Saturday, June 14, 2008

Meringankan Beban

webmaster | 12:00:00 AM |
Ayat bacaan: Galatia 6:2
====================
"Bertolong-tolonglanlah menanggung bebanmu! Demikianlah kamu memenuhi hukum Kristus."
Seberapa dalam anda mempercayakan hidup anda dalam tangan Yesus? Saya yakin teman2 sudah tidak asing lagi dengan ayat dalam Filipi 4:13 yang berbunyi "Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku." Dan puji Tuhan, jika anda mengimani ayat ini dan percaya bahwa Tuhan Yesus sungguh memberikan kekuatan. Puji Tuhan jika anda pernah mengalami berbagai pengalaman dimana iman akan Yesus Kristus telah menguatkan anda menghadapi perkara2 dalam hidup anda. Masalahnya, terkadang ketika beban masalah begitu besar menghimpit kita, keyakinan kita dapat menjadi goyah. Jika kita sebagai anak2 Allah pun bisa goyah pada suatu waktu tertentu, bagaimana dengan saudara2 kita yang belum mengenal Yesus, atau mereka yang masih belum sanggup menggantungkan hidup sepenuhnya pada Dia?

Ada kalanya kita bermaksud menguatkan teman atau saudara yang tengah mengalami masalah dengan menyampaikan ayat Filipi 4:13 diatas pada mereka. Itu tentu bagus. Tapi bagi mereka yang masih kurang percaya, atau ketika masalah yang dialami terlalu berat, mungkin mereka akan sulit menerimanya. "ah, ngomong itu gampang.. alami dulu deh baru tahu!" Mungkin perkataan seperti ini bisa keluar dari mereka.

Teman, selain menyampaikan firman Tuhan, kita juga perlu membantu sesama melalui tindakan nyata. Pesan dari rasul Paulus pada ayat bacaan hari ini menyatakan dengan jelas bahwa kita perlu bahu membahu saling dukung, saling bantu dan saling menguatkan. Dengan demikian kita akan memenuhi hukum Kristus. Sebagaimana kita mengasihi diri kita sendiri, demikian pula kita harus mengasihi sesama. Hal tolong menolong ini dapat kita jumpai pula pada ayat2 lain seperti pada Filipi 2:4. Filipi 4:14 dan lain2.

Tidak ada manusia yang tidak mempunyai beban. Kita harus saling peduli dan saling meringankan.Selain memberikan ayat2 yang menguatkan, bantu juga mereka lewat perbuatan dan karya nyata. Mari gunakan kekuatan yang kita peroleh dari Kristus untuk meringankan beban mereka.

Bukan cuma mewartakan firman, kita juga harus membantu sesama lewat karya nyata.

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker