Monday, July 11, 2022

Pahlawan dan Anak Panah (2)

webmaster | 9:00:00 PM |

(sambungan)

Dari ayat bacaan kali ini yaitu Mazmur 127:4 kita bisa mengetahui bahwa di mata Tuhan, kitapun sama dianggap para pahlawan apabila bisa mengarahkan anak-anak anda menuju sasaran yang benar. Tuhan menggambarkan peran anda dan saya, para orang tua dan calon orang tua seperti pahlawan yang bisa membuat anak-anak 'panah'nya terbang mencapai titik sasaran dengan tepat.

Berikutnya adalah kata pahlawan. Versi bahasa Inggrisnya berbunyi: "As arrows are in the hand of a warrior, so are the children of one's youth." Selain pahlawan, kata yang dipakai dalam bahasa Inggris adalah warrior, alias pejuang yang ahli dalam peperangan, dihormati dan gagah berani. Wow, that's what we are, parents in the eyes of God, if we listen to this verse.

Kapan sebaiknya kita mulai mengajarkan mereka dan menanamkan nilai-nilai baik ke dalam diri mereka? Apakah harus tunggu agak besar dulu? Kalau dari pengalaman saya, semakin awal semakin baik, asal kita sesuaikan porsinya dengan kemampuan nalar mereka. Saya dan istri misalnya sudah mengenalkan buku sejak anak kami masih berusia 3 bulan. Di usia setahun hal-hal sederhana sudah kami ajarkan, ia sudah lepas popok di usia dua tahun, dan di usia 3 tahun lebih saat ini ia sudah mulai belajar membaca, sudah bisa berhitung sederhana, bicara dua bahasa, hobi bernyanyi dan sangat suka memimpin doa sebelum tidur. Ia tumbuh menjadi anak yang ramah dan ceria dan penyayang hewan sama seperti papa dan mamanya. Saya percaya semua nilai-nilai baik yang kami tanamkan sejak dini akan sangat berguna bagi hidupnya ke depan, dan kami akan terus mendidiknya seiring waktu dengan sebaik yang kami mampu.

Sesungguhnya peran orang tua terhadap masa depan anaknya sangatlah krusial. Jika kita melihat ayat sebelumnya Tuhan sudah mengingatkan bahwa anak adalah milik pusaka, pemberian atau anugerah dari Tuhan (Mazmur 127:3). Karenanya, kita perlu memahami bahwa kita yang dititipkan punya tanggungjawab besar untuk mengarahkan mereka agar siap menghadapi dunia yang keras. Siapa anak-anak kita kelak akan sangat tergantung dari bagaimana kita mengarahkannya. Nanti saat mereka tumbuh dewasa, kita akan bisa melihat apakah kita sudah menjadi sosok pahlawan (warrior) seperti yang diinginkan Tuhan atau tidak.

(bersambung)


No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker