata saya, karena saya yakin kalau kita bicara tentang Tuhan, kita bicara tentang Sang Pencipta yang penuh kasih, bukan sosok yang kejam, penuh larangan, hukuman dan sebagainya.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker