Friday, October 9, 2015

Perempuan-perempuan yang Melayani Tuhan (1)

webmaster | 10:00:00 PM |
Ayat bacaan: Lukas 8:1-3
=================
"Tidak lama sesudah itu Yesus berjalan berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa memberitakan Injil Kerajaan Allah. Kedua belas murid-Nya bersama-sama dengan Dia, dan juga beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat, Yohana isteri Khuza bendahara Herodes, Susana dan banyak perempuan lain. Perempuan-perempuan ini melayani rombongan itu dengan kekayaan mereka."

Perempuan di rumah saja. Urus anak, bersih-bersih, menyiapkan makan, dan urusan rumah tangga lainnya. Pokoknya suami bangun makan pagi sudah harus ada, kalau pulang makanan sudah terhidang. Tempat tidur harus rapi, seprai tidak boleh ada yang terlipat sedikitpun. Harus mulus dan licin. Makanya perempuan tidak perlu sekolah tinggi-tinggi, karena tugasnya toh tidak terlalu sulit, hanya jadi pelayan bagi suami, rumah tangga dan anak saja. Banyak pria yang berpikir seperti itu. Pada kenyataannya, dalam banyak negara terutama di Asia hak-hak wanita sering dirampas. Mereka terpinggirkan baik secara sosio-kultural, struktural bahkan dalam beberapa kepercayaan. Kerap dijadikan korban, mendapat hak jauh dibawah laki-laki, direndahkan hingga dipersalahkan dalam banyak hal. It's a man's world, demikian bunyi sebuah ungkapan yang menunjukkan dominasi laki-laki. Ironisnya, para perempuan yang dibesarkan dalam kultural seperti itu tampaknya tidak atau belum mengetahui siapa mereka sebenarnya, mengapa dan untuk apa mereka ada. Banyak diantara perempuan yang mengira bahwa tugas mereka hanyalah sebatas pelayan atau setidaknya pemanis saja dan tidak berhak atas peran-peran yang penting dalam kemasyarakatan. Perhatikan bahwa isu gender masih terus ditampilkan para politikus dan mereka yang mengaku pemuka agama dalam permainan politiknya.

Di kalangan orang percaya? Menyedihkan, masih ada juga yang berpikir seperti itu, bahkan jumlahnya tidak sedikit. Kalau memang sikap ini benar, apakah mungkin Tuhan menciptakan semua wanita dengan panggilan yang sama? Pria punya begitu banyak jenis panggilan, wanita tidak? Saya tidak percaya akan hal itu. Faktanya ada banyak wanita yang sangat berpengaruh dan sangat menentukan dalam sejarah dunia. Kalau mereka hanya mengurus suami dan rumah serta anak saja, maka sejarah bisa berubah ke arah yang lebih buruk dari sekarang.

Bagi orang percaya, hal seperti ini sangatlah tidak dibenarkan. Apakah wanita memang diciptakan lebih rendah atau boleh direndahkan? Kita bisa mengacu kepada kitab Kejadian di saat Tuhan menciptakan perempuan. Disana tertulis jelas mengenai alasan atau tujuan Tuhan untuk menciptakan perempuan. "TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia." (Kejadian 2:18). Tuhan menciptakan wanita sebagai penolong yang sepadan. Bukan penolong yang posisinya lebih rendah, bukan tambahan, bukan tanpa sebab, bukan untuk dipojokkan, direndahkan, dihina atau hanya dijadikan pemuas, tetapi perempuan dalam pandangan Tuhan ketika diciptakan adalah sebagai penolong yang sepadan. Begitu terhormatnya posisi wanita dalam pandangan Allah, bahkan para suami diwajibkan untuk hidup bijaksana dengan istri yang diposisikan sebagai pewaris dari kasih karunia supaya doa-doa kita jangan terhalang. (1 Petrus 3:7).

Dari ayat-ayat ini saja kita sudah melihat bahwa perempuan tidak pernah dianggap lebih rendah di mata Tuhan. Maka di kalangan orang percaya tidak boleh ada bentuk-bentuk pemikiran yang meletakkan perempuan pada posisi lebih rendah dari laki-laki.
Lantas apakah perempuan juga memiliki peran dalam berbagai tugas-tugas sebagai ahli waris Kerajaan? Apakah masalah pelayanan murni urusan laki-laki? Pertanyaan selanjutnya, apa yang bisa dilakukan perempuan dalam urusan pelayanan?

Ada kisah menarik yang dicatat oleh Lukas. Pada masa Yesus turun ke dunia, perempuan ternyata sudah terlibat aktif dalam pelayanan dan Yesus sama sekali tidak mengeluarkan larangan akan hal itu. Kita bisa melihat hal itu lewat catatan Lukas pada pasal 8 ayat 1-3. Judul perikopnya saja sudah menyatakan secara jelas, yaitu "Perempuan-perempuan yang melayani Yesus." 

"Tidak lama sesudah itu Yesus berjalan berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa memberitakan Injil Kerajaan Allah. Kedua belas murid-Nya bersama-sama dengan Dia, dan juga beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat, Yohana isteri Khuza bendahara Herodes, Susana dan banyak perempuan lain. Perempuan-perempuan ini melayani rombongan itu dengan kekayaan mereka." (Lukas 8:1-3).

Kita tentu tahu bahwa Yesus pada saat ada di dunia pergi berkeliling dari satu tempat ke tempat yang lain bersama para murid untuk melayani. Tapi kita jarang memperhatikan bahwa dalam melakukan pelayanan dari satu tempat ke tempat lain ada banyak orang yang ternyata ikut melayani bersama Yesus disamping keduabelas murid-muridNya. Dari catatan Lukas ini kita bisa mengetahui bahwa selain para murid, ada banyak pula yang terlibat dalam pelayanan, termasuk di dalamnya perempuan. Beberapa nama disebutkan oleh Lukas, yaitu Maria Magdalena, Yohana istri bendahara Herodes dan Susana selain banyak perempuan lain seperti yang ditulis Lukas. Mereka ini melayani dengan menyediakan segala keperluan Yesus berserta rombongan dengan mempergunakan apa yang mereka miliki. Dengan jelas kita bisa mengetahui bahwa pada masa itu para perempuan tidak dipinggirkan dalam urusan pelayanan. Yesus dengan senang hati membawa mereka terlibat dalam pelayanan, melakukan apa yang bisa mereka perbuat dengan apa yang mereka punya.

(bersambung)


No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker