Friday, December 1, 2023

Menjaga Mata (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 Ayat bacaan: Amsal 27:20
========================
"Dunia orang mati dan kebinasaan tak akan puas, demikianlah mata manusia tak akan puas."


Kapan kita makan? Normalnya, kita akan makan saat lapar, atau buat yang makannya teratur biasanya akan makan pada waktunya, meski sudah lapar atau belum. Nah mengenai lapar, ada psikolog yang membagi rasa lapar atas dua kategori: physical hunger dan emotional hunger. Kalau physical hunger jelas, makan karena kebutuhan jasmani, tapi emotional hunger itu seperti sebuah lapar 'palsu' yang bukan dari kebutuhan melainkan akibat pandangan mata.

Kalau orang kita biasanya menyebutnya juga dengan istilah 'lapar mata'. Misalnya karena kepingin saat melihat makanan yang menarik dari bentuk penyajian, melihat makanan terhidang, lewat iklan dan lain-lain. Mereka jadi ingin makan padahal sedang tidak lapar.  Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa 34 persen orang mengalami masalah dengan berat badannya berawal dari lemahnya mereka mengatasi lapar mata. Jadi kalau lapar mata dituruti, kita bisa dapat masalah dengan kondisi kesehatan kita. Dan pastinya, lapar mata ini akan membuat kita harus keluar uang untuk hal-hal yang sebenarnya sedang tidak terlalu kita butuhkan.

Mata, itu adalah panca indra penting buat kita. Bukan saja agar bisa berfungsi baik tapi kita pun ingin memiliki mata yang indah dan bagus. Dan untuk itu, orang rela keluar dana bahkan puluhan juta rupiah. Saat mata kita mulai punya masalah, kita harus mencari solusinya misalnya dengan memakai kacamata, contact lense, atau cara-cara lain seperti memakai laser misalnya. Semua itu agar kita bisa kembali mendapatkan fungsi mata secara optimal. Bisa kembali membaca, mengemudi, melihat jauh-dekat dan sebagainya. Bagi yang pernah atau sedang jatuh cinta, anda pun pasti mengalami saat anda tertarik pada seseorang. Alam yang indah beserta isinya pun kita nikmati lewat mata. Mata punya begitu banyak fungsi, sehingga siapapun kita pasti ingin memiliki mata yang bagus dan berfungsi baik.

Tapi jangan lupa pula bahwa lewat mata pula bisa ada banyak masalah yang bisa muncul. Lapar mata mungkin menjadi contoh yang tidak terlalu membawa resiko serius. Diluar itu, sebenarnya ada banyak jebakan dosa bisa menyelinap masuk lewat mata  lalu menghancurkan kita. Bayangkan kalau kita menginginkan sesuatu yang lebih dari sekedar makanan, yaitu menginginkan yang bukan milik kita. Bukankah itu bisa mendatangkan masalah besar dalam hidup kita?

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker