Sunday, December 3, 2023

Menjaga Mata (3)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)


Sejauh mana sebenarnya sebuah perbuatan itu dianggap zinah? Banyak yang menganggap bahwa zinah terjadi saat ada persetubuhan dengan lawan jenis yang bukan pasangan resmi. Tapi dari apa yang dikatakan Yesus kita jadi tahu bahwa  apabila kita melihat dan menginginkannya saja sekalipun, itu sudah dianggap sebagai sebuah zinah. Memandang atau melihat, itu pasti menggunakan mata. Dari melihat, kemudian menginginkan, kemudian berbagai kejahatan bisa muncul dari sana.

Ada kisah lain yang bisa kita lihat yaitu dari kitab 1 Raja Raja 21. Disana ada kisah raja Ahab yang menginginkan kebun anggur milik Nabot. Waktu Nabot menolak karena kebun itu merupakan harta pusaka nenek moyang, raja Ahab pun termakan godaan istrinya Izebel untuk membunuh Nabot. Akibatnya pun cukup fatal. Apa yang dilakukan Ahab dikatakan sebagai sebuah hal yang jahat di mata Tuhan. (1 Raja Raja 21:25). Selain urusan zinah, keinginan mata bisa membuat kita serakah ingin menguasai harta orang lain. Ini pun bisa menjadi contoh bagaimana mata yang tidak dijaga dengan baik bisa melahirkan keinginan-keinginan yang jahat seperti halnya contoh dari Daud sebelumnya.

Ayat 1 Yohanes 2:15-16 berkata: "Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu. Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia." (1 Yohanes 2:15-16). Yohanes mengingatkan bahwa apabila kita mencintai dunia maka tidak ada kasih Bapa dalam diri kita. Mengapa? Karena hal-hal yang ada dalam dunia seperti keinginan daging, keinginan mata dan keangkuhan hidup sesungguhnya bukan berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.

Jadi kalau kita masih dikuasai oleh ketiga hal ini: keinginan daging, keinginan mata dan keangkuhan hidup, maka itu artinya hidup kita belumlah berakar pada kasih Bapa melainkan kepada cinta dunia. Ayat ini memberi sebuah  tolok ukur apakah kita sudah hidup dalam kasih Allah atau masih berpusat pada dunia dan segala hal buruk yang ditawarkannya.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker