Friday, March 15, 2024

What Would Jesus Do? (4)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Saya sudah lama berproses menerapkan apa yang saya sebut dengan "What Would Jesus Do" dalam kehidupan sehari-hari. Apa yang saya maksud dengan What Would Jesus Do adalah saya mencoba belajar bereaksi terhadap berbagai hal dengan menempatkan reaksi saya selaras dengan apa yang kira-kira menjadi reaksi Yesus jika berhadapan dalam situasi yang sama. What would Jesus do in any given situation, so when I'm facing the same circumstances I'd react the same. Saya berusaha meneladani Yesus bukan hanya dari apa yang Dia ajarkan, dari perintah maupun laranganNya, tapi juga dari bagaimana Yesus bertindak, bereaksi maupun berinteraksi yang sesungguhnya bisa kita pelajari lewat Alkitab.

Misalnya adalah seperti ini:
- Bagaimana reaksi Yesus saat berada dalam kondisi sulit?
- Bagaimana Yesus bersikap terhadap orang-orang yang membenci atau bersikap jahat kepadaNya?
- Bagaimana Yesus membagi waktu, di satu sisi sibuk melayani tapi juga serius dalam menempatkan waktu untuk bersama Bapa?
- Ditengah situasi yang menakutkan, bagaimana reaksi Yesus menyikapinya?
- Saat segala sesuatu terlihat mustahil, apa kata Yesus?
- Dalam keadaan sedih, tertekan, down, kecewa, kesal, bagaimana Yesus bersikap?

dan seterusnya.

Saya mencoba menyelami, mempedomani dan meniru Yesus saat saya berada dalam situasi atau kondisi yang sama. Ketika iman dikatakan harus disertai perbuatan, saya rasa sudah pada tempatnya kita mempedomani sikap dan cara hidup Yesus dalam keseharian kita. Alangkah sayang apabila kita hanya belajar lewat perkataanNya tapi tidak meneladani sikap dan cara hidupNya saat Dia hadir di bumi. Apakah saya sudah sempurna dalam penerapannya? Tentu saja belum. Masih jauh. Tapi saya menganggap setiap detik hidup yang masih saya jalani merupakan bagian dari proses untuk terus menjadi semakin seperti Yesus. It's a part of a long process, that will never end until the day I leave this world.

Apakah ada ayat dalam Alkitab yang secara spesifik menyinggung akan hal ini?

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker