Thursday, March 18, 2010

Teratur

webmaster | 10:00:00 PM |
Ayat bacaan: 1 Korintus 14:39
========================
"Tetapi segala sesuatu harus berlangsung dengan sopan dan teratur."

teratur, semrawutSeorang pemilik label rekaman dari Amerika beberapa bulan yang lalu datang ke Jakarta dan meminta saya untuk bertemu. Dalam obrolan di sebuah cafe di hotel tempatnya menginap, ia pun sempat mengeluh melihat kesemrawutan kota Jakarta. Kota-kota besar di Asia seperti di Vietnam, India, Thailand dan bagian-bagian lainnya di Asia memang terkenal dengan kemacetan katanya, tapi tetap saja Jakarta yang terparah. Karena bukan saja macet, tapi semrawut, tidak teratur dan kendaraan berlalu lalang seenaknya saja, katanya. Ia sama sekali tidak betah melintasi jalan di Jakarta. Melintasi saja sudah tidak ingin, apalagi berkendara. "Forget it", katanya, "I'd rather stay at the hotel like this."

Komentar seperti ini bukan baru satu kali saya dengar. Ada yang malah mempercepat kepulangannya karena tidak tahan menghadapi semrawutnya kota-kota di negara kita. Apakah sudah sesulit itu kita hidup teratur? Apakah kita sudah berubah menjadi orang-orang yang hanya mementingkan diri sendiri tanpa menghiraukan kepentingan atau kenyamanan orang lain? Sudah begitu egoisnya kah kita sebagai bangsa yang katanya menjunjung tinggi keramahan dan kesopanan? Kenyataannya, bagai virus, ketidakteraturan dan perilaku seenaknya semakin lama semakin menular kemana-mana. Segalanya dihalalkan untuk kepentingan sendiri yang hanya sesaat, orang tidak lagi peduli terhadap apapun selain dirinya sendiri. Di saat seperti ini, kita harus malu kepada belalang.

Agur bin Yake ribuan tahun yang lalu sudah menyinggungnya. "Belalang yang tidak mempunyai raja, namun semuanya berbaris dengan teratur." (Amsal 30:27) Bayangkan belalang yang tidak memiliki raja, tapi mereka mampu berbaris dengan teratur. Bukan cuma belalang, tapi coba perhatikan semut yang selalu beriringan dan selalu bekerja sama. Binatang-binatang yang ukurannya jauh lebih kecil dari kita, dan tidak memiliki akal budi ternyata sanggup untuk lebih "beradab" di banding kita. Di jalan saja kita tidak bisa mengikuti peraturan. Motor zig-zag seenaknya, mengerem sesukanya, berjalan pelan di tengah, angkot yang berhenti sesuka hati ditengah jalan, klakson yang ditekan dengan panjang berulang-ulang, atau justru melaju semakin kencang ketika melihat ada yang hendak menyeberang, menerobos lampu merah dan sebagainya. Semua ini menunjukkan perilaku yang bukan saja buruk, tapi juga berpotensi membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Jika di jalan saja sudah sulit, apalagi teratur dalam kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan rohani. Orang tidak lagi mendatangi Tuhan dengan rasa takut dan gentar, bukan lagi karena mengasihiNya, tapi karena hendak membawa daftar permintaan untuk segera dikabulkan.

Lalu apa yang harus kita lakukan? Kita mungkin berkata bahwa kita bukan petugas yang berwenang mengatur lalu lintas. Kita mungkin berkata bahwa kita terlalu kecil untuk mengatasi kerumitan sebesar itu di jalan raya. Tapi sebenarnya kita bisa mulai belajar untuk hidup secara teratur. Mulai melatih diri agar bisa mentaati dan berdisiplin. Dalam hidup kita mungkin bisa mengatasnamakan kesibukan pekerjaan dan sebagainya untuk tidak meniadakan waktu-waktu indah bernaung dalam hadirat Tuhan, tapi saya yakin jika kita membiasakan diri sejak sekarang untuk meluangkan waktu, selalu saja ada waktu yang bisa kita pakai untuk mendengar kata-kata Tuhan, dan mengucap syukur atas penyertaanNya sepanjang hari. Saya percaya selalu ada cukup waktu untuk meluangkan sedikit waktu secara teratur untuk berdoa, bersaat teduh dan membaca, memperkatakan dan merenungkan kebenaran firman Tuhan dalam Alkitab. Jika kita menyadari seperti Daud yang berkata "Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku." (Mazmur 119:105), maka kita akan tahu tanpa pegangan itu kita akan semakin sulit untuk bertahan dalam kehidupan yang semakin sulit.
Keteraturan, itu yang diinginkan Tuhan dari kita untuk kita terapkan dalam hidup kita. Bukan kesemrawutan apalagi kesemena-menaan. "Tetapi segala sesuatu harus berlangsung dengan sopan dan teratur." (1 Korintus 14:40). Sopan dan teratur, seharusnya bisa menjadi cerminan sikap atau perilaku dari anak-anak Tuhan, karena itu yang dikehendaki Tuhan untuk kita terapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Jangan dulu bermimpi untuk menikmati kota yang berjalan dengan tertib, rapi dan teratur, penuh sopan santun jika kita sendiri belum mampu melakukannya. Mulailah dari diri sendiri, belajarlah dari belalang atau semut mengenai hal ini, dan mari kita melatih diri untuk melakukannya. Betapa indahnya jika segalanya berjalan dengan teratur, dan itu bisa dimulai dari diri kita.

Jangan menuntut orang lain terlebih dahulu, tetapi mulailah dari diri sendiri

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker