Thursday, May 1, 2014

Segar

webmaster | 10:00:00 PM |
Ayat bacaan: Mazmur 19:8
=====================
"Taurat TUHAN itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan TUHAN itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman."

Ketika kita sibuk mengerjakan sesuatu apalagi dalam waktu yang cukup lama, kita perlu mendapat penyegaran agar rasa letih, lelah dan mumet bisa sirna. Buat saya yang sehari-hari duduk di depan komputer mengerjakan tulisan-tulisan baik dalam bekerja maupun menulis renungan setiap hari, ada kalanya punggung terasa pegal dan inspirasi mandek karena jenuh. Otak seperti panas, bagai komputer yang terus dipakai nonstop akan menjadi lambat bahkan bisa nge-hang. Ada kalanya saya harus meninggalkan dahulu meja kerja saya dan refreshing sebentar. Mungkin menonton DVD atau ke bioskop, jalan-jalan bersama istri atau rebahan sebentar mengembalikan kondisi yang drop karena letih. Segelas air dingin di siang hari, atau secangkir kopi panas di malam hari pun lumayan bisa membantu sementara agar semuanya bisa lancar saya selesaikan.

Apa yang bisa mengembalikan kesegaran anda? Ada yang mengambil waktu istirahat dengan tidur, ada pula yang keluar bersama teman atau keluarga, atau jika waktunya cukup, pergi liburan bisa mendatangkan suasana baru yang bisa mengobati rasa jenuh. Tubuh bisa letih, pikiran bisa jenuh. Apapun yang anda kerjakan baik yang memakai tenaga maupun memeras otak pada satu saat akan mengalami kelelahan. Tidak hanya tubuh dan pikiran, tapi kondisi jiwa kita pun sama. Bayangkan bagaimana beratnya kita setiap hari berperang baik melawan berbagai keinginan daging dari diri sendiri maupun berbagai godaan iblis yang terus berusaha untuk menjatuhkan kita. cepat atau lambat, keadaan rohani kita pun bisa kehabisan energi, drained out, washed out, burned out. Pada kondisi ini kita tidak lagi punya daya tahan kuat untuk menghadapi berbagai tantangan yang bisa melemahkan bahkan menghancurkan kondisi spiritual kita. So just like our body, our soul and spirit needs to be restored and refreshed as well.

Daud sudah mengatakan bahwa orang yang mencintai Taurat Tuhan dan mau merenungkannya siang dan malam akan "seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil." (Mazmur 1:1-3). Tidak akan layu, terus berbuah dan berhasil dalam segala yang dilakukan. Kondisi tubuh kita bisa kita jaga dengan menjaga pola makan, berolahraga dan sebagainya, tetapi untuk menjaga kebugaran rohani kita butuh asupan firman Tuhan setiap hari. Firman Tuhan akan selalu menguatkan, meneguhkan, memberi kelegaan, dan jangan lupa satu hal lagi sehubungan dengan tema renungan hari ini, yaitu menyegarkan. Menyegarkan? Ya, menyegarkan. Jiwa seperti halnya tubuh kita butuh penyegaran setiap saat. Seperti yang tertulis dalam Mazmur: "Taurat TUHAN itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan TUHAN itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman." (Mazmur 19:8). Firman Tuhan mampu menjawab kebutuhan akan kesegaran jiwa. Dalam bahasa Inggrisnya dikatakan "The law of the Lord is perfect, restoring the whole person." Restoring, mengembalikan kepada keadaan semula, itupun akan menjadi sebuah manfaat besar bagi orang yang terus lekat dengan firman Tuhan.

Hidup di dunia yang sulit ini akan membuat stamina rohani kita terus terkuras. Karenanya kita sangat membutuhkan sesuatu yang bisa mengembalikan kesegaran jiwa kita, the way a splash of cool water refresh us. Dalam Yesaya kita bisa melihat janji Tuhan yang begitu indah buat kita: "Sebab Aku akan mencurahkan air ke atas tanah yang haus, dan hujan lebat ke atas tempat yang kering. Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas keturunanmu, dan berkat-Ku ke atas anak cucumu. Mereka akan tumbuh seperti rumput di tengah-tengah air, seperti pohon-pohon gandarusa di tepi sungai." (Yesaya 44:3-4). Pengenalan yang berkelanjutan, terus menerus akan Tuhan dan bertumbuh pun akan memberikan kita kesegaran seperti ini, seperti yang disampaikan dalam Hosea. "Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi." (Hosea 6:3) Betapa menyegarkannya hujan yang turun di saat kemarau, seperti itulah janji Tuhan untuk kita yang mau bersungguh-sungguh mau mengenalNya lewat firmanNya.

Adalah sangat penting bagi kita untuk terus membekali jiwa kita dengan firman Tuhan. Daud tahu bagaimana bahagianya jika ia tetap berada dekat dengan firman Tuhan yang penuh dengan kuasa. Bacalah Mazmur 119 dimana Daud mendeskripsikan dengan panjang lebar dan lengkap mengenai kebahagiaan yang dimiliki oleh orang yang hidup menurut Taurat Tuhan. Berkali-kali pula Daud memberikan testimoni dari pengalamannya hidup dekat dengan firman Tuhan. Salah satunya berbunyi seperti ini: "Aku mendapatkan kebahagiaan dalam mentaati perintah-perintah-Mu." (Mazmur 119:55). Dalam bahasa Inggrisnya lebih detail: "This I have had [as the gift of Your grace and as my reward]: that I have kept Your precepts [hearing, receiving, loving, and obeying them]." Jangan biarkan jiwa kita mengalami kekeringan. Tetaplah dekat dengan firman Tuhan agar jiwa kita tetap segar dengan daya tahan yang kuat sehingga kita kuat menghadapi segala tantangan dan kesulitan setiap hari.

Seperti halnya tubuh, jiwa kita pun butuh disegarkan

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker