Saturday, November 12, 2022

Bad Sector (1)

webmaster | 6:00:00 AM |

 Ayat bacaan: Mazmur 141:8
=====================
"Tetapi kepada-Mulah, ya ALLAH, Tuhanku, mataku tertuju; pada-Mulah aku berlindung, jangan campakkan aku!"


Belum lama ini laptop yang saya gunakan untuk bekerja akhirnya berhenti berfungsi setelah sekian lama mulai ngehang dan kerap mendadak blue screen. Ternyata masalahnya adalah hardisk yang sudah telalu banyak bad sector. Apa yang menyebabkan bad sector? Selain mungkin pernah terbanting, pemakaian yang cukup lama dan/atau sering dimatikan paksa bida menjadi penyebabnya. Debu juga bisa menggores piringan sehingga menimbulkan kerusakan secara fisik. Ya.. mau tidak mau saya harus merelakan file-file yang ada di dalamnya karena kerusakannya sudah terbilang terlalu parah.

Dalam perjalanan hidup kita, kita pun akan kerap mengalami benturan-benturan, atau hal-hal yang bisa jadi menyebabkan adanya 'bad sector' dalam diri kita. Itu bisa terjadi saat kita mengalami situasi-situasi yang meruntuhkan mental, percaya diri atau bahkan bisa jadi ketika ada hal-hal yang membentur atau menimbulkan goncangan pada iman kita. Seperti halnya laptop saya, semua ini bisa menjadi begitu masif sehingga merusak gambar diri dan membuat kita sulit maju, terkadang bisa begitu parah sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk diperbaiki, bahkan ada yang tidak pernah lagi pulih hingga akhir hidupnya.

Saya sudah bertemu dengan begitu banyak orang yang sulit maju karena gambar dirinya rusak. Biasanya masalah berkutat pada hal-hal buruk yang mereka pernah alami dalam hidupnya, terutama di usia dini. Sejak kecil kerap dibanding-bandingkan terhadap saudaranya yang lain, sering dikatakan bodoh, direndahkan di depan orang lain dan berbagai macam perilaku tidak adil lainnya dari orang tua.

Ada juga yang sekian lama ditekan istri sehingga tidak lagi punya semangat juang, atau sebaliknya istri yang selalu takut ketika bertemu orang lain karena kerap mendapat tindak kekerasan dari suaminya, baik verbal maupun fisik. Mereka mengatakan bahwa mereka sudah mati-matian melakukan sesuatu tapi tidak dianggap, disalah-artikan, direndahkan, diejek dan sebagainya.

Semua ini bisa membuat hadirnya bad sector dalam diri  kita yang jika dibiarkan akan membuat kita gagal dalam menjalani hidup seperti yang diinginkan Tuhan. Tidak bisa maju, tidak bertumbuh, tidak berani mengambil langkah atau inisitaif, potensi kita tidak keluar, gambar diri tidak utuh dan akibatnya gagal memenuhi rencana Tuhan dalam hidup. Semakin banyak 'bad sector' dalam hidup kita, semakin rusak pula gambar diri kita, yang akan sangat mempengaruhi jalannya hidup dan masa depan kita.

Karena saya mengetahui hal ini merupakan sesuatu yang akan sangat menentukan bagaimana nantinya hidup di kemudian hari dan bagaimana masifnya kehancuran yang bisa ditimbulkan, maka sejak kecil saya terus menanamkan rasa percaya diri pada anak saya. Saya terus mengajarkannya agar tidak mudah diintimidasi, tidak mudah down, dan saya terus menekankan bahwa ia akan selalu mendapat perlindungan sepenuhnya dari kedua orang tuanya. Saya pun sudah mengajarkannya berdoa sejak di usia 2 tahun dan mengajarkan bahwa Tuhan sayang kepadanya dan akan selalu melindunginya. Bagi saya hal ini penting, karena pembangunan mental di masa dini pertumbuhan akan membuat mereka kuat sejak awal sehingga nantinya mereka tidak akan mudah drop atau down. Apalagi, pada jaman seperti sekarang sikap-sikap bullying sudah muncul bahkan sejak masih di awal masa pendidikan di sekolah.

Yang jadi masalah, kita tidak akan pernah bisa hidup sendiri tanpa orang lain. Dalam hidup ini sejak awal kita akan setiap hari bersinggungan dengan orang lain dan seringkali sulit menghindar dari orang-orang yang baik sengaja ataupun tidak membuat mental kita 'down' baik lewat ucapan maupun perbuatan. Tidak masalah kalau kita tidak punya masalah dengan gambar diri, tidak masalah kalau kita sudah kuat dalam iman dan terbiasa mengaplikasikan kebenaran Firman dalam hidup. Tapi bagaimana kalau kita belum sampai pada tahap itu? Bagaimana kalau saat kita bersinggungan dengan orang-orang atau situasi sulit kita sedang lengah atau sedang punya masalah dengan ketahanan kita? Itu bisa mengakibatkan bad sector mulai muncul dan terus bertambah. Jika demikian, apa yang harus kita lakukan?

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker