Saturday, July 1, 2017

Kuatir vs Doa (2)

webmaster | 8:00:00 AM |
(sambungan)

Ayat lainnya yang bisa menguatkan kita antara lain bisa dibaca dalam ayat ini: "Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!" (Roma 12:12). Ingatlah bahwa seberapapun beratnya, pengaharapan akan selalu ada dan itu hendaknya disikapi dengan sukacita. Dalam kesesakan jangan panik, tapi tetaplah sabar. Dan bertekunlah dalam doa. Ingat bahwa anda selalu bisa menghubungi Tuhan melalui doa, kapanpun, dimanapun dan seberapa sering yang anda mau.

Dari Petrus kita diingatkan seperti ini: "Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu." (1 Petrus 5:7). Ayat ini sangat singkat, padat dan jelas, right on point. Perhatikanlah, Tuhan menyatakan bahwa kita harus menyerahkan SEMUA kekhawatiran kita. Semua, artinya seluruhnya. Bukan setengah, bukan sepertiga, bukan sebagian, tetapi semuanya. Dalam versi bahasa Inggris kata kekuatiran ternyata dirinci secara lebih jauh: "all your anxieties, all your worries, all your concerns, once and for all". Semua ketakutan, kecemasan, kegelisahan, ketidaktenangan, segala yang membebani pikiran, sekali untuk selamanya.

Mengapa kita boleh menyerahkan semua itu kepada Tuhan dan kemudian terbebas dari rasa-rasa negatif tersebut? Jawabannya sederhana: sebab Tuhan sangat mengasihi kita dan Dialah yang memelihara kita. Bukan orang lain, bukan harta benda, bukan apapun yang ada di dunia ini, tetapi Tuhan sendiri. Dan kita tahu Tuhan punya kuasa yang tertinggi di atas segalanya.

Adakah sesuatu hal yang saat ini tengah menekan anda? Apakah anda tengah merasa kuatir akan sesuatu? Jangan biarkan kekuatiran itu menguasai hati dan pikiran lantas menghancurkan anda. Ingatlah bahwa Yesus bersabda: "Siapakah diantara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambah sehasta saja pada jalan hidupnya?" (Matius 6:27). Dalam versi Bahasa Indonesia Sehari-hari dikatakan: "Siapakah dari kalian yang dengan kekuatirannya dapat memperpanjang umurnya biarpun sedikit?"

Ya, kekuatiran tidak akan pernah membantu menyelesaikan masalah tapi malah menambah masalah. Bukannya memperpanjang umur tapi malah memperpendek. Ilmu kedokteran saja sudah menyatakan bahwa kekuatiran bisa mengganggu kesehatan sedemikian rupa sehingga memperpendek kehidupan. Dan Alkitab sudah sejak dahulu mengingatkan akan hal ini.

Apapun yang mengkuatirkan anda hari ini, ingatlah bahwa ada Tuhan yang kuasaNya lebih dari segalanya. Serahkan pada Tuhan yang memelihara anda, jangan abaikan pengharapan, sabarlah dalam menghadapinya dan bertekunlah dalam doa-doa yang dibangun dengan ucapan syukur.

Why worry when you can pray? Don't worry about anything, instead pray about everything!

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Prayer Request

Community

Stats

eXTReMe Tracker