Monday, January 16, 2023

The Ultimate Goal (1)

webmaster | 6:00:00 AM |

 Ayat bacaan: Roma 8:29
======================
"Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara."


Sejak kecil kita sudah sering ditanya 'nanti kalau sudah besar mau jadi apa?' Atau, 'cita-cita kamu apa?' . Ini menunjukkan bahwa secara alami kita sudah dari kecil dibiasakan dengan rencana atau tujuan. Sebuah cita-cita bisa menjadi dasar buat kita kemana nantinya kita akan mengarah saat kita dewasa.

Dalam hidup ini tujuan hidup memang penting. Bayangkan hidup yang hanya berjalan hari per hari tanpa tujuan. Selain membosankan, itu akan membuat kita hidup tanpa semangat. Tidak ada yang mau dituju, tidak ada yang mau dicapai. No goal in life is not a life at all, itu buat saya. Ada tujuan akhir, ada tujuan-tujuan atau target-target dalam prosesnya yang juga penting untuk diperhatikan, agar tujuan akhir itu bisa dicapai. Pencapaian target, mau berhasil atau gagal, setidaknya itu akan membuat kita punya arah dan rencana. Buat saya itu penting, dan saya selalu menikmati prosesnya. Disana saya akan bisa berpikir tentang strategi, memutar otak untuk menyusun plan A dan plan B, dan kalau gagal, saya mencari tahu dimana letak penyebabnya. Yang pasti, bagi saya hidup harus punya goal. Tanpa itu, betapa membosankan dan sia-sianya hidup saya.

Sebagai orang percaya, apa yang menjadi tujuan utama kita? Have you ever thought of what's our ultimate goal for being a Christian? Apakah menjadi kaya? Menjadi orang sukses? Terkenal? Terpandang? Disegani? Punya segala hal di dunia dalam kelimpahan? Jadi orang yang bebas dari masalah? Jadi orang yang tidak pernah sedih? Atau kalau bukan semua ini, lantas apa? Apakah Alkitab ada menyinggung atau menyampaikan tujuan utama kita menjadi pengikut Kristus? Kalau ada, dimana?

Tentu saja ada.  Dalam surat Roma tujuan utama kita, panggilan kita yang terutama, our ultimate goal sebenarnya sudah disebutkan dengan nyata dan jelas. Mari kita baca ayatnya.

 "Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara." (Roma 8:29)

Dari ayat ini kita bisa mengetahui dengan pasti bahwa tujuan kita yang paling utama adalah: menjadi serupa dengan Kristus.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker