Wednesday, October 17, 2012

Roh Kudus

webmaster | 8:00:00 AM |
Ayat bacaan: Kisah Para Rasul 4:31
==========================
"Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani."

Jika anda pernah mengalami bagaimana Roh Kudus menolong anda untuk melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak terpikirkan, anda tentu tahu bagaimana besarnya kuasa Roh Kudus itu. Saya pernah mengalami beberapa kali, dimana dalam momen-momen paling penting dalam hidup saya Roh Kudus bekerja dan membuat segala sesuatu menjadi jauh lebih mudah ketimbang yang saya duga. Beberapa kali dalam renungan-renungan dahulu saya pernah menuliskannya sebagai bentuk kesaksian saat kuasa Roh Kudus mengatasi logika manusia yang terbatas dalam menolong saya keluar dari masalah. Ada beberapa teman lain yang mengalami hal yang sama. Lihatlah sebuah contoh ketika salah seorang teman harus menyampaikan hal yang berat kepada anaknya. Ia bingung harus bagaimana. Ia tahu harus segera menyampaikannya, tapi di sisi lain ia tidak ingin melihat hati anaknya hancur. Ia kemudian berdoa dan terus berdoa, hingga di malam harinya ia merasa saat untuk menyampaikannya sudah tiba. Ia meminta agar Roh Kudus membimbing mulutnya dalam menyampaikan, menguatkan dirinya dan juga anaknya. Puji Tuhan, ternyata proses penyampaian itu berjalan lancar diluar perkiraan. Kuasa Roh Kudus memang mampu memberi pertolongan dan kemudahan jauh melebihi perkiraan kita.

Sebuah ayat dalam Kisah Para Rasul sudah menyatakan bahwa ketika Roh Kudus turun atas kita, maka kita akan menerima kuasa dan bisa menjadi saksi bahkan hingga ke ujung bumi. "Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."(Kisah Para Rasul 1:8). Ini adalah sebuah hal besar yang sangat sulit. Menjadi saksi di kota, daerah kita bahkan sampai ke ujung bumi? Bagaimana mungkin? Tapi Firman Tuhan berkata bahwa itu semua mungkin apabila Roh Kudus turun atas kita. Singkatnya bukan kehebatan dan kekuatan kita, tapi Roh Kuduslah yang memampukan kita untuk meraih pencapaian-pencapaian yang jauh lebih besar daripada yang kita pikirkan.

Petrus dan Yohanes pernah mengalami bagaimana luar biasanya ketika Roh Kudus turun atas mereka. Pada suatu kali mereka pernah dicekam ketakutan lewat ancaman banyak orang ketika hendak mewartakan Firman Tuhan. Namun lihatlah apa yang terjadi setelahnya. "Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani." (Kisah Para Rasul 4:31). Lihatlah sebuah proses transformasi instan yang terjadi ketika Roh Kudus turun atas mereka. Bukan saja mereka langsung diberikan kekuatan dan keberanian, tapi juga kemampuan untuk berhasil menyampaikannya dengan baik. Kita tidak akan pernah cukup kuat untuk menjadi saksi baik di kalangan saudara seiman apalagi kepada orang-orang yang belum percaya jika kita bergerak sendiri tanpa kuasa Roh Kudus bekerja atas kita. Tapi ketika kuasaNya bekerja, maka kekuatan dan pertolongan pun kemudian memampukan kita.

Betapa pentingnya Roh Kudus, Roh yang dijanjikan Yesus sendiri sebagai sosok Penolong untuk menyertai kita selama-lamanya. (Yohanes 14:16). Kita akan menerima Roh Kudus jika kita mengasihi Kristus, menuruti perintahNya (ay 15), Dia akan menyertai dan diam di dalam diri kita. (ay 17). Roh Kudus akan bertindak sebagai penolong dalam kesesakan, bahkan ketika kita berbeban berat dengan keluhan-keluhan yang tidak lagi mampu kita ucapkan. Itu disebutkan oleh Paulus dalam surat Roma. "Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa; tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan." (Roma 8:26). Pengharapan kita pun tidak akan pernah mengecewakan jika kita memiliki kasih Allah lewat Roh Kudus sebagai karuniaNya bagi kita. (Roma 5:5). Lihatlah betapa jauh bedanya ketika Roh Kudus turun atas kita.

Seperti yang telah saya ungkapkan di atas, kita akan menerima Roh Kudus jika kita mengasihi Kristus dan menuruti perintahNya. Yohanes pun menyampaikan hal yang sama. "Barangsiapa menuruti segala perintah-Nya, ia diam di dalam Allah dan Allah di dalam dia. Dan demikianlah kita ketahui, bahwa Allah ada di dalam kita, yaitu Roh yang telah Ia karuniakan kepada kita." (1 Yohanes 3:24). Yesus mengatakan demikian: "Oleh karena itu Aku berkata kepadamu: Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu....Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepada-Nya." (Lukas 11:9-13). Petrus dan rasul-rasul lainnya berkata seperti ini: "Dan kami adalah saksi dari segala sesuatu itu, kami dan Roh Kudus, yang dikaruniakan Allah kepada semua orang yang mentaati Dia."(Kisah Para Rasul 5:32). Lihatlah sebuah benang merah dari ayat-ayat di atas semuanya bermuara pada bagaimana agar kita bisa menerima Roh Kudus. Mentaati, mengasihi, menuruti Tuhan, dan memintaNya dalam Yesus. Kita bisa berhasil menjadi saksi Tuhan dalam hidup akan menjadi mungkin ketika kita menerima kuasa, jika Roh Kudus turun atas kita. Kelemahan kita akan teratasi, karena Roh Kudus akan menyampaikan doa atas keluhan-keluhan yang tidak lagi terucapkan karena terlalu berat. Roh Kudus akan membimbing kita dalam menyampaikan hal-hal sulit, kita menjadi berani dan hasilnya pun akan berbeda. Inilah kuasa-kuasa luar biasa lewat Roh Kudus yang dianugerahkan Tuhan kepada anak-anakNya yang hidup berkenan kepadaNya.

"Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia." Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah." (1 Korintus 2:9-10). Karunia Roh Kudus memungkinkan kita untuk mengetahui segala sesuatu yang disediakan Tuhan bagi kita. Apa rencana Tuhan bagi kita, apa yang harus kita lakukan atau ucapkan, kemana kita harus melangkah, semua itu dinyatakan lewat Roh Kudus. Dalam menghadapi hidup yang sukar penuh dengan pergumulan ini kita butuh Sang Penolong yang senantiasa menyertai dan diam di dalam hidup kita sampai selama-lamanya. Malam ini saya berdoa secara khusus bagi anda, agar anda sekalian selalu dipenuhi Roh Kudus dalam penyertaan dan persekutuan yang sempurna. Tuhan memberkati anda.

Roh Kudus memungkinkan kita untuk mencapai hal-hal besar, memberi pertolongan dan kemudahan dan memungkinkan kita  untuk mengetahui rencana Tuhan

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

1 comment :

Natalius Sarira Arung said...

Terima Kasih untuk renungannya,,,terus berkarya dalam Tuhan, untuk menguatkan..Tuhan Yesus Memberkati.

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Prayer Request

Community

Stats

eXTReMe Tracker