Saturday, April 18, 2015

Keriuhan Penuh Sukacita

webmaster | 8:00:00 AM |
Ayat bacaan: Mazmur 98:4
================
"Make a joyful noise to the Lord, all the earth; break forth and sing for joy, yes, sing praises!"

Berkecimpung di dunia musik membuat saya mengerti pentingnya peran sound. Kualitas suara yang dihasilkan menjadi sangat krusial agar penonton bisa menikmati permainan penampil dengan maksimal. Monitor yang dipasang di panggung pun harus berfungsi baik supaya pemain di panggung bisa menyajikan musiknya dengan sempurna. Banyak orang menganggap yang penting harus keras suaranya, tetapi suara yang keras tanpa disertai kualitas bagus hanya akan menghasilkan bunyi bising, pecah sehingga bukannya bagus tapi malah mengganggu kenyamanan. Seorang sound engineer yang bagus akan memperhitungkan struktur, luas dan bentuk ruangan agar tahu setting seperti apa yang diperlukan, begitu juga beberapa alat tambahan yang mampu memaksimalkan kualitas suara yang dihasilkan. Selain dari sisi peralatan, soundman yang bertugas juga tidak kalah pentingnya untuk menjaga supaya balance dan penekanan suara dari pemain dapat sampai ke telinga penonton dengan baik.

Ada suara keras yang hanya menimbulkan keributan, tapi ada juga  yang justru menggembirakan. Sangatlah menarik jika melihat Alkitab menyarankan keriuhan yang menggembirakan, dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan joyful noise dalam memuji Tuhan.

Daud berkata:" Bersorak-soraklah bagi TUHAN, hai seluruh bumi, bergembiralah, bersorak-sorailah dan bermazmurlah!" (Mazmur 98:4). Versi Bahasa Inggrisnya berkata: "Make a joyful noise to the Lord, all the earth; break forth and sing for joy, yes, sing praises!" kata Daud. Rangkaian ayat selanjutnya masih menggambarkan sukacita Daud yang seolah ingin bersorak-sorai menyanyikan puji-pujian dengan kegembiraan penuh bersama bumi dan alam hasil karya tangan Tuhan. "Bermazmurlah bagi TUHAN dengan kecapi, dengan kecapi dan lagu yang nyaring, dengan nafiri dan sangkakala yang nyaring bersorak-soraklah di hadapan Raja, yakni TUHAN! Biarlah gemuruh laut serta isinya, dunia serta yang diam di dalamnya! Biarlah sungai-sungai bertepuk tangan, dan gunung-gunung bersorak-sorai bersama-sama" (Mazmur 98:5-8).

Apa yang saat itu dirasakan Daud sehingga ia bisa sampai bersukacita setinggi itu sampai melibatkan alam dan unsur-unsur di dalamnya? Kita bisa memperoleh alasannya dalam rangkaian ayat sebelumnya. "...sebab Ia telah melakukan perbuatan-perbuatan yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan kepada-Nya oleh tangan kanan-Nya, oleh lengan-Nya yang kudus. TUHAN telah memperkenalkan keselamatan yang dari pada-Nya, telah menyatakan keadilan-Nya di depan mata bangsa-bangsa. Ia mengingat kasih setia dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel, segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang dari pada Allah kita." (ay 1-3). Daud bersukacita karena ia menyadari betapa Tuhan telah melakukan perbuatan-perbuatan yang ajaib, mengerjakan keselamatan atas kita, menyatakan keadilanNya dan mengingat kasih setia dan kesetiaan terhadap kita. Dan itu meliputi seluruh bumi. Dengan bentuk kasih sebesar itu, bagaimana Daud tidak bersorak-sorai dengan lagu pujian bergemuruh dan menyerukan seisi bumi termasuk gunung, sungai dan lain-lain?

Bayangkan semilir angin berdesir lembut di gunung dan gemericik air terjun, ombak di laut dan arus aliran sungai bermazmur dalam keriuhan sukacita yang besar, berpadu dengan suara kicau burung di udara dan sorak-sorai hewan lain dan puji-pujian dari kita yang diarahkan kepada Tuhan. Bukankah itu terasa indah?  Kalau digabungkan semuanya mungkin bisa terdengar riuh, tapi itulah keriuhan yang menyenangkan atau menggembirakan, yang bisa mendatangkan rasa damai, tentram dan gembira di hati. Tuhan pun tentu sangat bersuka mendengarnya. Kita semua diberkati dengan kemampuan bernyanyi yang bisa dipakai untuk memuliakan Tuhan, bersyukur atas semua anugerah dan karuniaNya atas diri kita. Tuhan layak mendapat segala hormat dan pujian, dan Tuhan sangat suka ketika menghantarkan itu lewat joyful noise. Bukan ribut yang mengganggu, tetapi sorak-sorai pujian gembira penuh sukacita. "Ya Tuhan dan Allah kami, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa; sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu; dan oleh karena kehendak-Mu semuanya itu ada dan diciptakan" (Wahyu 4:11). Hari ini mari hampiri Tuhan dan berikan puji-pujian yang terbaik untukNya. Let's sing and make a joyful noise together, give it to Him for He is so good to you and me. 

Nyanyikan puji-pujian dalam keriuhan yang penuh sukacita untuk Tuhan

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Prayer Request

Community

Stats

eXTReMe Tracker