Thursday, August 5, 2010

Patah Hati

webmaster | 8:00:00 AM |
Ayat bacaan: Mazmur 147:3
=========================
"Ia menyembuhkan orang-orang yang patah hati dan membalut luka-luka mereka;"

patah hatiPatah hati bagi kebanyakan dari kita merupakan salah satu kenyataan yang paling pahit dan paling menyakitkan. Tidak gampang memang untuk menghadapi kenyataan berakhirnya sebuah hubungan cinta yang mungkin sudah terjalin sekian lama. Ada banyak perasaan, memori indah di masa lalu yang akhirnya harus berakhir. Ada banyak harapan dan impian yang kandas di tengah jalan. Apalagi jika sebuah hubungan itu berakhir dengan tidak baik-baik. Rasa sakit hati pun mungkin bisa menetap di dalam diri kita, menorehkan luka hingga waktu yang lama. Tidak jarang pula hal ini membuat harga diri yang mengalaminya terhempas, anjlok dalam sekejap mata. Bumi seakan jungkir balik, kita merasa tidak lagi punya semangat untuk melakukan apapun. Luka-luka yang timbul dari patah hati akibat putusnya hubungan cinta memang sangat menyiksa dan tidak akan mudah dilupakan. Ada orang yang hidupnya hancur selama bertahun-tahun, sulit untuk memulai hubungan lagi dan hidup diliputi kesedihan dan kekecewaan hingga puluhan tahun. Sebagian akan lari kepada obat-obatan untuk mengurangi keperihan akibat lukanya. Ada pula yang tidak tahan lagi terhadap rasa sakit dan memilih untuk mengakhiri hidupnya. Seorang teman yang baru saja mengalami patah hati berkata bahwa luka itu menimbulkan goresan-goresan tajam di hatinya yang setiap saat begitu menyiksa. Semua ini menunjukkan bahwa luka yang ditimbulkan dari patah hati memang parah.


Jika di antara teman-teman ada yang mengalami masalah yang sama hari ini, ayat bacaan hari ini mudah-mudahan dapat memberikan sebuah kekuatan baru. Tidakkah melegakan bagi kita ketika mengetahui bahwa Tuhan tahu persis bagaimana rasa sakit yang ditimbulkan dari patah hati? Dan bukan itu saja, Tuhan bahkan berjanji untuk menyembuhkan dan membalut luka-luka ini secara langsung dengan tanganNya sendiri. Setidaknya kita akan tahu, bahwa kita tidak sendirian untuk menghadapinya. "Ia menyembuhkan orang-orang yang patah hati dan membalut luka-luka mereka." (Mazmur 147:3). Tuhan siap membantu dan merawat anda hingga pulih seperti sediakala!

Dalam keadaan seperti apapun Tuhan sebenarnya selalu menyertai kita. Hidup ini memang tidak akan pernah 100% tanpa masalah. Selalu saja ada tekanan-tekanan dan rasa sakit dalam hidup kita, yang jika tidak kita sikapi dengan baik akan mampu meruntuhkan kita dalam sekejap mata, setiap saat. Tapi kabar baiknya, Tuhan tidak akan pernah membiarkan kita mengalami itu semua sendirian! Karena itu kita tidak perlu takut. Rasa sakit memang pasti akan kita alami, namun dengan pertolongan Tuhan kita pasti akan diteguhkan dan dipulihkan. Demikian bunyi firman Tuhan: "janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan." (Yesaya 41:10). Dalam kesempatan lain firman Tuhan berbunyi: "Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati" (Ulangan 31:8). Tuhan telah berjanji berulang-ulang bahwa Dia tidak akan pernah membiarkan kita berjalan sendirian di tengah kecamuk perasaan dan kehancuran hati. Dia siap untuk hadir dan memberikan pertolongan, membalut luka kita dan menjagai kita hingga sembuh.

Jika di antara teman-teman ada yang mengalami rasa sakit yang tidak terperikan akibat patah hati hari ini, janganlah melakukan tindakan gegabah yang bisa menghancurkan hidup menuju kebinasaan. Sebaliknya, datanglah kepada Tuhan dengan membawa hati kita yang tengah tergores-gores parah dengan luka menganga di mana-mana. Curahkan semua perasaan anda di hadapanNya, dan mintalah pertolonganNya, maka Tuhan sendiri yang akan membalut luka-luka itu satu persatu dan dengan telaten merawat kita hingga sembuh. Saya sendiri pernah mengalami hal ini, bahkan sudah beberapa kali. Saya tahu persis bagaimana sakitnya. Namun seperti janji Tuhan, saya tidak perlu harus mengambil jalan-jalan yang salah untuk mengurangi rasa sakit tersebut, dan pada saatnya Tuhan benar-benar memulihkan diri saya, tepat seperti perkataanNya. Jika ini berlaku buat saya, mengapa tidak buat anda? Satu sisi positif yang saya dapat sebagai pelajaran adalah, justru di saat sakit seperti itulah saya bisa mengalami langsung bagaimana luar biasanya kuasa Tuhan dalam menyembuhkan kita dari luka parah akibat patah hati ini. Malam ini datanglah kehadapanNya dan bawa hati kita yang tengah luka, dan alamilah secara langsung bagaimana Tuhan sanggup memulihkan apa yang menurut anda tidak lagi mungkin bisa disembuhkan.

Tuhan peduli dan selalu siap menyembuhkan luka-luka yang timbul akibat patah hati

11 comments :

juni flora said...

Syalom, saya juni, saat ini saya mengalami patah hati, sudah hampir 1 bulan saya mengalami patah hati ,sunggu sakit bgt kalu hubungan kita diakhir dengan alasan yg tdk jelas.yang saya alami saat ini sangat berat karna di mana hubungan saya dengan dia sudah ke arah yang serius n bahkan kita sudah satu account tapi dia mengakhir hubungan ini dengan alasan mama nya tidak suka dengan kita beda culture tapi ternyata TUHAN bri ak jawaban dengan bergumul sama TUHAN karna alasan itu tidak logika buat saya krn dia wal dia datang, sebeum saya mengiyakan dia,kita sudah omongin duluan n dia janji apapun yang terjadi dia akan ttp berjuang walaupun mama nya tidak setuju tapi nyata nya TUHAN kasi jawaban buat juni ternyata ada pihak ketiga. suuungguh menyakitkan sekali karna slama kita hubungan rasa sayang n bahkan over care sama juni tiba2 bersifat aneh dan ini hal yg paling menyakitkan buat juni. tapi sudahlah smuanya akan ak ikhlaskan karna ak yakin di dalam NAMA YESUS kalau dia jodoh ak pst TUHAN akan kembalikan dia ke ak klu dia bukan jodoh ak TUHAN pst brikan sseorang yg TAKUT akan TUHAN. setelah hari minggu, hari ini greja bareng am dia utk yg terakhir. pas di kebaktian tadi FIRMAN TUHAN mengena sama situasi yang juni alami. saya akan berusaha untuk melupakan nya dan mengikhlaskan dia jadi milik orang lain walaupun menyakitkhan dan ini smua butuh waktu yg lama. dan terimakasi buat artikel nya karna ini juga bisa menguatkhan saya, karna TUJUAN HIDUP INI KEMBALI KEPADA DIA. Smoga saya bisa kuat. amien..juni..

Lodyt Zunain said...

Syalom...Nama aq Dodyt. Mungkin saya sama Kisah nya kayaK Juni .. Saya tidak di restui sama mama .. juga dan kk" nya dan dia lebih memilih kata mama nya .. dan kami pun putus dengan alasan yang tak jelas Mungkin di mata tuhan orang miskin /kaya ,seneng/susah Sama aja tapi mama nya lebih kepada material yang sangat" mencolok ... dan saya patah hati .. udah hampir 4 bulan... dan yang paling memedihkan dan menyiksa buat aq adalah dia bilang dia itu senang hancurin Hidup aq seperti saat ini
padahal ga ada yang salah aq buat sama dia atau yang membuat dia sakit hati ... selama kami masi pacaran kami pacaran udah selama 2 tahun ,dan saya juga udah punya tujuan yang pasti buat dia dan semua harapan " sudah saya impikan di dalam hidup saya ... tapi semua nya itu udah Hancur Lebur semua nya sudah landas semua nya ,.. dan saya saat Ini sudah mulai hancur Kuliah Saya sudah Ga jelas Lagi, yang dolo nya saya Anti dengan Alkohol sekarang Malah saya Rakus dengan Aljohol ,dan yang dolo nya saya itu tidak pernah yang nama nya mengang Narkotika tapi sekarang itu lah yang jadi temen aq... Aq selalu Berdoa Sama TUHAN YESUS agar semua Ini berakhir dan saya bisa hidup tenang dan saya Udah Memohon sama Tuhan Agar semua ini berakhir tapi sampai saat ini saya Lom Berubah Juga ... Mungkin Ini lah yang pertama kali nya aq patah hati sampai hancur semuanya Dan sampai detik ini saya Tetap Sakit Hati ,Patah Hati ... dan semua nya ...... Aq MOhon bagi siapa Yang Membaca Post Aq Ini agar ikut mendoakan saya .. Biar saya Cepat Berubah dan saya pengen hidup saya lebih tenang Dan Aq Memohon Sama Tuhan Yesus Kristus Lindungi aq tuhan dan peluk aku ..
dan Iringi aq untuk kembali ke jalan Mu .. Mungkin hannya Tuhan Lah yang Bisa melumpuhkan semua ini dan saya berharap Tuhan Kasi Jalan Yang terbaik Buat aq,,... Dan semoga Tuhan mengiringi aq Kemana Pun aq Berjalan .....

Unknown said...

Shalom Dodyt,Kalau boleh aq berbagi untuk sharing.menurut aq yang harus kamu lakukan adalah mengampuni pasangan kamu,walau ini tdk mudah karena secara manusiawi kita masih ada kedagingan dan hawa nafsu juga emosi. apalagi hati kamu sedang terluka.tapi percayalah bahea kamu punya Tuhan yang dahsyat yang mampu membalut luka kamu menjadi sukacita dan damai sejahtera.Maka lakukan bagian kamu utk datang dgn hati yang hancur pada-Nya bawa dan keluarkan semua uneg2 & lukamu kepada-Nya,serta minta penuntunan dari Roh Kudus,saya jamin pasti kamu akan mengalami kesembuhan hati dan berkat yang melimpah, asalkan kamu benar2 ingin di pulihkan dari hidup-Mu yang lama. Percaya dan lakukan tindakan iman dan biarlah kamu menunggu sesuai kehendak-Nya apa yang Tuhan akan buat untuk hidup Dodyt. Tuhan Yesus senatiasa mengasihi dan membuat segalanya indah. Gbu

Unknown said...

Shalom Dodyt,Kalau boleh aq berbagi untuk sharing.menurut aq yang harus kamu lakukan adalah mengampuni pasangan kamu,walau ini tdk mudah karena secara manusiawi kita masih ada kedagingan dan hawa nafsu juga emosi. apalagi hati kamu sedang terluka.tapi percayalah bahea kamu punya Tuhan yang dahsyat yang mampu membalut luka kamu menjadi sukacita dan damai sejahtera.Maka lakukan bagian kamu utk datang dgn hati yang hancur pada-Nya bawa dan keluarkan semua uneg2 & lukamu kepada-Nya,serta minta penuntunan dari Roh Kudus,saya jamin pasti kamu akan mengalami kesembuhan hati dan berkat yang melimpah, asalkan kamu benar2 ingin di pulihkan dari hidup-Mu yang lama. Percaya dan lakukan tindakan iman dan biarlah kamu menunggu sesuai kehendak-Nya apa yang Tuhan akan buat untuk hidup Dodyt. Tuhan Yesus senatiasa mengasihi dan membuat segalanya indah. Gbu

Unknown said...

Shalom, mau share sdikit ini gimana ya kalo misalnya saya ini sedang berusaha atau istilah biasanya berjuang untuk seseorang tapi orang itu masih mencintai mantannya, saya ingin pergi dan melupakan perasaan saya tapi sungguh saya merasa sulit untuk itu dan dia pun seperti memberi saya harapan untuk tetap mmpertahankan perasaan saya terhadap dia, saya terus berdoa dan minta petunjuk Tuhan apa yang harus saya lakukan karna semakin kesini semakin saya merasa tidak penting lagi tidak sama ketika awal saya mengenal dia. Semakin kesini kadang saya chat dia dluan tapi jrang sekali sudah di balas kadang perasaan dan hati saya serasa hancur seperti sekarang ini saya sudah tidak penting lagi. Lalu apa yang harus saya lakukan berikutnya

Unknown said...

Shalom, mau share sdikit ini gimana ya kalo misalnya saya ini sedang berusaha atau istilah biasanya berjuang untuk seseorang tapi orang itu masih mencintai mantannya, saya ingin pergi dan melupakan perasaan saya tapi sungguh saya merasa sulit untuk itu dan dia pun seperti memberi saya harapan untuk tetap mmpertahankan perasaan saya terhadap dia, saya terus berdoa dan minta petunjuk Tuhan apa yang harus saya lakukan karna semakin kesini semakin saya merasa tidak penting lagi tidak sama ketika awal saya mengenal dia. Semakin kesini kadang saya chat dia dluan tapi jrang sekali sudah di balas kadang perasaan dan hati saya serasa hancur seperti sekarang ini saya sudah tidak penting lagi. Lalu apa yang harus saya lakukan berikutnya

Unknown said...

untuk kak helda 10
kisah kita sama banget kak , aku juga seperti itu
fungsiku ke dia hanya sebagai pendengar yang baik dan pemberi nasihat yg baik
aku juga sedang beejuang untuk melupakan dia walalupun berat rasanya tapi kalo gk aku lupain aku bakalan tersakiti sendiri .
tapi puji Tuhan kak aku sudah bisa melepaskan dia yahh...walaupun terkadang dia masih suka menanyakan kabarku tapi setidaknya sudah tak sesering kemarin kak
caranya adalah kaka isi aja kekosongan kaka dengan berbagai aktivitas yg lebih berharga untuk kehidupan kaka ke depannya
aku ikutan latihan paduan suara di gereja aku juga menyibukan diri dengan berbagai kegiatan positif yg buat hari-hariku tuh gk kosong kak ,kenapa biar gk kosong karna kalau kosong pasti ada 1 waktu dimana kita tuh butuh kabar dari dia
dan aku jamin dalam jangka waktu 1 bulan saja kaka pasti sudah bisa membuang semua rasa yg pernah ada buat dia ,bahkan kaka gk bakalan mikirin dia lagi dan 1 lagi kaka jangan lupa untuk selalu bergumul dan mengucap syukur yah kak๐Ÿ™๐Ÿ˜‡๐Ÿ˜˜

Angelisa said...

Syalom semuanya. Aku ingin berbagi cerita. Jadi 3 hari yg lalu aku putus dengan pacarku. Awalnya aku tak membenci nya, karna aku sadar dia menjadi keras dan kasar juga karna kesalahanku di awal pacaran. Tapi hari ini, terkuak semuanya. Ternyata dia tak pernah memberikan hati nya sepenuhnya untukku. Makanya saat ku ingin memperbaiki semuanya,dia tak bisa menerima lagi. Aku hancur, nangis berhari², sampai mata bengkak dan sesak nafas. Ini perjalanan cintaku yg pertama, baru ini aku jatuh cinta pada seseorang seumur² aku pacaran. Tapi aku yakin, mungkin Tuhan sedang berusaha menyadarkan dan membuka mata dan hatiku bahwa laki² yg sangat kucintai adalah orang yg salah. Akupun mencoba mencari jalan baru. Terlalu jauh aku dari Tuhan, melupakan semua mujijatnya dalam hidupku. Dan besok aku akan mulai hidup pribadiku dengan Tuhan yaitu saat teduh. Aku akan memakai renungan dan nats ini dalam saat teduhku. Semoga Tuhan mengampuniku, dan memberiku jalan keluar dari kesedihan ku yg amat dalam ini.

Unknown said...

Hy semua.. sedikit share..
Saya sudah menjalani hubungan yg cukup lama dgn pasangan saya adalah hmpr 5 tahun, begitu banyak kenangan dan pengorbanan yg saya jalani... Begitu indah dan sama sama serius menjalani nya... Tetapi tiba pda akhirnya hubungan ini tidak bisa menuju jenjang yg di impikan, semua janji dan Komitmen yg telah dibentuk semasa pacaran hilang seketika, dia memilih hubungan ini berhenti ditengah jln krn tidak dapat restu dr org tua. Dan ada org ketiga...

Sakit yg saya alami adl luar biasa dn tidak mudah, bgmn mungkin hubungan yg telah aku bentuk dengan penuh komitmen dan keseriusn kandas tiba2.... Bagaikan mimpi hmpir tidak percaya...
Bahkan terus memperjuangkan walaupun dia tetap menolak.
Tpi akhirnya hasil tak sesuai harapan.. keputusannya tidk bisa berubh...

Akhirnya aku memilih pasrah dan menyerahkan semua sama Tuhan.. disitu saya mendapat ketenangan dan perubahan yg luar biasa.. hati yg tadinya dendam, emosional, marah, frustasi,depresi, berubah menjadi damai dan kasih... Aku yakin Tuhan memiliki rancangan terindah dgn semua ini. Amin

Sebastian 55 said...

Syaloom semuanya, aku ingin curhat tentang keadaan ku sekarang ini.. saat ini aku sedang mengalami patah hati yg teramat parah, aku dan kekasih aku baru aja pisah walau belum ada kata putus diantara kita.. dan hal ini terjadi juga karena aku yg sering utamakan teman2 jaman sekolah duduk nongkrong sambil meneguk miras.. namun aku sudah janjikan pada dia untuk tdk akan begitu lagi, aku mohon kesempatan padanya namun dia sdh tdk beri kesempatan lg, karena bukan baru sekali dia ngasih kesempatan.. dan sekarang giliran dia yg jalan sama temen2 waktu sekolahan alasannya reuni, tapi hampir tiap hari jalan ama mereka.. hingga dibuat juga group WA untuk temen2 seangkatan sekolahnya itu sekedar meramaikan HP nya dengan candaan2 yg kurang etis, waktu aku marahin dia sama candaan2 mereka di group wa itu, dia hanya bilang kita itu smua temen dan sdh sy anggap mereka sodara sy sendiri. . tp kok candaannya kayak menjurus ke pornografi gitu sih, trus tiap jalan juga mereka foto2 trus plgnya juga tengah malam.. Dari situ aku mulai berpikir apa mungkin aku sdh tdk dibutuhkan lagi? pertemanan FB nya juga meningkat pesat jumlahnya, hampir laki2 semua, dan sekarang jarang sms, tlp, atau wa aku.. kita juga dah gak periksa2 hp lagi, makanya aku pikiran pasti dan banyak yg inbox atau wa sama dia.. saat ini hati aku hancur lebur bukan main, yg buat aku hancur itu karena aku masih sangat mencintai dia dan berharap bisa seperti dulu lagi awal menjalani hubungan ini.. jujur aku laki2 yg kuat namun hanya karena dia aku sampai nangis dikamar sdh hampir 6 hari ini.. aku mohon Tuhan tolong bantu aku dalam pergumulan aku ini, sungguh aku tidak kuat lagi, aku hanya mau Tuhan tolong kembalikan hub kita seperti dulu lg, aku merasa seperti sdh tdk ada harganya lg dimatanya Tuhan,, tolong bantu aku Tuhan melewati ini semua.. Amin

Unknown said...

Hi saya Yunita.
Saya juga ingin berbagi tentang kisah cinta saya.
Saya juga udah 3 minggu putus hubungan dgn cowok saya.
Saya yg memutuskan hubungan kami, krna saya kesal sama sikap pasangan saya.
Tpi sejak saya memutuskan hubungan saya sama dia, dia cuman baca aja pesan yg saya chat blg udahan aja, tapi dia ga prnh respon sampai skrg. Jd sampai saat ini pun dia sama skali ga bls pesan, ga tlpn.
Bahkan saya coba untuk menghubunginya, saya coba utk meneleponnya dan mengirim pesan utknya krna saya rasa salah juga ambil keputusan di saat marah

Tp yg jadi tanda tanya, dia ga prnh bls pesan saya yg saya. Tlpn ga di jwb.
Sampai hari ini sayapun msh bertanya tanya.

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker