Sunday, March 11, 2012

Tetap Tenang (2)

webmaster | 10:00:00 PM |
(sambungan)

Masalah memang bisa hadir kapan saja, bahkan pada saat yang tidak disangka-sangka. Itu realita hidup yang mau tidak mau harus kita hadapi. Lantas bagaimana kita bisa mengatasi semua kegelisahan, kecemasan, kekuatiran, atau ketakutan yang meresahkan jiwa kita? Iman yang kuat yang bertumpu dan berakar pada Kristus dalam diri kita adalah solusinya. Firman Tuhan berkata: "Aku berdoa supaya Ia, menurut kekayaan kemuliaan-Nya, menguatkan dan meneguhkan kamu oleh Roh-Nya di dalam batinmu, sehingga oleh imanmu Kristus diam di dalam hatimu dan kamu berakar serta berdasar di dalam kasih." (Efesus 3:16-17). Diam dan berakar dalam bahasa Inggrisnya dikatakan dan dirinci seperti ini: dwell (settle down, abide, make His permanent home) dan rooted deep.

Untuk memulainya, kita bisa lihat tipsnya yang tercatat dalam surat Roma. "Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus." (Roma 10:17). Mulailah peduli terhadap firman-firman Tuhan. Bayangkan tubuh kita jika tidak diberi makan dan minum, kita akan lemah, jatuh sakit bahkan akan kehilangan nyawa. Kita akan rentan terhadap berbagai virus atau penyakit karena daya tahan tubuh kita lemah. Jika tubuh kita butuh makan agar tetap sehat dan kuat, roh pun demikian juga. Memberi makan roh dilakukan dengan mengisi roh kita dengan firman-firman Tuhan yang akan mampu menenangkan jiwa kita dari masalah apapun yang meresahkan jiwa kita. Yesus berkata: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah." (Matius 4:4). Karena itu jagalah agar jangan sampai roh kita mengalami lapar dan dahaga, mengalami dehidrasi sehingga jiwa kita menjadi gampang disusupi berbagai bentuk kegelisahan atau kecemasan yang akan membuat hidup kita semakin sulit dan menambah masalah-masalah baru dari yang sudah ada.

Apakah ada diantara teman-teman yang hari ini sedang panik atau merasa kuatir akan sesuatu? Atau adakah yang tengah diliputi stres berat hari ini? Mungkin anda merasa sulit tidur dan gelisah akibat beban pekerjaan atau masalah yang sepertinya tidak ada solusinya? Apakah anda merasa hampa, kering, berjalan sendirian atau mulai kehilangan arah dan tujuan dalam hidup? Ini tanda-tanda bahwa roh anda mulai mengalami dehidrasi atau kekeringan. Oleh karena itu, isilah dengan firman Tuhan. Berakarlah dengan kuat dalam Kristus. Dwell and root deeply in Him! Dia akan memberi solusi bagi anda. Bukan hanya itu, Yesus pun sudah berjanji untuk memberi kelegaan, sesuatu yang sangat kita perlukan agar kita bisa tetap tenang dalam menghadapi segala sesuatu. "Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu." (Matius 11:28).

Sadarilah bahwa masalah boleh saja datang, beban boleh terasa berat, tapi kita tidak harus kehilangan sukacita karenanya. Simply because we have a wonderful Lord. Itu karena kita punya Allah yang luar biasa, yang mampu melakukan apapun, bahkan yang menurut kita sangat mustahil sekalipun. Lebih dari itu, Dia sangatlah mengasihi kita. Daud bisa merasakan itu dan berkata "Hanya pada Allah saja kiranya aku tenang, sebab dari pada-Nyalah harapanku." (Mazmur 62:6), karenanya dia pun bisa memerintahkan jiwanya untuk kembali tenang, sebab Tuhan telah berbuat baik pada jiwanya. (Mazmur 116:7). Teruslah isi diri kita dengan kebenaran firman Tuhan, karena "di mana ada kebenaran di situ akan tumbuh damai sejahtera, dan akibat kebenaran ialah ketenangan dan ketenteraman untuk selama-lamanya." (Yesaya 32:17). Perintahkan jiwa untuk tenang sekarang juga. Mulailah tersenyum, kecaplah bahwa Tuhan itu baik. Tetaplah tenang, tetaplah tersenyum, tetaplah bersukacita dalam situasi apapun. Karena itu semua bukan tergantung dari situasi dan kondisi melainkan dari seberapa jauh kita mengandalkan Tuhan dalam hidup kita.

rest your soul in God

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker