Saturday, December 2, 2023

Menjaga Mata (2)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Salah satu contoh atau bukti tentang bahayanya keinginan mata bisa kita lihat lewat kisah hidup Daud. Kalau kita mengikuti perjalanan hidupnya sejak muda, kurang terbukti apa lagi iman Daud? Kita bisa melihat bagaimana ia terus tegar dan percaya penuh pada Tuhan dalam menghadapi setiap kesulitan dalam hidupnya. Sejak kecil ia menghalau binatang-binatang buas yang hendak memangsa ternak yang ia gembalakan karena ia percaya ada Tuhan Pada usia muda ia berani tampil di depan menghadapi Goliat dengan gagah berani dan menang karena mengandalkan Tuhan. Dalam masa-masa sulit saat hendak dibunuh Saul, ia kembali menunjukkan kekuatan otot imannya, begitu juga saat ia harus menghadapi realita saat anaknya sendiri melakukan makar. Ia membuktikan sendiri bagaimana imannya bekerja melewati masalah demi masalah.

Sayangnya, dalam catatan hidupnya terdapat  sebuah kisah kelam, dan itu ternyata berawal  dari mata.

Tragedi ini dimulai dari mata yang ia pakai untuk mengintip Batsyeba mandi. Dari sana, Daud terus terperosok pada dosa yang terus meningkat eskalasinya. Ia melakukan perbuatan zinah sampai merancang pembunuhan secara tidak langsung dengan cara licik. Semua itu diawali dari mata yang tidak terjaga.

Dosa-dosa perselingkuhan dan zinah sering berawal dari ketidakmampuan mengendalikan mata.Orang sehebat Daud pun bisa terkena hal ini, dan ini pun bisa menjadi sebuah awal untuk datangnya serangkaian perbuatan dosa lainnya. Jangan bermain api kalau tidak mau terbakar, hati-hati bermain air karena bisa hanyut. Kita harus terus waspada dan selalu berusaha untuk tidak memberi kesempatan apapun terhadap masuknya dosa.

Sangat menarik jika kita melihat apa yang dikatakan Yesus berikut ini: "Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya." (Matius 5:27-28).

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker