Friday, September 9, 2016

Hal-hal yang Mencemari Kekudusan (1)

webmaster | 8:00:00 AM |
Ayat bacaan: Imamat 19:2
===================
"Berbicaralah kepada segenap jemaah Israel dan katakan kepada mereka: Kuduslah kamu, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, kudus."

Kalau ditanya, rasanya semua orang ingin kudus. Tapi dalam perjalanan kita di dunia sehari-hari, ada banyak hal yang merintangi kita untuk bisa menjadi kudus. Itu sama saja dengan alergi yang diderita banyak orang. Tidak ada orang yang ingin kena alergi, tapi orang bisa alergi terhadap macam-macam hal yang berbeda. Misalnya alergi seafood. Bagi yang menderita alergi makanan laut, saat memakannya mereka akan gatal dan bentol di sekujur tubuhnya. Ada yang alergi bulu hewan, ada pula yang alergi terhadap sengatan lebah.

Apa yang dimaksud dengan alergi adalah sebuah reaksi 'lebih' yang terjadi dalam tubuh akibat adanya kontak terhadap substansi tertentu. Substansi penyebabnya sangatlah beragam. Beberapa yang saya sebutkan tadi hanyalah sedikit dari jenis-jenis yang ada. Pintu masuknya pun banyak. Ada yang lewat kontak langsung ke kulit seperti kosmetik, logam seperti besi pada perhiasan/jam tangan dan lain-lain, bisa lewat serbuk tanaman atau jenis rerumputan tertentu, sengatan serangga/hewan, bulu hewan seperti anjing dan kucing, zat tambahan pada makanan seperti penyedap masakan, pewarna atau pengawet dan sebagainya. Tidak ada orang yang mau mengalami masalah atas alergi yang mereka punya. Kalau tidak mau menderita, tentu kita harus tahu apa yang bisa membuat kita alergi lalu menghindarinya agar kita tidak mengalami masalah baik yang mengganggu, membuat kita menderita atau bahkan bisa sampai mendatangkan bahaya.

Dalam kitab Imamat ada sebuah ayat yang berkata: "Berbicaralah kepada segenap jemaah Israel dan katakan kepada mereka: Kuduslah kamu, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, kudus." (Imamat 19:2). Yang menjadi pokok dari kitab Imamat adalah kesucian Tuhan dan bagaimana manusia seharusnya hidup dan beribadah agar hubungan baik dengan Tuhan tidak terganggu. Ayat ini kembali dikutip dalam 1 Petrus 1:16, "sebab ada tertulis: Kuduslah kamu, sebab Aku kudus." Kekudusan bukanlah sebuah anjuran melainkan sebuah keharusan bagi orang percaya. Kalau kita tidak kudus, kita tentu tidak bisa berhubungan dengan Tuhan sebab Dia kudus. Ketidak-kudusan pun akan menghambat kita bertumbuh dalam iman dan dengan sendirinya menghalangi kita untuk menerima keselamatan yang kekal. Oleh karena itu kekudusan merupakan sesuatu hal mutlak yang tidak bisa ditawar.

Alergi biasanya berpengaruh terhadap tubuh secara fisik dan bisa menimbulkan masalah. Dalam menjaga kekudusan, kita pun seharusnya menghindari hal-hal yang bisa mendatangkan 'alergi', yang bisa membahayakan kesehatan rohani kita. Kita harus sadar bahwa dalam hidup ini ada bahaya-bahaya yang bisa meracuni atau mencemarkan kita, sehingga kekudusan bisa hilang dari hidup kita.

Kalau begitu, apa saja jenis ancaman yang harus kita jauhi agar kita bisa tetap kudus alias yang bisa mencemari kekudusan kita? Mari kita lihat beberapa diantaranya.

(bersambung)


No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Prayer Request

Community

Stats

eXTReMe Tracker