Wednesday, April 26, 2017

Pengharapan (2)

webmaster | 10:00:00 PM |
(sambungan)

Penulis Ibrani mengatakan dengan jelas pula bahwa "Pengharapan itu adalah sauh yang kuat dan aman bagi jiwa kita.." (Ibrani 6:19). Sebuah kapal bisa terus tertambat di pelabuhan karena adanya jangkar kuat yang tertanam di dasar laut. Apabila tanpa jangkar, kapal bisa menghanyut kemanapun, suatu kali bertemu badai dan gelombang ombak tinggi, menghantam karang dan tenggelam. Seperti itu pula sebuah pengharapan yang akan mampu membuat kita tetap kokoh dalam perjalanan hidup kita, dan pengharapan itu juga aman bagi jiwa kita.

Selanjutnya Alkitab mengingatkan pula bahwa kita hendaknya "..teguh berpegang pada pengakuan tentang pengharapan kita, sebab Ia, yang menjanjikannya, setia." (Ibrani 10:23). Kita tidak perlu ragu meletakkan harapan kepadaNya karena Tuhan tidak mungkin berdusta. Karena itulah "... kita yang mencari perlindungan, beroleh dorongan yang kuat untuk menjangkau pengharapan yang terletak di depan kita." (6:18). Allah juga tidak akan pernah ingkar janji. Dia akan selalu menepati setiap janji yang telah Dia berikan. Oleh karena itulah kita juga diingatkan bahwa pengharapan tidak akan pernah mengecewakan. (Roma 5:5).

Alkitab mengingatkan bahwa ada tiga hal terpenting yang harus tetap kita aplikasikan dalam hidup kita yaitu: iman, pengharapan dan kasih. (1 Korintus 13:13). Faith, hope and love. Itu ketiga esensi Kekristenan yang jangan sampai hilang dari diri kita. Salah satu dari ketiga hal ini hilang, kita akan sulit mengharapkan sebuah tatanan kehidupan yang penuh damai sejahtera dipenuhi sukacita.

Jika saat ini anda tengah kehilangan kepercayaan diri, kehilangan arah, kehilangan semangat dan mulai merasa apa yang ada di depan anda terlihat gelap, terangilah pandangan anda dengan pengharapan. ika anda merasa apa yang anda kerjakan hari ini sepertinya menyita hidup anda secara sia-sia, berdoalah dan tanyakan kepada Tuhan dimana titik masalahnya. Ijinkan Tuhan berbicara dan memberitahukan rencanaNya kepada anda sambil terus memupuk pengharapan dalam ketaatan.

Berikan yang terbaik dalam segala sesuatu yang anda lakukan. Lakukan bagian anda, dan percayalah Tuhan akan melakukan bagianNya. Meski pekerjaan yang kita lakukan begitu menyita waktu, tenaga dan pikiran, meski semua itu saat ini terlihat seolah-olah menutup segala kemungkinan bagi kita untuk berharap apapun, tetaplah pegang pengharapan dalam Kristus erat-erat, karena Alkitab sudah dengan tegas mengatakan bahwa "..masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang." (Amsal 23:18).

Seberapa jauh kita bisa mengimani hal itu akan sangat tergantung dari seberapa besar pengharapan kita akan pemenuhan janji Tuhan. Mengucap syukurlah atas pekerjaan, kesempatan dan peluang yang anda miliki hari ini, dan tetap pegang teguh janji Tuhan bahwa ada pengharapan di dalamnya. Yakinlah itu tidak akan pernah sia-sia.

"To Live Without Hope is to cease to live" - Fyodor Mikhailovich Dostoyevsky

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker