Tuesday, December 5, 2023

Menjaga Mata (5)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)


Mata sangat bermanfaat dalam hidup. Saya yakin tidak satupun dari kita yang merasa tidak membutuhkan mata. Mata akan sangat berguna bagi kita untuk bekerja, beraktifitas dan berkarya. Mata membuat kita mampu melihat segala keindahan ciptaan Tuhan dalam berbagai bentuk, model dan warna. Tapi kita harus sadar bahwa tidak semua yang diinginkan mata atau yang bisa dilihat oleh mata mendatangkan manfaat bagi kita, bahkan bisa menjebak kita untuk tidak lagi hidup menuruti kehendak Allah. Ada banyak penyesatan yang kemudian berujung kehancuran berawal dari mata yang tidak terjaga, seperti yang dialami oleh Daud dan raja Ahab.

Jadi jelas bahwa mata perlu kita awasi baik-baik dan ditundukkan dalam hukum Roh. Mata harus kita jaga dengan sepenuh hati karena bisa menjadi pintu masuk atau celah untuk menggagalkan kita untuk hidup seturut kehendakNya. Seperti halnya kita perlu menjaga hati, demikian pula kita pun perlu menjaga mata. Bukan saja menjaga atau merawatnya agar tetap bisa berfungsi dengan baik, tapi kita pun perlu menjaga penggunaannya secara baik.

Jika keinginan mata mulai menggoda, kita bisa belajar dari cara yang dilakukan Pemazmur "Lalukanlah mataku dari pada melihat hal yang hampa, hidupkanlah aku dengan jalan-jalan yang Kautunjukkan!" (Mazmur 119:37)

Dengan mengetahui bahwa serangan seringkali masuk lewat mata, marilah kita selalu menjaga mata kita dari berbagai keinginan-keinginan yang sifatnya duniawi agar kita tidak tersandung ke dalam jebakan dosa lalu turut tenggelam bersama dunia yang sedang lenyap bersama keinginan-keinginannya, tapi bisa tetap hidup selama-lamanya dengan melakukan kehendak Allah. Jangan pernah abaikan fakta bahwa mata yang tidak dijaga dengan baik dan benar bisa membutakan hati untuk menginginkan banyak hal yang jahat dan berujung pada kerugian diri kita sendiri.

Pergunakan mata sesuai fungsinya untuk hal-hal yang baik dan benar


No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker