Monday, April 30, 2018

Iman Rahab (2)

webmaster | 8:00:00 AM |
(sambungan)

1. Rahab tahu rencana Tuhan, dan dia tahu tidak akan ada yang bisa menghalanginya

Rahab bilang: "Aku tahu bahwa Tuhan telah memberikan negeri ini kepada kamu dan bahwa kengerian terhadap kamu telah menghinggapi kami dan segala penduduk negeri ini gemetar menghadapi kamu." (ay 9).

Lihatlah Rahab memulai perkataannya dengan "Aku tahu". Ia tidak berkata, "Dengar-dengar sih...", "kata orang..", "sepertinya", "siapa tahu" dan sejenisnya, tapi ia tegas menggunakan kata "Aku tahu". Itu jelas menunjukkan kepercayaannya kepada Tuhan orang Israel pada masa itu. Rahab tahu:
- Apa yang jadi rencana Tuhan, dan:
- apabila memang Tuhan berkehendak untuk memberikan Yerikho kepada bangsa Israel, tidak ada satu orang pun yang bisa menghalangi hal itu untuk terjadi.

Karena itu Rahab memutuskan untuk mengikuti rencana Tuhan.

2. Rahab percaya pada kuasa Tuhan

Ayat berikutnya berbunyi: "Sebab kami mendengar, bahwa TUHAN telah mengeringkan air Laut Teberau di depan kamu, ketika kamu berjalan keluar dari Mesir, dan apa yang kamu lakukan kepada kedua raja orang Amori yang di seberang sungai Yordan itu, yakni kepada Sihon dan Og, yang telah kamu tumpas. Ketika kami mendengar itu, tawarlah hati kami dan jatuhlah semangat setiap orang menghadapi kamu..." (ay 10-11a)

Berita tentang kebesaran kuasa Tuhan sudah sampai ke Yerikho. Tuhan melepaskan bangsa Israel dari perbudakan bangsa Mesir, menyertai perjalanan mereka di padang gurun, melepaskan mereka dari pengejaran Firaun beserta bala tentara dan kekuatan persenjataan lengkap dengan membelah laut sehingga bangsa Israel bisa berjalan melewatinya lalu menutup laut itu kembali menenggelamkan Firaun dan prajuritnya. Bangsa Sihon dan Og juga berhasil ditumpas dengan Allah di pihak mereka. Hal itu membuat Rahab tahu Tuhannya orang Israel Maha Kuasa dan tidak ada gunanya untuk dilawan.

3. Rahab percaya pada kebesaran dan kedaulatan Tuhan

"...sebab TUHAN, Allahmu, ialah Allah di langit di atas dan di bumi di bawah." (ay 11b)

Bagi saya bagian ini sangat menarik. Kalau dalam dua poin sebelumnya Rahab menyatakan keyakinannya dengan berdasarkan pada apa yang ia tahu dari berita yang sampai kepada diri dan bangsanya, ayat 11 ini mengungkapkan kesimpulan hatinya secara pribadi. Apa yang ia rasakan, apa yang ia percaya, apa yang ia yakini. Bukankah luar biasa bahwa kalimat ini dikatakan oleh seorang wanita yang berprofesi sebagai pelacur dan merupakan warga dari bangsa yang menyembah berhala? Rahab sampai pada kesimpulan bahwa Tuhan bangsa Israel adalah Allah atas langit dan bumi. Itu ia percaya tanpa keraguan sedikitpun. Jadi kalau bangsa Israel dilepaskan dari bangsa Mesir oleh Tuhan, dituntun dalam perjalanannya, bisa menumpas bangsa-bangsa yang menghalangi mereka dan kemudian ada dalam rencana Tuhan untuk memperoleh kota dimana ia tinggal, itu tidak lain karena Tuhan berkuasa dan berdaulat atas segala-galanya baik di Surga dan bumi. Rahab percaya akan hal itu.

4. Rahab percaya bahwa Tuhan penuh belas kasihan

"Maka sekarang, bersumpahlah kiranya demi TUHAN, bahwa karena aku telah berlaku ramah terhadapmu, kamu juga akan berlaku ramah terhadap kaum keluargaku; dan berikanlah kepadaku suatu tanda yang dapat dipercaya, bahwa kamu akan membiarkan hidup ayah dan ibuku, saudara-saudaraku yang laki-laki dan yang perempuan dan semua orang-orang mereka dan bahwa kamu akan menyelamatkan nyawa kami dari maut." (ay 12-13)

Kebesaran iman Rahab ternyata tidak berhenti pada kebesaran, kekuasaan dan kedaulatan Tuhan saja tapi ia juga menyadari bahwa Tuhan itu penuh belas kasih. Jika tidak, ia tentu tidak akan memohonkan keselamatan turun atas dirinya beserta keluarga, bahkan lebih luas lagi ia pun minta keselamatan juga turun kepada semua orang-orangnya mereka.


(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Prayer Request

Community

Stats

eXTReMe Tracker