Thursday, November 20, 2014

Belajar dari Penjual Nasi Goreng (2)

webmaster | 8:00:00 AM |
(bersambung)

Mungkin ada diantara teman-teman yang saat ini merasa bahwa pekerjaan anda terlalu kecil, gaji/imbalan yang tidak seimbang dengan job description, mungkin anda diminta untuk mengerjakan sesuatu tapi imbalannya tidak ada, mungkin ada yang sudah jenuh dengan pekerjaan dan rutinitas, mungkin ada yang kecewa dengan hasil yang diperoleh. Semua itu manusiawi dan wajar dirasakan pada suatu waktu, tapi alangkah baiknya apabila kita kembali merujuk kepada hakekat pekerjaan menurut pandangan Kerajaan dan memahami benar seperti apa kita seharusnya menyikapinya.

Pekerjaan baik besar atau kecil, selama tidak bertentangan dengan ketetapan Tuhan itu baik adanya. Pekerjaan yang saat ini sepertinya kecil bisa jadi akan berujung pada sesuatu yang luar biasa besar. Bukankah hal-hal besar selalu dimulai dari sesuatu yang sederhana? Siapa yang bisa memastikan bahwa sebuah pekerjaan kecil tidak akan pernah berdampak besar? Dan bukankah sebuah pekerjaan, baik besar maupun kecil semuanya berasal dari Tuhan, demikian pula dengan waktu dan kesempatan yang diberikan? Bayangkan apabila ada rencana Tuhan yang besar bagi anda tetapi anda tidak serius melakukannya karena saat ini terasa sangat sepele atau tidak berarti, lantas rencana besar itu harus gagal anda terima sebagai akibat dari sikap yang salah dari anda sendiri. Karena itulah penting bagi kita untuk mengingat bagaimana prinsip melakukan pekerjaan dalam kekristenan.

Jangan lupa bahwa pula bahwa segala sesuatu yang kita kerjakan seharusnya diarahkan untuk memuliakan Tuhan. "Kita melakukan pekerjaan Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah." (1 Korintus 10:31). Kalau makan dan minum saja harus dilakukan untuk kemuliaan Allah dan bukan untuk memenuhi kebutuhan agar tetap hidup, apalagi pekerjaan-pekerjaan yang merupakan berkat dan anugerah dari Tuhan. Kita harus melakukan yang terbaik dengan sepenuh hati demi kemuliaan Tuhan atas apapun yang kita kerjakan. Ingat pula bahwa kita harus melakukan pekerjaan dengan kasih. "Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih!"(1 korintus 16:14). Kemudian lakukanlah perkerjaan kita dalam nama Yesus disertai ucapan syukur. "Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita."(Kolose 3:17).

Pekerjaan sekecil apapun yang kita peroleh merupakan pemberian yang baik dan sempurna dari Allah. "Setiap pemberian yang baik dan setiap anugerah yang sempurna, datangnya dari atas, diturunkan dari Bapa segala terang; pada-Nya tidak ada perubahan atau bayangan karena pertukaran." (Yakobus 1:17). Dan karenanya meski kecil dipandang dunia, itu tetap patut kita syukuri. Tidak ada cara yang lebih indah untuk berterimakasih atas pemberianNya dengan bekerja sungguh-sungguh sebaik mungkin dan memuliakanNya di atas segalanya, dengan senantiasa dipenuhi ucapan syukur dalam nama Kristus. Selain itu, lewat cara dan etos kerja kita pula-lah kita bisa mengenalkan Yesus kepada teman-teman yang belum mengenalNya, seperti yang digambarkan pada ayat berikut: "Dan anggaplah sebagai suatu kehormatan untuk hidup tenang, untuk mengurus persoalan-persoalan sendiri dan bekerja dengan tangan, seperti yang telah kami pesankan kepadamu, sehingga kamu hidup sebagai orang-orang yang sopan di mata orang luar dan tidak bergantung pada mereka." (1 Tesalonika 4:11-12).

Semua pekerjaan yang baik merupakan berkat luar biasa dari Tuhan. Itu harus kita syukuri, dan beri perhatian dan perlakuan terbaik. Perbuat seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia, muliakan Tuhan di dalamnya dan Ketika kita bisa mempertanggungjawabkan tugas kecil, maka Tuhan pun sanggup mempercayakan tugas-tugas yang lebih besar lagi.

Segala pekerjaan yang baik dan benar adalah berkat dari Tuhan, karenanya lakukanlah dengan sepenuh hati seperti untuk Tuhan sendiri

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Prayer Request

Community

Stats

eXTReMe Tracker