Saturday, September 8, 2012

Berbagi Kesaksian

webmaster | 10:00:00 PM |
Ayat bacaan: Markus 5:19
========================
"Yesus tidak memperkenankannya, tetapi Ia berkata kepada orang itu: "Pulanglah ke rumahmu, kepada orang-orang sekampungmu, dan beritahukanlah kepada mereka segala sesuatu yang telah diperbuat oleh Tuhan atasmu dan bagaimana Ia telah mengasihani engkau!"

Bagi saya, membagi kisah dan pengalaman hidup kepada murid-murid saya itu penting. mengapa? Karena apabila saya hanya mengajar sesuatu yang teoritis saja, itu tidak akan mampu berbuat banyak dalam memotivasi seseorang. Berbagi pengalaman hidup akan jauh lebih bermanfaat sebagai sarana motivasi karena itu merupakan kisah nyata dari pengalaman pribadi yang membagikannya. Tidak saja keberhasilan, tapi kegagalan yang pernah saya alami pun sering saya bagikan kepada mereka, agar mereka tidak perlu mengalami hal yang sama. Yang juga sering terjadi, ada banyak jawaban atas berbagai bentuk permasalahan dalam firman Tuhan. Dan itupun saya sampaikan, meski tanpa menyebut ayatnya. Yang pasti ajaran Alkitab yang mengandung kebenaran memang sangat aplikatif dan dari pengalaman saya selalu membuat orang-orang yang belum pernah mendengarnya terpukau. Bagi sesama orang percaya, saya pun sering menyampaikan banyak kesaksian tentang perbuatan-perbuatan luar biasa Tuhan yang pernah saya alami sendiri atau setidaknya saya lihat dengan mata kepala sendiri. Atau ketika dahulu saya pernah berbuat salah dan menerima konsekuensinya, itu pun saya bagikan semata-mata agar mereka tidak perlu mengalami hal yang sama seperti itu.

Sebuah kesaksian nyata akan keajaiban perbuatan Tuhan dalam hidup manusia akan mampu berbicara banyak mengenai kebaikan Tuhan. Sebuah kesaksian yang paling sederhana sekalipun malah bisa lebih efektif ketimbang mengkotbahi orang panjang lebar tanpa disertai contoh nyata. Manusia biasanya akan lebih mudah menangkap pengajaran lewat ilustrasi dari sebuah kehidupan nyata ketimbang hanya disuruh menelan bulat-bulat segala sesuatu yang sifatnya teoritis saja. Kita akan lebih mudah mencerna dan akan lebih mudah pula menerapkannya. Ada banyak peneliti yang sudah pernah melakukan observasi mengenai hal ini, dan mereka akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa sebuah pengalaman pribadi yang dibagikan akan memiliki kekuatan tersendiri untuk menggerakkan seseorang. Itu termasuk dalam hal-hal kerohanian. Ada waktu-waktu dimana kita butuh mendengar berbagai kesaksian dari orang-orang yang mengalami mukjizat untuk menguatkan kita di saat kita goyah. Ada begitu banyak janji Tuhan yang diberikan dalam Alkitab, dan ketika kita tengah mengalami masalah seringkali kita terasa jauh dari berbagai janji itu. Itulah sebabnya berbagai kesaksian biasanya mampu menguatkan kita dan memulihkan iman kita untuk kembali dipenuhi pengharapan yang kokoh terhadap janji Tuhan.

Tuhan Yesus menyadari betul kekuatan dari sebuah kesaksian. Kepada murid-muridNya Dia menyampaikan sebuah pesan terakhir sebelum terangkat naik kembali ke tahtaNya di surga. "Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi." (Kisah Para Rasul 1:8). Bagi kita diberikan sebuah tugas yang sama sekali tidak mudah. Kita diminta bertindak menjadi saksi Kristus baik di Yerusalem (di lingkungan tempat tinggal atau pekerjaan), Yudea (di kota dimana kita tinggal), Samaria (menjangkau saudara-saudara kita yang belum mengenal Kristus) bahkan hingga ke seluruh bumi. Kita tidak harus menjadi pendeta untuk bersaksi, kita tidak harus berkotbah panjang lebar di jalan-jalan untuk menjalankan tugas ini. Kita bisa melakukan itu dengan memberi kesaksian bagaimana campur tangan Tuhan dalam kehidupan kita membuat perbedaan. Tapi kita juga harus hidup sesuai Firman Tuhan terlebih dahulu untuk bisa mengalami pemenuhan janji-janji Tuhan secara luar biasa. Jika kita tidak mengalaminya langsung, bagaimana kita bisa memberi sebuah kesaksian?

