Wednesday, January 4, 2023

Simeon dan Hanna (1)

webmaster | 6:00:00 AM |

Ayat bacaan: Lukas 2:25
================
"Adalah di Yerusalem seorang bernama Simeon. Ia seorang yang benar dan saleh yang menantikan penghiburan bagi Israel. Roh Kudus ada di atasnya,"


Beribadah itu penting? Saya yakin kita akan sepakat untuk menjawab 'ya'. Tapi kalau pertanyaannya untuk apa kita beribadah, atau apa yang kita peroleh dari ibadah, maka jawabannya bisa beda-beda. Apakah merupakan wujud dari kerinduan kita bertemu dan merasakan hadirat Tuhan  atau hanya mencari berkat/pertolongan, supaya terlihat suci di mata orang atau hanya sekedar ritual atau rutinitas belaka, bahkan ada yang hanya karena terpaksa, semua itu bisa jadi alasan kenapa orang beribadah. Sama-sama beribadah, tapi motivasi atau alasannya bisa beragam.

Banyak orang mengira bahwa mereka masih taat dengan terus beribadah, tapi Jangan-jangan sebenarnya sudah tidak lagi peduli terhadap Yesus ketika beribadah melainkan sibuk mementingkan hal-hal lainnya. Dan jangan-jangan, saat kita beribadah mengakunya kepada Yesus, tapi kalau Yesus ada disamping kita, kita bahkan tidak mengenalNya. Kita tidak mengenal siapa Dia, seperti apa hatiNya, dan kalau sudah begitu, bagaimana kita bisa terus berproses untuk menjadi semakin seperti Yesus dalam perjalanan hidup ini? Have you ever asked "what would Jesus do" when you face a situation? Bagaimana mungkin kita bisa beribadah, mengasihiNya dan taat pada perintahNya kalau kita bahkan tidak mengenalNya?

Mari kita lihat apa yang terjadi saat Yesus dibawa ke bait Allah untuk diserahkan kepada Tuhan. Seperti layaknya gereja, saya yakin pada saat itu ada begitu banyak orang yang hadir di sana. Yusuf dan Maria datang membawa bayi Yesus untuk memenuhi hukum Taurat Musa yang menyatakan bahwa "semua anak laki-laki sulung harus dikuduskan bagi Allah." (Lukas 2:23).

Pertanyaannya sekarang, ada berapa banyak dari yang hadir mengenal Yesus sebagai Juru Selamat yang sudah lama dinanti-nantikan? Ratusan orang? Puluhan? Ternyata sedikit sekali. Alkitab bahkan jelas-jelas menyatakan bahwa hanya dua orang saja yang mengenalNya, dan mereka adalah Simeon dan Hana. Dari sekian banyak orang yang hadir disana hanya dua orang yang benar-benar mengenali Yesus.

Siapakah Simeon dan Hana?

(bersambung)
 

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker