Wednesday, August 27, 2014

Ada Banyak UmatKu di Kota Ini

webmaster | 10:00:00 PM |
Ayat bacaan: Kisah Para Rasul 18:10
===========================
"...banyak umat-Ku di kota ini."

Ada seorang musisi senior yang kiprahnya sudah sangat lama, setidaknya ia sudah aktif di era 70an. Saya bertemu dengannya belum lama ini saat ia tampil dalam sebuah acara. Hari itu hari sabtu dan konser selesai saat hari sudah sangat larut malam. Saat itu sembari ngobrol santai ia terlihat agak tergesa-gesa mengumpulkan instrumen dan barang-barangnya. Ketika saya tanya kenapa ia tidak menginap saja semalam sebelum kembali ke kota tempat tinggalnya, sambil tersenyum ia berkata bahwa ia harus segera pulang karena di pagi hari ia harus melayani di gereja, sebuah kegiatan rutin yang sudah ia jalani selama puluhan tahun. Wah, luar biasa. Ketika orang berpikir bahwa dunia hiburan bergelimang dosa dan kesesatan, ternyata orang-orang yang masih aktif sebagai pelayan Tuhan pun tetap ada disana. Bukan hanya musisi senior ini saja, tapi ada banyak lagi, bahkan diantaranya musisi yang saat ini tengah berada di puncak ketenaran, mereka masih tetap menyediakan waktu untuk melayani.

Ada kalanya kita harus masuk ke lingkungan yang baru yang secara umum tidak mendukung pertumbuhan iman. Bisa jadi disana pergumulan akan banyak kita alami, mungkin kita bisa merasa terasing. Tapi seburuk-buruknya sebuah lingkungan, tetap saja akan ada orang-orang percaya yang hidup benar berada disana. Mungkin jumlahnya tidak banyak, tetapi akan selalu ada sahabat-sahabat seiman untuk sharing dan saling menguatkan dimanapun kita ditempatkan. No matter what, how and where, We're never alone, because God still has His people wherever we go.

Paulus pernah mengalami perasaan terasing seperti itu saat ia mendarat di Korintus, sebuah kota yang terletak di Yunani. Pada masa itu Korintus dikenal sebagai kota yang memiliki moral buruk dan gemar melakukan kejahatan termasuk didalamnya korupsi. Itu bukanlah tempat yang bersahabat bagi orang percaya, apalagi bagi Paulus yang memiliki panggilan untuk mewartakan Kabar Keselamatan dimanapun ia sampai. Melakukan itu di kota yang terkenal buruk akhlaknya? Salah-salah hidupnya bisa berakhir disana. Paulus merasakan hal itu. Tuhan tahu itu dan menganggap penting untuk meneguhkannya. "Pada suatu malam berfirmanlah Tuhan kepada Paulus di dalam suatu penglihatan: "Jangan takut! Teruslah memberitakan firman dan jangan diam!" (Kisah Para Rasul 18:9). Tuhan menguatkannya terlebih dahulu dan memintanya untuk terus maju. Bukan hanya menguatkan, tapi Tuhan pun memberikan alasannya. "Sebab Aku menyertai engkau dan tidak ada seorangpun yang akan menjamah dan menganiaya engkau, sebab banyak umat-Ku di kota ini." (ay 10). Kita bisa melihat bagaimana Tuhan mengingatkan Paulus bahwa meski berada disebuah kota yang tidak kondusif dan beresiko tinggi, dia tidak sendirian berada di kota itu. Bukan saja Tuhan sendiri mengingatkan bahwa Dia selalu menyertai Paulus, tetapi ada banyak umat Tuhan lainnya yang sesungguhnya berada di kota itu. Hanya saja Paulus mungkin belum bertemu atau melihat mereka, karena ia baru saja tiba disana. Oleh karena itu Paulus tidak perlu merasa was-was dan sendirian berada di sebuah kota dengan kondisi moral yang buruk karena ia akan tetap punya orang-orang yang akan terus mendukung dan menguatkannya selain tentunya Tuhan sendiri.

Dari pengalaman Paulus ini kita bisa melihat meskipun kita berada dalam sebuah kota atau lingkungan yang sama sekali asing bagi kita, meski situasinya terlihat buruk, sesungguhnya Tuhan tetap berada bersama kita, dan saudara-saudari seiman pun tetaplah ada disana. Apa yang perlu kita lakukan adalah menemukan dimana mereka berada. Kita tidak akan bisa menemukan mereka kalau kita masih bersikap eksklusif atau punya pribadi tertutup. Kita harus mau membuka diri, lalu saling dukung, saling bantu dan bekerjasama dengan mereka agar bisa tumbuh bersama. Dari sanalah kita kemudian akan mampu berbuat sesuatu bagi Kerajaan Allah dalam sebuah jaringan kerjasama yang kuat, menjadi terang dan garam yang akan memberkati orang, lingkungan, kota, bangsa atau bahkan dunia.

Jika ada diantara teman-teman yang mungkin baru pindah ke sebuah kota lain atau negara lain dan merasa kesepian disana, atau mungkin anda tengah berada di sebuah lingkungan yang sepertinya sulit, ingatlah bahwa anda tidak pernah sendiri. Hari ini Tuhan mengingatkan anda secara khusus bahwa anda sebenarnya tidaklah pernah sendirian. Selain Tuhan berdiri disamping anda, selalu ada saudara-saudari seiman yang akan anda temukan seandainya anda mau membuka diri, berkenalan dan bersahabat dengan mereka. Sekalipun jika anda pindah ke sebuah lokasi baru dan sulit menemukan cabang dari gereja anda sebelumnya atau minimal yang sejenis, ingatlah bahwa di dalam Kristus kita semua bersaudara, terlepas dari denominasi apa yang anda anggap mampu mendukung pertumbuhan iman anda hingga kini. Tidak ada yang kebetulan bahwa kita ditempatkan Tuhan pada sebuah tempat tertentu dimana kita berada hari ini, dan untuk itu Tuhan pun sudah merencanakan segalanya dengan sangat baik, termasuk di dalamnya menempatkan saudara-saudari seiman yang akan bisa saling berbagi, mengingatkan dan menguatkan di tempat yang sama. Kita tidak pernah direncanakan Tuhan sebagai mahluk individual yang anti-sosial, Tuhan justru menginginkan kita untuk menjadi orang-orang yang mau menjalin pertemanan atau persaudaraan dengan siapapun tanpa terkecuali. Jika anda baru saja pindah atau memasuki dunia yang sama sekali asing bagi anda, pergunakan waktu-waktu yang ada untuk berkenalan dengan banyak orang. Temukanlah umat Tuhan lainnya dan bertumbuhlah bersama. Jangan khawatir, apalagi takut, karena Tuhan sudah berkata "Jangan takut...sebab banyak umatKu di kota ini."

Temukan umat Tuhan lainnya dan bertumbuhlah bersama-sama

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker