Saturday, June 11, 2011

Alkitab Menjawab Semua Pertanyaan

webmaster | 10:00:00 PM |
Ayat bacaan: Roma 15:4
===================
"Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci."

alkitab4 tahun lebih sudah saya menulis renungan setiap hari. Tidak sedikit waktu yang saya habiskan untuk menulis sebuah renungan. Rata-rata saya memerlukan waktu 2 jam untuk satu renungan, yang mungkin tidak sampai 2 menit sudah habis dibaca. Tidak jarang pula saya harus lembur sampai larut malam bahkan hingga mendekati subuh karena selain menulis renungan setiap hari, saya masih harus menyelesaikan tugas demi tugas yang ada. Tapi menariknya, 4 tahun menulis setiap hari tidaklah membuat saya jenuh atau bosan. Sebaliknya, saya terus rindu untuk menulis, membagikan Firman Tuhan, menyuarakan suaraNya agar kita sama-sama bisa terus bertumbuh lebih dalam dan lebih dekat lagi kepada Tuhan. Sejauh ini saya merasakan pengalaman yang luar biasa karena selama 4 tahun ini ada begitu banyak rahasia-rahasia yang disingkapkan dari balik ayat demi ayat yang saya tulis setiap hari. Saya bukan membagikan sesuatu yang sudah saya ketahui melainkan setiap hari belajar bersama-sama dengan anda, saudara-saudari seiman dimanapun anda berada. Paulus pernah berkata dalam surat Korintus bahwa yang ia beritakan adalah "hikmat Allah yang tersembunyi dan rahasia, yang sebelum dunia dijadikan, telah disediakan Allah bagi kemuliaan kita". (1 Korintus 2:7). Ada banyak rahasia-rahasia yang tersembunyi di balik setiap ayat dalam Alkitab, yang oleh karunia Roh Kudus satu persatu pesan-pesan yang berasal dari Allah yang tersembunyi dibalik kata demi kata didalamnya Dia singkapkan untuk membuat kita hidup lebih baik lagi dari hari ke hari sesuai dengan rencanaNya. Jika bisa mendapatkan secuil saja dari karunia Paulus akan pesan-pesan singkapan Tuhan ini, maka hidup kita akan jauh lebih indah dan damai dari sebelumnya.

Saya merasakan sendiri bagaimana lebih indahnya hidup dengan berjalan bersama Firman Tuhan setiap harinya. Lebih indah disini bukan berarti bahwa hidup menjadi lebih mudah, tanpa masalah dan berlimpah-limpah, tetapi saya merasakan adanya Tuhan dalam setiap hal yang saya jalani, termasuk berbagai pergumulan yang sama seperti anda, saya hadapi juga. Saya tidak perlu kehilangan sukacita dan damai sejahtera meski kondisi mungkin sedang sulit-sulitnya. Saya bisa berpegang teguh dan percaya sepenuhnya kepada Tuhan, tidak kehilangan harapan dalam kondisi separah apapun. Saya tahu Dia meneguhkan, FirmanNya hidup, dan itu menjadi pegangan yang mampu membuat saya tetap semangat dalam segala kondisi. Dan betapa menyenangkannya membagikan Firman Tuhan setiap harinya untuk bersama-sama kita renungkan. Apa yang saya tulis bukan hanya ditujukan kepada pembaca, tetapi juga seringkali mengena pada diri saya sendiri. Artinya saya pun sering mendapatkan pesan-pesan dan manfaat yang sangat berguna bagi kehidupan saya sendiri. Selama 4 tahun terakhir, saya bisa mendapatkan satu kesimpulan penting, yaitu bahwa segala jawaban dalam kehidupan ini sesungguhnya tertulis di dalam Alkitab. Apapun permasalahan yang ada, apapun pergumulan kita, apapun yang kita butuhkan, pertanyaan apapun yang butuh jawaban, Firman Tuhan dalam Alkitab sudah mencakup semuanya. Itulah sebabnya saya terus haus akan Firman Tuhan setiap hari karena selalu saja ada jawaban disana yang akan sangat berguna bagi segala sesuatu yang saya hadapi hari lepas hari.

Sesungguhnya hal itu sudah tertulis jelas dalam Alkitab. "Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran." (2 Timotius 3:16). Betapa besar manfaat yang diberikan Firman Tuhan kepada kita. Ayat demi ayat siap membimbing kita dalam kebenaran, dan itu bisa memberi hikmat dan menuntun kepada keselamatan oleh iman akan Kristus (ay 15). Dalam ayat pembuka Mazmur dikatakan: "Berbahagialah orang yang..kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil." (Mazmur 1:1-3). Lihatlah betapa luar biasanya kuasa yang akan menyertai orang-orang yang gemar membaca, merenungkan dan melakukan firman Tuhan. Kita akan kehilangan itu semua apabila kita menyia-nyiakan atau mengabaikan kesempatan yang ada untuk mengetahui segala tulisan yang diilhamkan Allah kepada kita seperti yang sudah tertulis di dalam Alkitab.

Lantas lihatlah pesan Tuhan lainnya: "Sebab segala sesuatu yang ditulis dahulu, telah ditulis untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita teguh berpegang pada pengharapan oleh ketekunan dan penghiburan dari Kitab Suci." (Roma 15:4). Semua itu telah Tuhan sediakan bagi kita, agar kita bisa mendapat pelajaran mengenai bagaimana mengalami kehidupan yang berkemenangan. Kita bisa terhindar dari lekas berputus asa, kita bisa memperoleh penghiburan, dan melatih ketekunan kita dengan pengharapan tanpa henti.

Alkitab secara komplit telah menyatakan segala hal, pesan, janji dan jawaban yang bisa menuntun kita dalam kebenaran menuju keselamatan. Alkitab memberi hikmat kepada kita. Ada kuasa di dalamnya, dan semua itu akan lepas dari genggaman kita apabila kita tidak juga mau meluangkan waktu untuk membaca, merenungkan, memperkatakan dan melakukannya. Segala tuntunan dalam perjalanan kehidupan, segala jawaban dari pertanyaan dan kesulitan-kesulitan kita hingga selamat sampai di tujuan sudah tesedia dalam Alkitab. Semua terpulang kepada diri kita, apakah kita mau mulai untuk membacanya dengan serius dan sungguh-sungguh atau hanya membiarkan Alkitab kita terletak penuh debu di rak. Jika saya mendapatkan segala jawaban tanpa terkecuali dalam Alkitab, saya percaya kepada anda pun sama. Jangan lewatkan kesempatan berharga untuk mengenal Tuhan secara lebih dalam dan pribadi, mulailah sekarang juga.

Alkitab menjawab semua pertanyaan dan permasalahan dalam hidup kita dan memberi jalan keluar

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker