Wednesday, October 8, 2008

Nyanyian Burung

webmaster | 9:00 AM |
Ayat bacaan: Mazmur 98:4
========================
"Bersorak-soraklah bagi TUHAN, hai seluruh bumi, bergembiralah, bersorak-sorailah dan bermazmurlah!" ("Make a joyful noise to the Lord, all the earth; break forth and sing for joy, yes, sing praises!")

nyanyian burungLagu Burung Kutilang karya Ibu Sud tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. "Di pucuk pohon cempaka.. burung kutilang berbunyi.. bersiul-siul sepanjang hari, dengan tak jemu-jemu.. mengangguk-angguk sambil bernyanyi..tri-li-li-li-li-li-li-li..." Apakah anda suka suara nyanyian burung di pagi hari? Rasanya hampir semua orang menyukainya. Betapa indahnya kicau burung menyambut pagi. Begitu merdu, hingga mampu membawa perasaan bahagia dan damai dalam hati. Kenapa dan untuk apa sebenarnya burung bernyanyi? Jawaban singkat mungkin muncul: karena mereka bisa dan harus. Burung bernyanyi untuk menarik perhatian pasangannya dan mempertahankan teritori mereka. Tapi diatas fungsi burung bernyanyi, apa yang kita dengar adalah jauh lebih dari itu. Betapa alam ini diciptakan secara luar biasa indah dan penuh nyanyian.

Burung bernyanyi karena mereka memiliki organ bernama syrinx, bukan larynx seperti yang kita miliki. Syrinx terletak lebih dalam dalam tubuh burung jika dibandingkan larynx pada manusia. Syrinx menurut para ahli adalah kotak suara burung yang menimbulkan suara merdu seperti nyanyian. Meski demikian, masih banyak hal yang tidak bisa kita ketahui dengan pasti mengapa suara yang keluar bisa sedemikian merdu. Saya bukanlah seorang ahli biologi, maka apabila pertanyaan mengapa burung bernyanyi ditanyakan pada saya, saya akan menjawab bahwa itu adalah anugrah Tuhan yang sangat indah. Tuhan menaruh lagu dalam hati mereka dan lagu itu terdengar indah di telinga kita. Hal yang sama sebenarnya juga dianugrahkan pada kita. Mazmur 40:3 mengatakan: "Ia memberikan nyanyian baru dalam mulutku untuk memuji Allah kita. Banyak orang akan melihatnya dan menjadi takut, lalu percaya kepada Tuhan." Begitu banyak ciptaan Tuhan yang kita nikmati setiap saat, begitu banyak karyaNya yang sangat indah, sehingga sudah selayaknya kita memberikan pujian kepada Tuhan, dan salah satunya adalah lewat nyanyian penuh sukacita. Kitab Mazmur berbicara banyak tentang keindahan ciptaan Tuhan dan semua berkatNya, perlindunganNya dan kasihNya bagi kita, dan berkali-kali pula dalam kitab Mazmur kita mendapatkan ajakan untuk bernyanyi memanjatkan syukur bagi Tuhan. "Aku hendak menyanyi bagi TUHAN selama aku hidup, aku hendak bermazmur bagi Allahku selagi aku ada." (Mazmur 104:33) Ajakan untuk memuji segala perbuatan ajaib Tuhan lewat nyanyian baru pun berkumandang di banyak ayat pada Mazmur. "Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN, sebab Ia telah melakukan perbuatan-perbuatan yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan kepada-Nya oleh tangan kanan-Nya, oleh lengan-Nya yang kudus." (Mazmur 98:1).

Kicauan merdu burung bisa menjadi peringatan bagi kita bahwa kita pun telah dianugrahkan oleh Tuhan suara dengan nyanyian-nyanyian yang bisa kita pakai untuk memuliakan Tuhan, berterimakasih atas semua berkatNya dalam hidup kita. Allah kita adalah Allah yang luar biasa dan sangat mengasihi kita. Dia layak untuk itu! "Ya Tuhan dan Allah kami, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa; sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu; dan oleh karena kehendak-Mu semuanya itu ada dan diciptakan" (Wahyu 4:11). Mari kita terus persembahkan pujian-pujian yang terbaik lewat nyanyian yang penuh sukacita.

Let's sing for joy at the work of His hands

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Prayer Request

Community

Stats

eXTReMe Tracker