Friday, December 22, 2017

Mengenali Strategi Lawan (3)

webmaster | 8:00:00 AM |
(sambungan)

Apa yang harus kita perhatikan dengan sepenuhnya sudah disampaikan pada kita. Kalau mau punya roh kuat, kita harus berusaha untuk sepenuhnya hidup dalam Roh dan bukan menuruti keinginan daging seperti yang dinyatakan dengan jelas dalam Roma 8:1-17. Mengapa? "Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera." (Roma 8:6). Sepintas keinginan-keinginan daging memang terlihat menggoda, penuh dengan kesenangan dan kenikmatan yang bisa sangat memuaskan daging. Tapi berhati-hatilah karena semua itu bisa melahirkan dosa berujung maut. "Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup." (ay 13). Kita bisa melihat pula bagaimana perbedaan atau perbandingan hidup menurut daging dan Roh dalam Galatia 5:16-26.

Mengenai roh dan daging juga diingatkan oleh Yesus sendiri. Dia sudah memberi peringatan dengan tegas agar kita mewaspadai benar-benar keinginan-keinginan yang berasal dari daging ini. "Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah." (Matius 26:41).

Yesus mengatakan kita harus berhati-hati karena sementara roh itu penurut, daging sebenarnya sangat lemah atau rentan terhadap godaan. Terlebih karena keinginan daging justru bisa memikat kita lebih daripada roh. Pada saat roh kita kalah dibandingkan daging, maka berbagai hal jahat pun berpotensi menghancurkan kita. Disaat seperti itu roh kita tidak akan bisa memfungsikan dirinya sebagai pelita Allah, dan saat tidak ada pelita membawa terang Allah, maka hati kita pun tidak akan bisa kita pastikan bebas dari kecemaran. Itu jelas berbahaya.

Selanjutnya, bagaimana caranya agar kita mampu mengatasi godaan-godaan dari kedagingan ini? Tuhan Yesus sudah mengatakan caranya pada ayat tadi. Berjaga-jaga, dan berdoa. Itu akan mencegah masuknya berbagai bentuk dosa lewat kelemahan daging kita. Alangkah sayangnya kalau kita yang sudah memulai kehidupan baru dalam Roh kemudian semuanya sia-sia karena kita gagal menjaga kedagingan kita dari berbagai serangan.

Jangan hanya serius pada satu hal tapi mengabaikan yang lain, jangan cuma rajin berdoa tapi lengah berjaga-jaga. Sebaliknya jangan pula tekun berjaga-jaga tapi jarang berdoa. Bukan salah satu tetapi dilakukan bersama-sama, beriringan dan simultan. Berjaga-jaga, berdoa. Berdoa, berjaga-jaga. Itulah kunci utama agar kita tidak menyerah kepada jebakan si jahat yang seringkali masuk melalui berbagai keinginan daging kita yang lemah.

Marilah hal ini kita sikapi serius. Mulailah sejak awal membentengi diri kita dengan baik agar hari demi hari bisa kita lalui penuh kemenangan bersama Tuhan. Jangan lewatkan saat-saat teduh dimana kita bisa membangun hubungan yang terus lebih dalam dengan Tuhan. Jangan berhenti untuk terus membekali diri kita dengan Firman Tuhan yang hidup. Jangan menghindar tapi tetaplah biasakan diri untuk bersekutu bersama saudara-saudari seiman yang bisa saling menguatkan satu sama lain. Dan tetap libatkan Tuhan dalam apapun yang anda lakukan.

Perhatikan agar jangan sampai kedagingan yang berkuasa atas diri kita, bukan roh. Kenali strategi iblis, kenali titik-titik lemah kita agar kita tidak berakhir sebagai santapan empuk dan lahan bermain iblis untuk melakukan kerusakan atas semua yang sudah kita bangun yang berasal dari kasih karunia Tuhan. Jika anda berperang dan ingin menang, sudahkah anda tahu strategi yang tepat?

"Hence the saying: If you know the enemy and you know yourself, your victory will not stand in doubt; if you know Heaven and you know Earth, you may make your victory complete." - Sun Tzu

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Prayer Request

Community

Stats

eXTReMe Tracker