Friday, March 16, 2012

Air Hidup

webmaster | 10:00:00 PM |
Ayat bacaan: Wahyu 21:6
=======================
Firman-Nya lagi kepadaku: "Semuanya telah terjadi. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir. Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cuma-cuma dari mata air kehidupan."

air hidupBagi orang yang bekerja banyak menggunakan komputer dan internet seperti saya, listrik menjadi sebuah kebutuhan yang sangat vital. Pekerjaan bisa terkendala apabila lisrik mati walau setengah hari saja. Beberapa hari yang lalu saya baru saja mengalami pemadaman dari pagi jam 8 hingga jam 2 subuh keesokan harinya karena ada perbaikan jaringan dan kabel di jalan menuju rumah. Akibatnya pekerjaan pun tertunda dan saya menjadi repot keesokan harinya. Tetapi ada sebuah kebutuhan lain yang ternyata jauh lebih penting dibandingkan listrik, yaitu kebutuhan kita akan air. Air tiba-tiba berhenti mengalir, dan sayangnya saya belum sempat mengisi bak mandi sampai penuh. Kami tidak bisa mencuci, tidak bisa masak, tidak bisa mandi atau buang air kecil. Di saat demikian, saya pun tengah keracunan makanan dan butuh bolak balik ke toilet. Bisa dibayangkan bagaimana repotnya saya harus menahan sakit perut karena ketidakadaan air ini. Air merupakan sebuah kebutuhan hidup yang sangat penting dan mutlak dibutuhkan oleh semua mahluk hidup. Tidak akan ada kehidupan tanpa air. Hewan akan mati, tanaman akan mati, kita pun demikian. Air pun merupakan sumber kesuburan, dimana mahluk hidup akan tumbuh dan berkembang. Peradaban demi peradaban biasanya dimulai di pinggiran sungai atau lokasi dimana ada air.

Jika kebutuhan air dalam hidup ini begitu penting, apalagi kerohanian kita. Kita sering lupa untuk memberi minum jiwa dan roh kita dan hanya sibuk memberi minum tubuh kita saja. Seringkali kerohanian kita mengalami kekeringan, jiwa kita terasa haus dan jika dibiarkan, kita pun bisa mengalami dehidrasi rohani. Disaat seperti ini kita mudah goyah, kehilangan kepercayaan, kehilangan harapan, kehilangan motivasi dan semangat, yang kemudian digantikan oleh rasa kuatir, takut, cemas, ragu yang bisa membuat emosi kita labil sehingga kemudian kitapun kehilangan sukacita. Tuhan tahu kebutuhan penting itu, dan Dia pun telah menyediakannya bagi kita. Tuhan ingin mengingatkan kita semua hari ini bahwa Yesus menyediakan mata air kehidupan yang akan mengalir tanpa henti dalam hidup setiap orang percaya yang patuh kepadaNya. Dari kisah perjumpaan Yesus dengan seorang perempuan Samaria di tengah hari terik di tepi sumur kita bisa menemukan pesan Tuhan ini. Lihatlah apa kata Yesus pada perempuan Samaria tersebut. "Jawab Yesus kepadanya: "Jikalau engkau tahu tentang karunia Allah dan siapakah Dia yang berkata kepadamu: Berilah Aku minum! niscaya engkau telah meminta kepada-Nya dan Ia telah memberikan kepadamu air hidup." (Yohanes 4:10). Tuhan SUDAH menyediakan air hidup itu, air yang bisa menyegarkan kehausan rohani kita untuk selama-lamanya. "Jawab Yesus kepadanya: "Barangsiapa minum air ini, ia akan haus lagi, tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal." (ay 4). Yesus menyediakan itu semua bagi setiap orang yang percaya kepadaNya. Selanjutnya kita melihat janji Yesus tentang air kehidupan. "Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru: "Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum!Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup." (Yohanes 7:37-38). Betapa baiknya Kristus menuntun kita ke mata air kehidupan, dimana Allah akan menghapus air mata dari kita semua. (Wahyu 7:17). Dan betapa indahnya Yerusalem baru, dimana sungai air kehidupan yang jernih bagai kristal mengalir keluar dari tahta Kristus (Wahyu 22:1). Kemudian kembali ditegaskan bahwa mempelai wanita (kita, orang-orang percaya) dipersilahkan mengambil air kehidupan dengan cuma-cuma (Wahyu 22:17). Dalam Wahyu 21:6 tertulis:  "Firman-Nya lagi kepadaku: "Semuanya telah terjadi. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir. Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cuma-cuma dari mata air kehidupan." (Wahyu 21:6). Yesus adalah Alfa dan Omega, dan Dia memberikan air kehidupan dengan cuma-cuma. Itu artinya Yesus akan selalu memberi minum siapapun yang datang kepadaNya dengan air mata kehidupan tanpa henti selamanya.

Di rumah kita air bisa tiba-tiba berhenti mengalir. Apabila musim kemarau tiba kita bisa kesulitan, jika jalur ke mata air atau perusahaan air minum terganggu kita pun tidak mendapatkan air. Bahkan mungkin pada suatu ketika sebagian besar manusia bisa mengalami kekeringan.Tidak demikian halnya dengan air kehidupan yang bersumber dari Kristus. Saya bersyukur akan kasih Kristus yang tidak henti-hentinya mengalir dalam hidup ini bagai air yang segar dan baru setiap hari. Selama kita berjalan bersama Kristus, selama itu pula air kehidupan mengalir dalam hidup kita tanpa macet atau tersendat,  dan air hidup itu akan senantiasa jernih. Air kehidupan Kristus akan selalu lebih dari cukup untuk menyegarkan jiwa kita, memuaskan dahaga roh kita, dan oleh karenanya kerohanian kita tidak akan kekeringan. Let the fountain of life flows into our soul until the eternity.

Segarkan jiwa dan roh setiap hari dengan air hidup yang mengalir tanpa henti dari Kristus

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

1 comment :

Anonymous said...

TANX, salam kasih

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker