Thursday, May 14, 2015

Listen

webmaster | 10:00:00 PM |
Ayat bacaan: Filipi 2:3
===================
"dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri;"

Semua orang punya kebutuhan untuk berbicara tapi juga punya kebutuhan untuk didengarkan. Bagi sebagian orang kebutuhan untuk didengarkan bisa jadi lebih penting, begitu pentingnya sehingga mereka bisa merasakan kasih saat ada yang mendengarkan mereka. Ada banyak kehancuran rumah tangga berawal dari hal yang mungkin menurut kita hanya sepele. Suami yang terlalu lelah langsung tertidur dan tidak memiliki waktu lagi untuk mendengar istrinya, itu terdengar sepele saja kan? Tetapi lama kelamaan ini bisa menjadi sebuah awal dari kehancuran, apalagi kalau sang istri ternyata memiliki bahasa kasih berbentuk keinginan untuk didengarkan suaminya. Begitu juga sebaliknya, ada suami yang ingin istrinya mendengar ceritanya ketika bekerja, apa pencapaian-pencapaiannya dan ia ingin istrinya bangga terhadap usaha gigihnya. Dan bayangkanlah kalau istrinya ternyata kurang peka dan tidak mau pusing-pusing mendengar cerita tentang pekerjaan suami yang mungkin sama sekali tidak ia pahami. Di sisi lain ada banyak pula hubungan yang hancur akibat kata-kata yang keluar tidak dikawal dengan hati-hati. Sepintas saja kata kasar keluar karena kita sedang emosi, sesaat lagi kita sudah lupa. Itu bisa menjadi luka dalam yang bekasnya tetap ada, yang pada suatu ketika bisa menjadi titik awal kehancuran.

Apa kata Alkitab akan hal ini? Ada banyak yang terkait yang perlu kita ketahui. Pertama, Alkitab mengatakan bahwa memperhatikan kepentingan orang lain jauh lebih penting ketimbang mencari kepentingan diri sendiri. Demikian pula halnya dalam berkata-kata. Alkitab mengajarkan kita untuk benar-benar memperhatikan setiap kata yang kita keluarkan dengan hati-hati. Jangan sampai "dari mulut yang satu keluar berkat dan kutuk." (Yakobus 3:10). Dan ini dikatakan Yakobus tidak boleh sampai terjadi. Dan memang, Tuhan sudah memberi peringatan bahwa segala kata yang keluar dari kita harus kita pertanggungjawabkan kelak di hari penghakiman. "Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap kata sia-sia yang diucapkan orang harus dipertanggungjawabkannya pada hari penghakiman." (Matius 12:36). Dalam banyak kesempatan Alkitab mengingatkan kita untuk menyaring setiap kata yang keluar. Apa yang seharusnya kita ucapkan dan apa yang seharusnya kita hindarkan. Menjaga mulut agar tetap mengeluarkan berkat dan jangan sampai mengatakan kutuk. Mari kita lihat beberapa diantaranya:

- Kita harus memberi Allah nyanyian, puji-pujian dan ucapan syukur dengan mulut kita (Mazmur 100:4)
- Tuhan ingin kita menyebut namaNya dengan hormat tertinggi (Keluaran 20:7)
- Lemah lembutlah dalam menghadapi orang marah (Amsal 15:1)
- Perhatikan baik apa yang keluar dari mulut kita, apakah pengetahuan atau malah mengekspos kebodohan sendiri (ay 2)
- Hindari kata kotor, pakai mulut untuk membangun dan memberkati orang lain (Efesus 4:29) dan ucapkanlah syukur (5:4)
- jangan menipu, tetapi katakanlah kebenaran (Keluaran 20:16)
- katakan yang manis, sedap didengar, berisi kebajikan dan jangan menahan pujian (Filipi 4:8)

Ini baru secuil dari hal-hal yang seharusnya kita perhatikan dalam berkata-kata. Sesungguhnya menjaga kata yang keluar dari mulut kita sungguh merupakan sesuatu yang penting untuk kita awasi. Yakobus mengatakan bahwa perkataan kita bisa seperti kemudi sebuah kapal atau bahkan percikan api yang bisa memicu kebakaran hutan yang besar dan membawa kehancuran serius.

"Sebab kita semua bersalah dalam banyak hal; barangsiapa tidak bersalah dalam perkataannya, ia adalah orang sempurna, yang dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya. Kita mengenakan kekang pada mulut kuda, sehingga ia menuruti kehendak kita, dengan jalan demikian kita dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya. Dan lihat saja kapal-kapal, walaupun amat besar dan digerakkan oleh angin keras, namun dapat dikendalikan oleh kemudi yang amat kecil menurut kehendak jurumudi. Demikian juga lidah, walaupun suatu anggota kecil dari tubuh, namun dapat memegahkan perkara-perkara yang besar. Lihatlah, betapapun kecilnya api, ia dapat membakar hutan yang besar. Lidahpun adalah api; ia merupakan suatu dunia kejahatan dan mengambil tempat di antara anggota-anggota tubuh kita sebagai sesuatu yang dapat menodai seluruh tubuh dan menyalakan roda kehidupan kita, sedang ia sendiri dinyalakan oleh api neraka. Semua jenis binatang liar, burung-burung, serta binatang-binatang menjalar dan binatang-binatang laut dapat dijinakkan dan telah dijinakkan oleh sifat manusia, tetapi tidak seorangpun yang berkuasa menjinakkan lidah; ia adalah sesuatu yang buas, yang tak terkuasai, dan penuh racun yang mematikan. Dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita; dan dengan lidah kita mengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa Allah, dari mulut yang satu keluar berkat dan kutuk. Hal ini, saudara-saudaraku, tidak boleh demikian terjadi." (Yakobus 3:2-10).

Jelas, menjaga perkataan merupakan sebuah kerja keras yang sama sekali tidak ringan dan kita diminta untuk serius dalam menyikapinya. Terlalu cepat berkata-kata sama sekali tidak dianjurkan oleh Alkitab. Lihatlah apa yang dikatakan Yakobus berikut: "Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah." (1:19). Artinya, ketimbang mementingkan kebutuhan untuk berbicara, kita justru harus menekankan kesediaan kita untuk mendengar.

Dalam suratnya kepada jemaat Filipi Paulus menekankan bahwa kita harus lebih mementingkan orang lain ketimbang diri sendiri, "dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri; dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tetapi kepentingan orang lain juga." (Filipi 2:3-4). Sebuah rasio seberapa banyak kita mendengarkan dan berapa banyak kita berbicara bahkan bisa menjadi sebuah barometer yang cukup efektif untuk menunjukkan sejauh mana kita sudah benar-benar peduli terhadap kepentingan orang lain.

Apakah ini artinya kita tidak punya hak untuk mengungkapkan isi hati kita? Tentu saja tidak. Kita tetap punya hak untuk itu, tetapi jagalah baik-baik agar jangan sampai kata-kata yang kita keluarkan hanya berisi hal yang sia-sia, apalagi kalau sampai mengganggu atau merusak orang lain. Itu semua harus kita pertanggungjawabkan kelak pada hari penghakiman. Ketika Alkitab berkata jika kita memberi maka kita akan menerima lebih banyak, itu pun berlaku dalam hal memberi telinga kita untuk mendengar. Jika kita memberikan telinga kita untuk mendengarkan orang lain dengan keikhlasan, hati orang pun akan tertarik untuk mengenal kebenaran yang tertanam di jiwa kita lebih lagi.

Perhatikan baik-baik apa yang keluar dari mulut kita, hindari kutuk, ucapkan syukur dan berkat

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker