Wednesday, April 29, 2015

Berjalan Lurus

webmaster | 8:00:00 AM |
Ayat bacaan: Amsal 3:6
===================
"Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu."

Orang mabuk sudah pasti tidak bisa berjalan lurus. Itu sering dipakai sebagai salah satu tes bagi aparat untuk membuktikan apakah seorang pengendara mengemudi dalam keadaan mabuk atau tidak. Orang yang mabuk akan sempoyongan dalam setiap langkahnya. Jangankan lurus, menjaga agar tidak jatuh saja sudah hebat. Dalam beberapa acara reality show patroli polisi di televisi terlihat bagaimana para pemabuk ini mencoba meyakinkan polisi bahwa mereka baik-baik saja, tetapi tes membuat mereka tidak bisa mengelak lagi. Dalam keadaan normal pun sebetulnya berjalan lurus itu gampang-gampang sulit. Karena itu saya selalu kagum melihat bagaimana seorang model bisa berjalan di satu garis lurus dengan gemulai dan lincah.

Apa yang kita alami dalam perjalanan hidup kita di dunia ini juga kurang lebih seperti itu. Semua orang percaya ingin hidupnya lurus agar bisa mencapai tujuan akhir yang diinginkan. Kita ingin lurus, tetapi berbagai penyesatan dan pengajaran keliru yang dianut dunia bisa setiap saat membuat kita miring ke kiri dan ke kanan, berbelok, bengkok dan serong. Berbagai 'penyakit' dunia bisa meracuni kita dan mengalihkan kita dari jalan yang lurus, mulai dari yang terang-terangan menyesatkan, sampai yang tidak kasat mata karena dikemas sedemikian rupa seolah mengajarkan kebenaran. Semua itu kita temukan hampir setiap hari dimana-mana. Dari pergaulan di lingkungan pekerjaan, pendidikan, tempat tinggal atau ditengah masyarakat, jika tidak hati-hati kita bisa terseret arus kehidupan duniawi. Masalahnya semua itu bisa terlihat indah, menyenangkan, membahagiakan, tetapi di balik semua kesenangan yang hanya sementara itu tersembunyi berbagai penyesatan yang siap menyeret kita ke dalam jurang dosa. Besar usaha kita untuk tetap hidup lurus, tapi tak kalah pula besarnya hal-hal yang bisa membuat kita keluar jalur dan berjalan miring. Kalau tidak kuat mengontrol maka kita bisa terus berjalan dalam arah kemiringan yang semakin lama semakin besar.

Firman Tuhan sudah mengingatkan tentang hal ini. "Ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya menuju maut." (Amsal 14:12). Dunia yang kita tempati saat ini tepat seperti apa yang dahulu pernah dikatakan Paulus. ".. orang jahat dan penipu akan bertambah jahat, mereka menyesatkan dan disesatkan." (2 Timotius 3:13). Orang jahat akan bertambah jahat, penipu akan semakin parah penipuannya, orang saling disesatkan dan menyesatkan. Itu menggambarkan keadaan yang penuh dengan orang-orang yang bengkok hatinya. Dan inilah yang ada disekitar kita hari-hari ini. Ini bukan berarti kita tidak boleh bergaul, tapi hendaknya kita terus meningkatkan kewaspadaan karena kalau tidak ada begitu banyak hal yang bisa membuat kita tidak lagi lurus tapi sudah berjalan serong menuju kebinasaan.

Lalu apa yang sebenarnya diinginkan Tuhan bagi kita? Tuhan ingin kita tetap hidup dengan menjaga kesucian, "tiada beraib dan tiada bernoda, sebagai anak-anak Allah yang tidak bercela di tengah-tengah angkatan yang bengkok hatinya dan yang sesat ini, sehingga kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia." (Filipi 2:15).

Bagaimana caranya agar kita bisa tetap bertahan untuk terus lurus dan tidak menjadi bengkok seperti angkatan tersebut? Bagaimana agar kita bisa tetap berjalan dalam koridor yang benar, tetap lurus meski kita terus dibelokkan? Alkitab memberitahukan caranya, yaitu dengan terus melibatkan Tuhan dalam segala laku dan perbuatan kita. Ketika Paulus menyatakan seperti apa diri kita yang diinginkan Tuhan dalam Filipi 2:15 tadi, ia ternyata sudah terlebih dahulu memberikan kuncinya.

Kita harus terus mengerjakan keselamatan dengan hormat dan patuh kepada Allah (ay 12) dan melakukan segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantahan. (ay 14). Intinya kita diminta untuk selalu ingat untuk menyertakan dan melibatkan Tuhan dalam segala yang kita perbuat. Sekuat-kuatnya kita, kita tidak akan bisa mengandalkan kekuatan kita pribadi untuk dapat bertahan tetap lurus di antara angkatan yang bengkok. Hanya dengan kuasa dan kekuatan Tuhan lah itu bisa terjadi, "karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya." (ay 13).

Kunci yang sama sudah diberikan pada Perjanjian Lama yaitu dalam kitab Amsal dalam kalimat yang tidak rumit untuk dimengerti. "Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu."(Amsal 3:6). Kita harus selalu ingat kepada Tuhan dan melibatkanNya dalam segala sesuatu yang kita lakukan, dalam perilaku, tingkah dan perbuatan kita, apabila itu kita lakukan maka Tuhan sendiri yang akan meluruskan jalan kita. Angkatan bengkok akan terus ada di sekitar kita, tetapi kita tidak perlu ikut-ikutan bengkok. Meski mungkin alurnya bisa seolah memaksa kita untuk miring, tapi kita tidak akan mudah terseret jika ada Roh Allah bekerja atas diri kita. Ingat pula bahwa firman Tuhan sudah berkata bahwa "Orang yang serong hatinya adalah kekejian bagi TUHAN, tetapi orang yang tak bercela, jalannya dikenan-Nya." (Amsal 11:20). Oleh karena itu kita harus menjaga rohani kita dengan benar agar tetap berjalan sesuai ketetapan Tuhan dengan setia dan taat. Di saat kita melakukan hal itu, maka Tuhan sendiri yang akan bekerja meluruskan jalan kita. Tuhan akan selalu berdiri tegak disamping anak-anakNya yang selalu mengerjakan keselamatan dengan rasa hormat dan gentar. Jadilah orang-orang yang tetap lurus meski berada di antara berbagai bentuk penyesatan dan tipuan yang ditawarkan dunia.

Libatkan Tuhan dalam setiap sisi kehidupan agar kita tetap lurus berjalan

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Prayer Request

Community

Stats

eXTReMe Tracker