Saturday, November 5, 2011

Materai

webmaster | 8:00:00 AM |
Ayat bacaan: Wahyu 7:3
===================
"katanya: "Janganlah merusakkan bumi atau laut atau pohon-pohon sebelum kami memeteraikan hamba-hamba Allah kami pada dahi mereka!"

materaiFungsi sebuah materai dalam urusan legalitas cukup penting. Dalam pekerjaan saya berurusan dengan banyak Memorandum of Understanding (MOU) dan surat-surat perjanjian kesepakatan lainnya yang wajib dilengkapi dengan materai agar memiliki kekuatan hukum. Sebuah surat yang memuat jumlah uang lebih dari Rp 1 juta rupiah atau dengan mata uang lainnya dengan jumlah minimal yang sama memerlukan materai. Apakah surat itu menyebutkan penerimaan uang, penyimpanan atau pembukuan uang, akta yang dibuat oleh notaris atau juga surat pengakuan hutang/piutang, jika informasinya melebihi total dengan nominal di atas jelas memerlukan materai. Terutama apabila surat tersebut nantinya dipergunakan sebagai alat bukti di pengadilan, surat haruslah dilunasi dulu bea materainya. Biasanya surat perjanjian di buat dalam dua versi. Yang satu ditandatangani pihak pertama di atas materai, kemudian yang satu lagi oleh pihak kedua. Tanpa adanya materai surat-surat itu tidak akan punya kekuatan hukum dan tidak bisa dipakai sebagai alat bukti apabila terjadi sengketa antara pihak pertama dan kedua.

Tidak hanya bagi kita, Tuhan pun ternyata menganggap penting fungsi materai. Di dalam Alkitab materai berbicara mengenai tanda kepemilikan dan juga mengenai perlindungan. Mari kita lihat ayat ini: "katanya: "Janganlah merusakkan bumi atau laut atau pohon-pohon sebelum kami memeteraikan hamba-hamba Allah kami pada dahi mereka!" (Wahyu 7:3). Ayat ini menyatakan bahwa penghukuman Allah baru akan dilaksanakan setelah malaikat memberikan tanda materai pada dahi semua suku keturunan Israel termasuk kita, Israel secara rohani. Dalam kitab Perjanjian Lama kita diingatkan tentang tanda darah yang harus dioleskan pada ambang atas dan kedua tiang pintu sebelum malaikat Allah mengambil nyawa setiap anak sulung, baik manusia maupun hewan. Kisah ini kita jumpai pada masa bangsa Israel ada di bawah pimpinan Musa. Dan dengan demikian tulah tidak akan terkena pada pintu-pintu yang ditandai dengan darah dari seekor anak domba jantan. "Dan darah itu menjadi tanda bagimu pada rumah-rumah di mana kamu tinggal: Apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan lewat dari pada kamu. Jadi tidak akan ada tulah kemusnahan di tengah-tengah kamu, apabila Aku menghukum tanah Mesir." (Keluaran 12:13). Hal ini berbicara mengenai perlindungan Allah kepada umatNya.

Hari-hari ini dunia dilanda kecemasan dari berbagai hal. Kondisi carut marut kita alami baik dari segi ekonomi, politik, keamanan, isu-isu rasialisme dan penindasan minoritas, terorisme, kekerasan bahkan pembunuhan sadis jika berbeda keyakinan dan sebagainya. Negara yang sangat lemah dalam melindungi warganya dan hanya mementingkan golongan tertentu saja membuat situasi semakin runyam. Kecemasan, kegelisahan bahkan ketakutan akan mudah memenuhi hati dan pikiran kita ditengah kehidupan seperti sekarang ini. Tetapi lihatlah bahwa Tuhan telah memberikan anda materai yang menjadi tanda jaminan bagi Allah untuk mengenali milikNya. Tidak hanya sebagai tanda untuk dikenali, tetapi juga sebagai jaminan yang memiliki kekuatan hukum di mata Tuhan. Ini sebuah tanda yang menjamin kita sebagai anak-anakNya yang berhak menerima segala sesuatu yang telah Dia janjikan sejak semula. Lihat apa yang tertulis pada Efesus 1:13-14 berikut ini: "Di dalam Dia kamu juga--karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu--di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimateraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu. Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah, untuk memuji kemuliaan-Nya." Bukan sekedar materai seharga sekian ribu seperti yang kita butuhkan dalam surat-surat, tetapi secara istimewa kita dimateraikan dengan Roh Kudus. Ini memberi jaminan yang sangat kuat pada kita akan perlindungan, pertolongan hingga keselamatan yang kekal kelak di dalam KerajaanNya.

Sebuah materai dari Tuhan menunjukkan kepemilikan Allah atas kita lengkap dengan janji pemeliharaan dan perlindunganNya. Allah akan selalu melindungi anda beserta keluarga anda. Dalam keadaan dunia seperti apapun, kondisi ekonomi, politik dan keamanan yang hanya memihak satu golongan dan sangat lemah dibanding segala bentuk teror yang terus menghujam negeri ini secara terang-terangan, lingkungan yang tidak sehat, atau jika anda berada di tengah orang-orang yang setiap saat bisa mempengaruhi anda pada dosa, ingatlah bahwa Tuhan telah memberikan tanda di diri anda untuk dilindungi. Serahkanlah segala permasalahan, diri anda dan keluarga anda ke dalam tangan Tuhan, karena Dia mampu menjaga kita semua. Walaupun kita hidup bercampur dengan orang lain yang mungkin memberi pengaruh buruk atau menyebabkan kekhawatiran dalam hidup, yakinlah bahwa Tuhan mampu membedakan kita dari mereka. Ada materai Allah dalam diri kita, yang tidak hanya menjadi tanda kepemilikan dari Allah tapi juga sebagai sebuah jaminan perlindungan dariNya.

Allah telah memateraikan kita dengan Roh Kudus untuk menjamin perlindunganNya turun atas kita

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Prayer Request

Community

Stats

eXTReMe Tracker