Friday, May 9, 2008

Ada Untuk Dikasihi

webmaster | 1:19:00 AM |
Ayat bacaan: Kejadian 2:22
==========================
"Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu."

Ada satu teman saya yang bekerja di LSM, mengurus masalah kekerasan terhadap perempuan. Ketika saya menanyakan seperti apa gambarannya, saya mendapatkan jawaban mengejutkan. Dia mengatakan setiap bulannya lebih dari 100 pengaduan hadir disana. Saya pun teringat sebuah artikel di koran kompas sekian bulan yang lalu. Dalam rentang 6 bulan kalau tidak salah di Jawa Tengah, ada sekitar 500 kasus kekerasan terhadap perempuan. Apakah itu perkosaan, pemukulan atau kekerasan dalam rumah tangga, bentuk2 pelecehan seksual, pelanggaran hak2 asasi, hingga kasus poligami. Itu baru yang melapor. Gimana yang tidak berani melapor? bisa jadi jumlah diatas harus dikali dua atau tiga.

Yang ironis, di banyak daerah, peraturan2 atau kebijakan2 yang dikeluarkan dalam bentuk perda malah semakin membatasi ruang gerak wanita. Betapa rentannya posisi wanita terhadap berbagai bentuk kekerasan baik secara fisik, seksual maupun psikologis. Kenapa bisa demikian? Pola pikir yang menganggap wanita lebih rendah dari pria, adalah salah satu faktor terbesar penyumbangnya. Kita sudah terlalu sering mendengar kalimat2 melecehkan seperti "ah, kamu perempuan, bisa apa?" , "oh, perempuan toh.. nggak heran.." dan lain2.
Tuhan tidak menciptakan wanita sebagai sebuah ciptaan dibawah ciptaan yang lain. Tuhan tidak menciptakan wanita sebagai sosok untuk disakiti, jadi tempat pelampiasan. Tuhan tidak menciptakan wanita sebagai figur yang harus dibatasi gerak geriknya, dikurung dan sebagainya. Tidak, tidak, tidak. Tuhan menciptakan wanita untuk saling melengkapi. Sebuah keputusan yang begitu indah..

Teman2, wanita tidak diciptakan dari tulang kepala, agar mereka tidak menguasai pria, tidak juga diciptakan dari tulang kaki, agar boleh diinjak2 pria, tapi wanita diciptakan dari tulang rusuk, yang posisinya dekat dengan hati, agar mereka dikasihi. Posisi tulang rusuk di bagian badan pun menunjukkan sebuah posisi setara dan sejajar. Dan lihatlah, berapa banyak organ2 penting di tubuh manusia ini dilindungi oleh tulang rusuk. Begitu pula halnya dengan wanita, mereka dapat menjadi penolong dalam keluarga, dan melindungi anak2nya dari perusakan moral akibat pergaulan disekitar mereka.
Wanita dan pria punya kedudukan yang sama dihadapan Tuhan. Seperti itu pula lah perilaku kita. Jadikan wanita sebagai mitra hidup setara, yang dikasihi, dihormati, baik dengan perkataan maupun perbuatan.

Saling menghargai, saling mengasihi, dan hidup setara berdampingan.

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker