Monday, December 18, 2023

Prioritas (13)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Ada salah satu model priority setting yang saya anggap sangat baik untuk diterapkan. Cara set up prioritas ini diajarkan oleh mantan presiden ke 34 Amerika Serikat yang menjabat dari tahun 1953 hingga 1961, Dwight D. Eisenhower, dan ia mengaku mendapatkan itu dari seorang teman saat masa kuliah.

Priority setting ini dikenal dengan nama 'The Eisenhower Decision Matrix'. Berikut adalah gambaran bagannya:





Perhatikanlah gambar di atas. Secara umum skala prioritas ia bagi dua, yaitu Urgent dan Important. Mendesak dan Penting. Lalu ia menempatkan kotak-kotak disana masing-masing berisi satu D, yaitu Do, Decide, Delegate, Delete. Lakukan, Putuskan, Wakilkan, Abaikan (Hapus). Dan taruhlah masing-masing agenda kita di kotak-kotak tersebut.

Jika sebuah agenda kita ada di persilangan antara Mendesak dan Penting (Urgent and Important), itu artinya 'Do', alias lakukan segera, sekarang juga, jangan tunda lagi lebih lama. Jika ada di kotak Penting tapi tidak Mendesak, maka lakukan scheduling untuk mengerjakan atau melakukannya.

Selanjutnya, apabila agenda itu ada di kotak Mendesak tapi Tidak Penting, itu artinya bisa kita delegasikan. Pikirkan dan cari siapa yang kira-kira kita anggap bisa melakukan hal itu mewakili kita. Dan, kalau agenda itu jatuh pada kotak Tidak Penting dan Tidak Mendesak, itu bisa kita abaikan saja, hapus dari agenda alias Delete.

Seringkali kekacauan atau kegagalan kita bukan bersumber dari ketidakmampuan kita mengerjakan atau melakukannya, tetapi bersumber dari kegagalan kita menyusun skala prioritas.

(bersambung)


No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker