Sunday, November 21, 2010

Berjalan Dalam Rencana Tuhan

webmaster | 8:00:00 AM |
Ayat bacaan: Yeremia 29:11
====================
"Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan."

berjalan dalam rencana TuhanDua anjing, dua sifat yang bertolak belakang. Saya selalu merasa lucu melihat keduanya. Yang satu begitu penakut. Jika hujan turun ia pun akan bersembunyi dikolong meja dan takut untuk keluar. Bukan air yang ia takutkan, tetapi bunyi guruh atau kilat. Dia memang sensitif terhadap bunyi-bunyian yang keras. Jika bunyi guruh saja takut, apalagi petasan. Setiap menjelang perayaan hari besar kami pun repot karenanya. Sementara anjing yang satu lagi justru sebaliknya. Tidak sedikitpun punya rasa takut. Pintu terbuka sedikit ia akan segera lari keluar. Dia tidak menyadari sama sekali bahwa berbagai bahaya mengintainya apabila ia berada diluar pengawasan. Kedua sifat ini bertolak belakang, tetapi keduanya tidak baik. Yang satu ketakutan berlebihan, yang satu berani berlebihan. Apa yang baik adalah berada ditengah-tengah. Tidak takut tetapi tidak pula nekad. Tetapi ingatlah bahwa itu hanya bisa kita lakukan dengan nyaman jika kita mengetahui rencana Tuhan dalam hidup kita.

Ada banyak orang yang belum mengetahui apa yang menjadi rencana Tuhan dalam hidup mereka. Akibatnya kerap mereka melakukan keputusan-keputusan yang keliru, tergesa-gesa dalam melangkah dan akibatnya merugikan. Di sisi lain ada banyak pula yang tidak kunjung berani mengambil keputusan apapun karena selalu dicekam rasa takut. Mengetahui rencana Tuhan akan membuat kita bisa melangkah dengan berani dan penuh keyakinan selama disertai dengan iman yang teguh.

Apa yang direncanakan Tuhan pada kita? Segala sesuatu yang indah, penuh harapan. Lihatlah ayat berikut ini berbicara sangat jelas akan hal tersebut. "Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan." (Yeremia 29:11) Lihatlah apa yang disediakan Tuhan sesungguhnya begitu luar biasa indahnya. It even contains a promise of better future. Betapa sayangnya apabila kita melewatkan rancangan yang terbaik ini dalam perjalanan hidup kita.

Bagaimana agar kita bisa mengetahui rancangan Tuhan terhadap kita? Mari kita lihat ayat selanjutnya. "Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu." (ay 12). Berdoalah, dan mintalah kepada Tuhan untuk menunjukkan apa yang menjadi rencanaNya bagi kita. Tuhan akan selalu mendengarkan kita, itu janji Tuhan. Lalu selanjutnya "apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati, Aku akan memberi kamu menemukan Aku, demikianlah firman TUHAN." (ay 13-14a). Tuhan tidak pernah mau menjauhkan diri dari kita. Dia akan selalu terbuka untuk ditemui, kapan saja, dimana saja. Apa yang bisa membuat Tuhan memalingkan muka dari kita adalah kejahatan dan dosa-dosa yang kita lakukan. (Yesaya 59:2). Jika kita sudah membereskan semua ganjalan itu maka Tuhan pun akan kembali bisa kita temukan. Kita bisa setiap saat bertanya kepadaNya apa yang menjadi rencanaNya bagi kita, apa yang harus kita lakukan, dan meminta hikmat untuk menerangi akal pikiran kita untuk bisa mengetahui rancanganNya.

Selanjutnya mari kita lihat ayat berikut ini: "Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah." (Roma 8:28) Allah akan selalu turut bekerja dalam segala sesuatu yang mendatangkan kebaikan bagi kita, orang-orang yang mengasihi Dia, yang berjalan sesuai dengan rencana Allah. Itu sebuah janji akan penyertaanNya dalam penggenapan rencana Tuhan dalam hidup kita. Ketika kita sudah mengetahui apa yang menjadi rencanaNya, kita bisa melakukan yang terbaik untuk itu, dan selalu mempersembahkan ucapan syukur kita. Disanalah kita tidak lagi perlu takut menghadapi rintangan apapun. Mengapa harus takut? Bukankah kita seturut rencanaNya dan berjalan melintasi itu bersama dengan Tuhan? Dan disanalah kita akan mengalami hal-hal yang luar biasa yang telah Dia sediakan sejak semula. We can experience the impossible, we can have the unthinkable, simply because we are walking as He has planned. We can go boldly with Him without fear no matter what lies ahead.

Kepada setiap anak-anakNya Tuhan sudah menyediakan rancangan damai sejahtera yang sangat indah lengkap dengan hari depan yang penuh harapan. Adalah penting bagi kita untuk menangkap apa yang menjadi rencanaNya, dan berjalanlah di dalamnya. Tuailah semua yang dirancangkan Tuhan pada diri anda dan jadilah orang yang sukses. Menjadi kepala dan bukan ekor, tetap naik dan bukan turun. (Ulangan 28:13). Ketika anda melakukan hal ini, anda akan mengalami kemenangan demi kemenangan, bahkan yang tidak terpikirkan sebelumnya oleh anda sekalipun. Apapun yang menjadi bagian anda, lakukanlah dengan sungguh-sungguh. Anda tidak akan perlu diliputi rasa takut lagi meski ketika berhadapan dengan kesulitan sebesar apapun. Sudahkah anda menemukan rencanaNya dalam hidup anda? Find His will, and walk with Him towards it.

Menemukan rencana Tuhan dan berjalan seturut itu akan membuat kita mampu berjalan tanpa rasa takut

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Prayer Request

Community

Stats

eXTReMe Tracker