Ada sebuah kisah mencatat bagaimana pentingnya memberi kesaksian itu di mata Yesus. Kita bisa melihatnya dalam perikop yang berjudul "Yesus mengusir roh jahat dari orang Gerasa" (Markus 5:1-20). Disana diceritakan bagaimana Yesus mengusir orang yang tengah dirasuk roh jahat yang keluar dari area pekuburan. Begitu banyaknya roh jahat yang masuk ke dalam orang Gerasa itu, dikatakan sebagai sebuah legiun, hingga tidak ada satupun orang yang sanggup melepaskannya. Bahkan rantai sekalipun tidak mampu menahannya. Adalah Yesus yang akhirnya sanggup melepaskan orang Gerasa itu. Untuk mengungkapkan rasa syukurnya, si orang itu pun kemudian meminta agar ia diperkenankan mengikuti Yesus kemanapun Dia pergi. Lalu apa kata Yesus? "Yesus tidak memperkenankannya, tetapi Ia berkata kepada orang itu: "Pulanglah ke rumahmu, kepada orang-orang sekampungmu, dan beritahukanlah kepada mereka segala sesuatu yang telah diperbuat oleh Tuhan atasmu dan bagaimana Ia telah mengasihani engkau!" (Markus 5:19). Yesus memintanya untuk kembali ke kampungnya, lalu bersaksi disana. Orang Gerasa yang disembuhkan itu pun menurut. "Orang itupun pergilah dan mulai memberitakan di daerah Dekapolis segala apa yang telah diperbuat Yesus atas dirinya dan mereka semua menjadi heran." (ay 20). Apa yang ia alami adalah sebuah pengalaman luar biasa mengenai bagaimana besarnya belas kasihan Tuhan yang turun atasnya yang mampu memulihkan keadaan yang tadinya sudah sangat buruk. Itu akan menjadi sebuah kesaksian indah yang akan mampu memberkati orang-orang lain, karena itulah Yesus kemudian memintanya untuk kembali dan menyampaikan kesaksian tentang apa yang baru saja ia alami. Area Dekapolis terdiri dari 10 kota, dan dari ayat 20 kita bisa melihat bahwa orang yang disembuhkan itu ternyata berkeliling ke 10 kota untuk menyampaikan kesaksiannya. Kita tidak tahu berapa orang yang kemudian bertobat setelah kesaksian itu, tapi saya percaya ada banyak yang diberkati lalu memutuskan untuk menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat pribadi mereka setelahnya.

Dalam Wahyu kita bisa membaca bahwa kesaksian adalah salah satu alat yang mampu membunuh iblis dan perbuatan-perbuatan jahatnya. "Dan mereka mengalahkan dia oleh darah Anak Domba, dan oleh perkataan kesaksian mereka. Karena mereka tidak mengasihi nyawa mereka sampai ke dalam maut." (Wahyu 12:11). Ini juga menggambarkan betapa pentingnya sebuah kesaksian untuk menghancurkan tipu muslihat iblis yang sangat ingin membuat lebih banyak lagi orang untuk dilemparkan ke dalam neraka yang menyala-nyala. Sebuah kesaksian tidak harus selalu berisikan mukjizat-mukjizat seperti kesembuhan sakit penyakit, pelepasan, pemulihan, berkat-berkat dan sebagainya. Sebuah kesaksian kecil mengenai bagaimana kita bisa tetap hidup tenang, damai dan penuh sukacita dalam pengharapan di kala kesesakan, bagaimana kita bisa tetap teguh dalam iman di saat sulit, itupun bisa menjadi berkat yang memberi kekuatan tersendiri bagi orang lain. Tidak ada satu orangpun yang tidak memiliki satupun kesaksian. Masalahnya adalah, maukah kita membagikannya kepada orang lain agar mereka bisa mengenal siapa Yesus sebenarnya? Bukan kemampuan kita berbicara atau ilmu  yang kita miliki yang dibutuhkan, tetapi pakailah kuasa Allah yang bekerja di dalam diri kita. Kalau begitu, maukah anda menceritakan kebaikan Tuhan yang pernah anda alami kepada orang lain?

Kesaksian sekecil apapun sanggup memberkati orang lain

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

1 comment :

melinda said...

Kesaksian sy hr ini 17 agustus 2020..ketika saya tdk memegang uang cash untuk beli susu anak...Tuhan Yesus beri mujikzat..tiba2 brng jualan sy laku...Puji Tuhan..Tuhan Yesus ajaib,baik...

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker