Thursday, March 7, 2024

Filadelfia (2)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Sangatlah ironis jika kasih hanya sampai sebatas ucapan saja namun tidak mampu menyentuh sesuatu yang faktual, riil atau nyata. Kalau pada yang kita kenal saja kita sulit menerapkan kasih secara nyata, bagaimana mungkin kita bisa menerapkannya pada orang-orang di luar sana, yang tidak kita kenal, yang tengah mengalami kesulitan, tekanan, penderitaan, apalagi kepada mereka yang anti pati atau bahkan membenci kita? Padahal kasih merupakan hukum yang terutama yang menjadi dasar utama dari kekristenan, yang secara luas harus menyentuh siapapun yang berada di sekitar kita tanpa terkecuali. Kita mengasihi Tuhan dengan segenap diri kita, kita mengalirkan kasih Tuhan kepada semua orang di sekitar kita. Tapi bagaimana mungkin itu bisa kita lakukan jika terhadap saudara-saudara seiman saja itu masih sulit untuk diwujudkan?

Masih ada begitu banyak sekat-sekat duniawi yang selalu kita sematkan kepada perorangan, golongan atau kelompok tertentu. Sama-sama percaya Yesus, tapi saling menghakimi karena beda tata cara hingga beda denominasi? Itu masih sering terjadi diantara sesama pengikut Kristus hingga hari ini. Kalau ini terus terjadi, maka mustahil kita bisa menjadi saluran kasih dan berkat Tuhan di luar sana.

Kasih persaudaraan itu sangatlah penting bagi kita. Begitu penting, sampai seruan akan hal ini sudah disampaikan sejak 2000 tahun lalu seperti yang tertulis dalam Alkitab. Dan begitu penting, sehingga pesan ini sudah menjadi perhatian untuk dicermati sejak tumbuhnya jemaat mula-mula.


Mari kita lihat kitab Ibrani. Sang Penulismembuka sebuah perikop dengan seruan "Peliharalah kasih persaudaraan!" (Ibrani 13:1). Kasih Persaudaraan, itu berasal dari kata Filadelfia. Kata Filadelfia sendiri yang merupakan gabungan dari dua kata yaitu Fhileo dan Delfho.

- Fhileo artinya kasih tulus tanpa menuntut imbalan/balasan
- Delfho yang artinya ikatan persaudaraan yang kuat

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker